Sukses

Tim Putri DBL Indonesia All-Star 2023 Juara Chicago Summer Jam, Ditawari Beasiswa di AS

Tim putri Indonesia sukses meraih gelar juara Chicago Summer Jam. Sedangkan tim putra terhenti di semifinal.

Liputan6.com, Jakarta- Prestasi membanggakan ditorehkan tim putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023 saat menimbal ilmu di Amerika Serikat pada Juli 2023 ini. Vanissa Renata dan kawan-kawan berhasil menjuarai Chicago Summer Jam setelah menang atas Baylor Youth Foundation (BYF) dengan skor 30-23 pada partai final, Minggu (9/7/2023) siang waktu setempat.

Perjuangan tim putri untuk merebut trofi juara tidak berjalan mulus. Pada Maxine Maria Sutisna cs sempat menelan kekalahan 23-25 dari Baylor Youth Foundation. Misi revans itu berhasil dituntaskan saat mereka bersua kembali pada partai final. Sekaligus membawa pulang trofi ke Tanah Air.

Salah satu srikandi All-Star, Erinindita Priasmadafa mengungkapkan, bahwa kekalahan pertama sempat membuat mental mereka jatuh. Mereka tidak bisa tampil lepas hingga akhirnya menelan kekalahan pertamanya di ajang tersebut.

“Di pertemuan kedua, final, kami tidak mau kalah. Kami kasih semuanya, habis-habisan dan bersyukur kami bisa menang. Ini hasil kerja keras seluruh bagian tim,” kata pemain dari SMA Tritunggal Semarang itu dalam keterangan tertulis.

Sementara itu pada kategori putra, KFC DBL Indonesia All-Star 2023 kalah secara dramatis dari Player Advantage di semifinal. Mereka harus melalui dua kali perpanjangan waktu (overtime). Pada overtime kedua, waktu tidak menjadi penentu lagi.

Sebab, kemenangan ditentukan dengan cara lain. Tim pertama yang mencetak angka menjadi pemenang. Dan pemain dari Player Advantage-lah yang menjadi pencetak angka pertama. Mereka mengalahkan KFC DBL Indonesia All-Star 2023 dengan skor akhir 28-26.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjuangan Tim Putra di Chicago Summer Jam

Padahal pada awal gim tersebut, KFC DBL Indonesia All-Star 2023 sempat unggul 10 poin tanpa balas. Pemain dari SMAN 116 Jakarta Fatur Rahman mengatakan ia sebenarnya memiliki peluang memenangkan gim melalui layup di overtime kedua.

“Sayangnya, layup saya terlalu kencang dan bola keluar lagi. Ini gim yang seru dan pelajaran yang luar biasa untuk kami di turnamen ini. Kami juga kehilangan momentum. Fokus kami tak cukup bagus hingga lawan yang memiliki tembakan tajam berhasil mengejar,” ujar Fatur.

3 dari 4 halaman

Latar Belakang Chicago Summer Jam

Chicago Summer Jam adalah turnamen musim panas tahunan bersertifikasi NCAA yang ditujukan untuk pemain-pemain kelompok usia muda. Bentuk keseriusan Chicago Summer Jam sebagai sebuah turnamen yang bergengsi juga bisa dilihat dari sejarah mereka. Total sudah ada 300 tim yang pernah berpartisipasi di turnamen ini dari 36 negara bagian Amerika Serikat dan 7 negara di luar Amerika Serikat. Indonesia akan jadi negara kedelapan yang turut serta di sini. 

Chicago Summer Jam juga mengharuskan setiap anggota tim untuk masuk dalam portal NCAA. Artinya, seluruh bagian KFC DBL Indonesia All-Star 2023 masuk dalam database untuk NCAA. Bahkan, pelatih dan ofisial harus melakoni pelatihan lebih dulu untuk bisa mendapatkan izin turun melatih dan bertugas di Chicago Summer Jam. 

"Kita harus menjalani pelatihan yang cukup panjang secara daring (online)," terang Sani Wulandari, pelatih tim putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023 asal SMA PSKD 1 Jakarta.

Turnamen ini juga yang membuat beberapa pemain NBA mendapatkan sorotan pertama mereka, utamanya yang asli Chicago seperti Anthony Davis, Jabari Parker, Jahlil Okafor, Darius Garland, Ayo Dosunmu, Talen Horton-Tucker, hingga pemain Boston Celtics asal St. Louis, Jayson Tatum. 

4 dari 4 halaman

Pebasket Indonesia Ditawari Beasiswa di AS

Di lain sisi, Chicago Summer Jam juga membuka peluang untuk para pemain KFC DBL Indonesia All-Star 2023 mendapatkan tawaran kuliah di sini. Pasalnya, turnamen ini memang kerap didatangi para pemandu bakat (talent scouting) untuk kampus yang mengikuti NCAA di berbagai divisi. Di turnamen tahun ini saja, sudah ada beberapa kampus yang mengirim pemandu bakat mereka.

Diantaranya, Benedictine University (Illinois), California State University, Monterey Bay College of Lake Country, Kankakee Community College, Lincoln University (Missouri), Parkland College, Southwestern Michigan College, dan University of Minnesota, Twin Cities.

Kabar baiknya, ada total lima pemain KFC DBL Indonesia All-Star 2023 yang mendapatkan tawaran untuk melanjutkan kuliah di area Chicago. Dengan rincian empat pemain putri dan satu pemain putra. Mereka yang mendapatkan beasiswa penuh ini adalah pemain-pemain KFC DBL Indonesia All-Star 2023 kelas 12 atau tahun terakhir di SMA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini