Sukses

Mundur dari Persib Bandung Usai 3 Laga di BRI Liga 1, Luis Milla: Ini Masalah Personal

Luis Milla menegaskan kembali alasan mengapa mundur dari Persib Bandung usai 3 laga di BRI Liga 1.

Liputan6.com, Jakarta Luis Milla buka suara terkait keputusannya untuk mundur dari Persib Bandung. Milla mengatakan itu dalam konfrensi pers terakhirnya di Graha Persib, Sabtu (15/7/2023).

Luis Milla sudah gabung Persib sejak laga ke-8 BRI liga 1 musim lalu. Dia sudah meraih 17 kemenangan, 7 imbang dan 6 kali kalah.

"Ini hari yang sulit karena harus meninggalkan Persib atas alasan personal. Bagi saya, waktu dan perjalanan bersama Persib dilalui dengan baik, penuh kasih sayang dan kecintaan dari semua aspek dalam klub," kata Milla seperti dikutip situs Persib.

Milla mengatakan, keputusan mundur sebagai pelatih ini tidak berkaitan dengan pemain atau faktor lain. Selain Milla, asisten pelatih Manuel Perez-Cascallana dan pelatih fisik, Carlos Grande Rodriguez pun turut mundur.

"Apapun yang sudah saya lalui bersama para pemain pun dilalui dengan baik. Jadi, ini adalah masalah personal. Sulit, tapi harus bisa saya putuskan," ungkap pelatih asal Spanyol tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Luis Milla Senang Sudah Didukung Banyak Pihak

 

Di akhir pernyataannya, Milla secara khusus menyampaikan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan.

Dalam kesempatan itu, ia didampingi Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar, Kuswara S. Taryono, Deputy CEO Teddy Tjahjono dan Commercial Director, Gabriella Witdarmono.

"Terima kasih Persib, teman-teman semua dan orang-orang sekitar yang selama ini sudah sabar dan memberikan cinta dan kasih sayang juga support hingga hari ini," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Mendadak Mundur dari Persib

 

Sebelumnya, Keputusan mengejutkan diambil oleh Luis Milla Aspas usai Persib Bandung imbang 2-2 lawan Dewa United pada pekan ketiga BRI Liga 1, Jumat (14/7/2023). Dia memilih mundur dari posisi pelatih Persib karena alasan pribadi.

Demikian penjelasan dari Persib lewat situs resmi mereka. Persib menyatakan pertandingan melawan Dewa United menjadi momen terakhir keberadaan Milla di klub.

"Dengan berat hati Persib harus menyampaikan bahwa pertandingan melawan Dewa United semalam menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda," tulis Persib.

Selain Milla, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez turut mundur dari jajaran staf pelatih. Persib pun menjelas alasan di balik mundurnya Luis Milla.

"Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengampilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya," lanjut pernyataan Persib.

 

4 dari 5 halaman

Persoalan Lama Luis Milla atau Masalah Lain?

 

Persib mengklaim, Luis Milla sudah menghadapi persoalan pribadi itu sejak lama.

"Tapi baru terungkap saat ini yang menurutnya menjadi waktu terbaik agar stabilitas tim di Liga 1 musim ini terjaga," lanjut pernyataan Persib.

Sebelumnya, tidak ada tanda-tanda Luis Milla akan mundur. Hanya saja, Milla sempat mengungkapkan kekecewaannya karena bobotoh tak bisa langsung mendukung tim, tapi dia tak bisa berbuat apa-apa.

Sejak menjalani debut memimpin Persib pada laga kontra Rans Nusantara pada pekan kedelapan kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, Luis Milla telah berhasil mencatat 17 kemenangan, 7 imbang, dan 6 kalah.

 

5 dari 5 halaman

Persib Tunjuk Yaya Sunarya Jadi Pelatih Sementara

 

Persib pun akhirnya menunjuk Yaya Sunarya untuk menjadi pelatih sementara. Dia akan dibantu oleh Bayu Eka Sari dan Luizinho Passos.

"Persib akan bergerak secepat dan setepat mungkin dalam mencari pelatih pengganti. Karenanya, mohon doa dan dukungan dari seluruh Bobotoh agar persib bisa melalui masa-masa ini sesegera mungkin sehingga perjalanannya di Liga 1 bisa terus berlanjut tanpa menemui kendala," lanjut pernyataan Persib.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.