Sukses

Final IBL 2023: Ditinggal Brandone Francis, Prawira Bungkam Pelita Jaya

Prawira menang di kandang Pelita Jaya meski Brandone Francis dikeluarkan di awal kuarter tiga.

Liputan6.com, Jakarta- Prawira Bandung selangkah lagi menjadi juara IBL 2023. Prawira merebut game pertama saat dijamu Pelita Jaya pada game pertama final IBL 2023. Performa apik Reza Guntara membuat Prawira menang 74-65 di Hall Basket Senayan, Kamis (20/7/2023) malam WIB.

Kemenangan ini membuat Prawira unggul 1-0 atas Pelita Jaya. Game kedua akan gantian digelar di kandang Prawira, GOR C-Tra Arena, dua hari mendatang. 

Prawira memulai laga dengan baik. Mereka bisa unggul cepat 4-0. Pelita Jaya baru bisa mengejar berkat tembakan tiga angka Agassi Goantara dan Andakara Prastawa.

Pelita Jaya mulai bisa menguasai permainan di akhir kuarter pertama berkat kecepatan dua pemain mudanya Yesaya Saudale dan Hendrick Xavi Yonga. Pelita unggul 19-16. Keunggulan ini bisa bertambah bila Hendrick mampu memasukkan 3 free throw. Sayangnya ketiganya gagal.

Kuarter dua berjalan semakin seru. Bagusnya akurasi free throw membuat Prawira bisa berbalik unggul tiga poin di pertengahan kuarter dua. Namun Pelita Jaya bisa memaksakan skor imbang 38-38 lewat layup Hendrick di penghujung kuarter dua. 

Malapetaka menimpa Prawira Bandung di awal kuarter tiga. Brandone Francis dikeluarkan dari pertandingan akibat dua kali technical foul. Keluarnya Francis jadi kerugian besar. Francis merupakan pemain asing terbaik di musim reguler IBL 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reza Guntara Jadi Pahlawan Prawira

Beruntung disaat Francis tak bisa main, Yudha Saputera membaik performanya. Lima poin dan satu asssit cantik Yudha membuat Prawira bisa unggul jauh. Prawira bahkan memimpin tujuh angka setelah Hans Abraham melesakkan tembakan tiga angka.

Pelita mampu menutup kuartet tiga menjadi terpaut empat poin setelah Agassi memasukkan tembakan tiga angka.

Di kuarter empat Prawira makin percaya diri. Para pemain lokal mampu menutup absennya Francis. Defence ketat Prawira membuat frustrasi PJ.

Reza Guntara melanjutkan performa apiknya di kuarter empat. Tembakan tiga angka dan drive Reza membuat Prawira semakin menjauh hingga delapan angka. Prawira menutup pertandingan dengan 74-65.

Reza Guntara menjadi bintang lapangan dengan 26 poin. Di kubu Pelita Jaya, Agassi yang menjadi pengumpul poin terbanyak dengan 15 poin.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini