Sukses

Al Nassr Datangkan Sadio Mane dari Bayern Munich

Al Nassr memboyong Sadio Mane dari Bayern Munich dengan harga yang diperkirakan mencapai 24 juta poundsterling.

Liputan6.com, Jakarta Al Nassr kembali menambah koleksi pemain bintangnya. Setelah sukses merekrut sang megabintang Cristiano Ronaldo, tim yang berlaga di Liga Pro Arab Saudi itu secara resmi mendatangkan pemain Bayern Munich, Sadio Mane, Rabu (2/8/2023).

Seperti dilansir dari SportsMole, Mane yang baru semusim memperkuat FC Hollywood telah menandatangani kontrak selama 4 tahun hingga 2027. Dia ditebus oleh Al Nassr dengan harga yang diperkirakan mencapai 24 juta poundsterling.

Pria berusia 31 tahun itu akan menerim gaji bersih sebesar 650 ribu poundsterling per pekannya sekaligus menjadikan Mane sebagai pemain Afrika termahal di dunia.

Mane selanjutnya akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo yang diboyong awal tahun. Pemain asal Portugal itu mendarat di Timur Tengah meninggalkan Manchester United.

Empat pemain top Eropa lainnya juga sudah lebih dulu mendarat pada bursa transfer musim panas ini. Mereka adalah Alex Telles, Marcelo Brozovic, dan Seko Fofana. Rencananya, Mane yang berposisi sebagai penyerang akan mengenakan nomor 10.

Kepindahan Mane ke Al Nassr terbilang mengejutkan mengingat dia baru setahun pindah dari klub yang membesarkan namanya, Liverpool. Dia diboyong dari Anfield pada Juni 2022 dengan harga yang diperkirakan mencapai 35 juta poundsterling.

Musim lalu, Bayern Munich berhasil merebut gelar Bundesliga dan DFL-Supercup. Sayang penampilan Mane tidak terlalu menjanjikan dengan 7 gol dari 25 laga.

Dia gagal memenuhi ekspektasi pelatih Bayern Munich, Thomas Tuchel. Situasi bertambah buruk setelah hubungannya dengan rekan setim juga tidak harmonis.

Sebelum pindah ke Al Nassr, Mane dijatuhi denda dan skorsing akibat meninju Leroy Sane usai laga melawan Manchester City di perempat final Liga Champions, April lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sadio Mane Sedih Tinggalkan Bayern Munich

Kepada Sky Sports, Mane mengaku sedih harus meninggalkan Bayern Munich. Menurutnya, perjalanan bersama raksasa Bundesliga itu tidak seharusnya seperti itu.

"Meninggalkan FC Bayern menyakitkanku. Saya seharusnya berharap akhir yang berbeda. Saya tahu kalau saya seharusnya membantu tim musim ini," ujar Sadio Mane.

"Musim ini, saya ingin membuktikan kepada semua orang. Selain itu, saya juga mendoakan yang terbaik bagi fans dan klub ke depannya," beber Mane.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Pelatih Bayern Munich

Tuchel menanggapi komentar tersebut pada hari Selasa. "Kami berpelukan lama dan erat dan kami berdua sepakat bahwa kami tidak menyukai apa yang terjadi sekarang, tetapi kami pikir itu yang terbaik dalam situasi ini," kata Tuchel dalam wawancara dengan BBC Sport.

"Kadang-kadang hal-hal tidak berjalan seperti yang diinginkan semua orang. Saya selalu memiliki hubungan yang sangat baik dengannya dan ini akan tetap ada. Saya sangat mengerti dia merasa sakit hati dan saya juga tidak akan merasa senang jika hal seperti ini terjadi," beber Tuchel.

Sementara itu, CEO Bayern Jan-Christian Dreesen di situs resmi klub berterima kasih kepada Mane. Menurutnya, klub terpaksa melepas Mane karena sulit berkembang di Allianz Arena.  

"Ini tentu bukan tahun yang mudah baginya, cedera tepat sebelum Piala Dunia dan menjadi tidak dapat mengambil bagian di dalamnya dengan Senegal, yang sebelumnya dia pimpin untuk kemenangan pertama di Piala Afrika dan kualifikasi Piala Dunia," kata Dreesen.

“Karena masa istirahatnya yang lama, dia juga tidak bisa memberikan pengaruh di FC Bayern seperti yang kita semua dan dia sendiri harapkan," bebernya. 

"Itulah mengapa kami sampai pada keputusan bersama bahwa dia akan memulai babak baru dalam karirnya dan membuat awal baru di klub yang berbeda. Kami mendoakan yang terbaik untuknya dan banyak kesuksesan untuk tantangan di depan di Al-Nassr."

 

4 dari 4 halaman

Bergelimang Trofi Bersama Liverpool

Sebelum bergabung dengan Bayern, Mane meraih banyak kesuksesan selama enam tahun bersama Liverpool. Dia mencetak 120 gol dalam 269 pertandingan serta memenangkan enam trofi termasuk Liga Premier dan Liga Champions.

Kemungkinan, Mane bisa berada dalam posisi untuk melakukan debutnya di Al-Nassr ketika klub Saudi itu menghadapi tim Mesir, Zamalek di Piala Champions Klub Arab, Kamis (3/7/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.