Sukses

Kecelakaan Parah di ARRC Mandalika 2023, Pembalap Jepang Haruki Noguchi Meninggal Dunia

Setelah menjalani perawatan intensif selama tiga hari di rumah sakit, Pembalap Jepang Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan parah di ARRC Mandalika 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Jepang yang membela SDC MS Harc Pro Honda Ph Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia pada Kamis (17/8/2023) usai mengalami kecelakaan parah di ARRC Mandalika 2023, Minggu (13/8/2023). Haruki Noguchi sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit terdekat di Mandalika.

Namun FIM Asia, lewat situs resmi ARRC, mengkonfirmasi pada Kamis (17/8/2023), Haruki Noguchi tidak bisa ditolong lagi. Kecelakaan horor yang dialaminya saat mengikuti race 2 kelas ASB 1000 sudah merenggut nyawanya.

"Tertanggal 17 Agustus 2023, menghormati keluarga Haruki Noguchi dan tim yang meminta momen privasi untuk berduka," tulis FIM Asia.

"Kami sangat sedih harus melaporkan meninggalnya Haruki Noguchi setelah menjalani tiga hari perawatan intensif di rumah sakit umum di Nusa Tenggara Barat."

"Presiden FIM Asia dan jajaran direktur, Balap Motor Roda dua dan keluarga Balap motor FIM Asia ingin mengucapkan duka yang mendalam kepada teman dan keluarga tercinta Haruki Noguchi."

Haruki Noguchi merupakan pembalap berbakat asal Jepang. Dia juga menjadi penantang serius untuk Markus Reiterberger, pembalap asal Jerman yang memimpin klasemen kelas ASB 1000.

Hingga seri 4 di sirkuit Mandalika, Haruki Noguchi sudah mengoleksi 13 poin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Kecelakaan Haruki Noguchi di ARRC Mandalika

 

Race kedua Asia Superbike (ASB) 1000 di Sirkuit Mandalika sejatinya sudah berjalan beberapa lap. Namun, insiden mendadak terjadi ketika balapan masih menyisakan tujuh putaran.

Trio pembalap yang terdiri atas rider SDC MS Harc-Pro Honda Ph Haruki Noguchi asal Jepang, pembalap Honda Asia-Dream Racing with Showa Md. Zaqhwan Bin Zaidi asal Malaysia, serta rider Yamaha Gen Blu Racing Team ASEAN Kasma Daniel Kasmayudin dari Malaysia terlibat dalam kejadian tersebut.

Adalah Haruki Noguchi dan Zaqhwa Zaidi yang lebih dulu merasakan gesekan, sehingga keduanya mengalami crash low side. Akan tetapi, situasi menjadi serius ketika Kasma Daniel muncul dan tak sengaja melindas Haruki Noguchi di lokasi kejadian.

Race direction pun dengan langsung mengibarkan bendera merah, sementara pembalap dievakuasi dari sirkuit yang berbuntut pada dihentikannya balapan ASB1000 ARRC Mandalika 2023.

3 dari 3 halaman

Balapan Lain Berjalan Lancar di ARRC Mandalika

Sekadar informasi, balapan kedua kelas ASB 1000 sedianya menjadi race penutup gelaran ARRC Mandalika 2023. Pasalnya, balapan untuk kelas-kelas lain, mulai dari Underbone 150, Asia Production 250, dan Super Sports 600 sudah selesai digelar siang hari.

Pembalap Indonesia sendiri mampu menguasai podium kelas AP250. Sementara itu di kelas SS600, rider Jepang, Thailand, dan Indonesia secara berturut-turut berbagi podium 1, 2, dan 3.

Seri keempat ARRC 2023 merupakan kali perdana Asia Road Racing Championship digelar di Indonesia. Agenda tersebut mengambil tempat di Sirkuit Mandalika dan sudah berlangsung sejak Jumat (11/8/2023) lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.