Sukses

Jadwal dan Hasil Pramusim Manchester United: Setan Merah Asah Taktik di Negeri Paman Sam

Manchester United bersiap menghadapi musim 2023/2024. Untuk mematangkan permainan, sekaligus memenuhi kepentingan komersil, klub mengatur tur pramusim ke Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United menyambut musim 2023/2024. Untuk mematangkan strategi, sekaligus memenuhi kepentingan komersil, klub mengatur tur pramusim ke Amerika Serikat.

Setan Merah dijadwalkan melakoni delapan pertandingan. Mereka menjajal rival abadi Leeds United pada laga pertama, 12 Juli mendatang.

Manajer Erik ten Hag akan menggunakan periode ini untuk mematangkan permainan. Sosok asal Belanda itu menemukan sejumlah kelemahan masih terlihat pada kampanye debutnya musim lalu.

Meski menderita beberapa hasil mengecewakan dan memalukan, termasuk kekalahan 0-7 dari musuh bebuyutan Liverpool, Manchester United sukses mengakhiri dahaga gelar enam tahun dengan menjuarai Carabao Cup atau Piala Liga Inggris. Mereka menaklukkan Newcastle United di final.

MU juga kembali ke Liga Champions dengan menduduki peringkat tiga Liga Inggris. Tidak ketinggalan capaian menembus final Piala FA, meski harus menderita kekalahan dari Manchester City.

Berikut jadwal pramusim Manchester United:

 Waktu  Lawan  Lokasi  Hasil
 12 Juli 2023  Leeds United  Oslo, Norwegia  2-0
 19 Juli 2023  Olympique Lyon  Edinburgh, Skotlandia  1-0
 23 Juli 2023  Arsenal   New Jersey, AS  2-0
 26 Juli 2023  Wrexham   San Diego, AS   1-3
 27 Juli 2023  Real Madrid  Houston, AS  0-2
 31 Juli 2023  Borussia Dortmund  Las Vegas, AS  2-3
 5 Agustus 2023  Racing Lens  Manchester, Inggris  3-1
 6 Agustus 2023  Athletic Bilbao  Dublin, Republik Irlandia  1-1

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Erik ten Hag Terapkan Minggu Neraka ke Pemain MU

Manajer Manchester United Erik ten Ha mengharuskan anak asuhnya melalui 'minggu neraka' lewat pelatihan gaya SAS selama pramusim.

Pelatih asal Belanda itu dikenal karena menetapkan standar tinggi di klubnya, sesuatu yang terlihat selama pramusim pertamanya bersama Manchester United musim panas lalu.

Menurut The Sun, staf di tempat latihan Carrington telah diberi instruksi untuk mempersiapkan pramusim yang dimulai pada awal Juli. Dikatakan bahwa skuad akan memulai dengan sesi ganda yang melelahkan selama empat hari, dengan 'penekanan pada membangun stamina'.

Dia akan berharap fokus tambahan pada kebugaran dan pengondisian tubuh akan membantu Manchester United mengejar Liga Inggris dan Liga Champions musim depan.

Skuad yang tampil di Carrington pada awal Juli kemungkinan besar akan serupa dengan yang tampil di hari terakhir kemenangan 2-1 atas Fulham bulan lalu.

Sementara itu, Manchester United belum menyelesaikan penandatanganan permanen musim panas ini, setelah dilaporkan kehilangan minat pada bintang Chelsea Mason Mount.

3 dari 8 halaman

Debut Mason Mount di Manchester United Melawan Leeds United

Gelandang anyar Mason Mount melakoni debut bagi MU melawan Leeds United. Sedangkan gol kemenangan Setan Merah dicetak Noam Emeran dan Joe Hugill pada babak kedua.

Peluang pertama baru muncul pada menit ke-10 lewat sepakat Hannibal Mejbri dari tengah kotak penalti, tetapi bola masih bisa ditepis kiper Kristoffer Klaesson.

Pemain baru, Mason Mount tidak mau ketinggalan beraksi pada menit ke-14 lewat tendangannya. Bola sempat ditepis Klaesson sebelum wasit mengangkat bendera offside. 

Menjelang turun minum, sepakan Amad Diallo dari luar kotak penalti masih belum menemui sasaran dan skor 0-0 bertahan sampai babak pertama selesai.

Leeds United memberikan ancaman pertama selepas jeda istirahat. Sepak pojok Lewis Bate berhasil ditanduk Pascal Stuijk, tetapi bola melenceng ke sudut atas kanan gawang Manchester United.

Manchester United akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-67 lewat gol Noam Emeran. Umpan terobosan Isak Hansen-Aaroen diterima Emeran di dalam kotak penalti yang tendangan kemudian menjebol sudut bawah gawang Leeds. Skor menjadi 1-0.

Leeds mencoba membalas lewat sejumlah serangan. Sayangnya percobaan-percobaan mereka masih gagal membuahkan gol penyeimbang.

Manchester United berhasil menambah keunggulan mereka menjadi 2-0 pada menit ke-81. Emeran memberikan umpan silang ke tengah kotak penalti, bola diterima Hugill yang tidak terkawal.

Hugil lalu melepaskan tembakan kaki kanan yang menjebol gawang Klaesson. Tidak gol tambahan yang tercipta dalam pertandingan ini. MU menang 2-0 atas Leeds.

 

4 dari 8 halaman

Laga Uji Coba Terakhir Manchester United di Eropa

Manchester United kalahkan Olympique Lyon 1-0 pada laga kedua pramusim 2023/2024 di Murrayfield, Edinburgh, Skotlandia, Rabu malam WIB (19/7/2023). Gol satu-satunya di laga ini dilesakkan Donny van de Beek.

Meski ikut serta dalam laga pramusim, Van de Beek kemungkinan besar tetap akan dijua musim ini. Manchester United membutuhkan dana segar demi membiayai pembelian muka anyar.

Sementara itu, pada laga lawan Lyon, manajer Erik ten Hag melakukan dua perubahan dari tim yang mengalahkan Leeds United 2-0 pekan lalu. Tom Heaton dan Omari Forson tergusur ke bangku cadangan. Posisi mereka digantikan Matej Kovar dan Antony.

MU tidak mampu mencatatkan nama di papan skor. Baru selepas jeda, ketika Ten Hag melakukan 10 pergantian pemain, Setan Merah mengubah skor.

Laga kontra Lyon menjadi pertandingan uji coba terakhir Manchester United di Eropa. Setelah ini mereka bertolak ke Amerika Serikat demi melakoni empat partai pramusim, di antaranya menghadapi Arsenal dan Real Madrid.

Susunan Pemain

Manchester United: Kovar, Wan-Bissaka (Jurado 46), Varane (Fish 46), Martinez (Evans 46), Fernandez (Williams 46), Mejbri (Gore 46), Mainoo (Fred 46), Antony (Van de Beek 46), Diallo (Forson 46), Sancho (Hugill 46), Mount (Hansen-Aaroeen 46)

Olympique Lyon: Lopes; Mata, Diomande, M.Sarr, Laaziri; Lepenant, Tolisso, El Arouch; Jeffinho, Lacazette, A.Sarr

 

5 dari 8 halaman

Manchester United Gebuk Arsenal di Amerika Serikat

Manchester United mengalahkan Arsenal dalam pertandingan pramusim di MetLife Stadium, New Jersey, Amerika Serikat, Minggu (23/7/2023) pagi WIB. Setan Merah menang 2-0.

Meski hanya pertandingan uji coba, baik MU maupun Arsenal memainkan skuadnya terbaiknya. Di kubu MU, manajer Erik ten Hag memainkan Jadon Sancho sebagai penyerang yang ditopang Antony, Bruno Fernandes, Alejandro Garnacho dengan skema 4-2-3-1.

Sedangkan manajer Arsenal Miker Arteta memainkan skema 4-3-3. Lini depan ditempati oleh Bakayo Saka, Edward Nketiah, dan Gabriel Martinelli. Declan Rice yang baru diboyong dari West Ham United juga langsung dimainkan di laga ini.

Laga berlangsung menarik sejak awal. MU dan Arsenal saling berbalas serangan. MU nyaris mencetak gol. Sayang, tendangan Anthony menyambut sodoran Bruno Fernandes masih tipis di sisi kiri gawang Arsenal.

Arsenal balik mengancam lewat Martinelli. Tetapi, tendangan penyerang asal Brasil itu masih bisa ditepis kiper Tom Heaton. Bola muntah yang kembali ditembak Martinelli dari jarak dekat juga dapat diantisipasi Heaton.

MU akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-30. Tendangan kaki kiri Bruno Fernanders dari luar kotak penalti tidak bisa diantisipasi kiper The Gunners Aaron Ramsdale.

Tujuh menit kemudian, Jadon Sancho menggandakan skor MU. Berawal dari kesalahan pemain Arsenal yang menghalau umpan jauh, Sancho menggiring bola hingga kotak penalti dan melepaskan tendangan untuk menaklukkan Ramsdale. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Arsenal bermain lebih menyerang pada babak kedua. Dua peluang didapat melalui Saka dan Kai Havertz tapi belum menghasilkan gol.

Manchester United memiliki kesempatan mencetak gol ketiga melalui Facundo Pellistri. Namun, sepakan pemain asal Argentina itu masih melayang di atas mistar gawang.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 2-0 untuk keunggulan MU. Meski demikian, laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak ini, lima eksekutor penalti Man Utd Casemiro, Diogo Dalot, Victor Lindelof, Marcus Rashford, dan Christian Eriksen sukses menjalankan tugasnya. Sementara eksekusi penalti pemain Arsenal Fabio Vieira gagal sehingga MU menang 5-3 atas The Gunners.

 

6 dari 8 halaman

MU Kalah dari Wrexham

Manchester United atau MU menelan kekalahan 1-3 dalam laga uji coba melawan klub kasta ketiga sepak bola Inggris, Wrexham di Snapdragon Stadium, San Diego, California, Rabu pagi (26/7/2023). Dalam pertandingan ini, skuad Setan Merah tidak diperkuat oleh pemain-pemain dari tim utama. 

Sebagai gantinya, MU menurunkan para pemain muda dari akademi. Tim juga tidak dipimpin oleh Erik ten Hag, tapi Travis Binnion yang tidak lain adalah pelatih kepala untuk tim U-21 Setan Merah. Ten Hag seperti diketahui sengaja menyimpan para pemain inti untuk melawan Real Madrid di laga berikutnya.

Wrexham sebenarnya harus kehilangan striker andalannya Paul Mullin di awak babak pertama. Dia terpaksa dilarikan ke rumah sakit setelah bertabrakan dengan kiper MU, Nathan Bishop. 

Meski demikian, Wrexham yang baru promosi ke League Two secara mengejutkan justru berhasil memenangkan pertandingan melawan MU. Tim milik bintang Deadpool, Ryan Reynolds tersebut membuka keunggulannya lewat gol yang dicetak oleh Eliot Lee pada menit ke-29.

Wrexham kemudian menggandakannya menggandakannya lewat Aaron Hayden pada menit ke-36. 

MU sempat memperkecil ketertinggalan sebelum babak pertama usai. Gol Marc Jurado memanfaatkan umpan A Fernandez mengubah kedudukan menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Wrexham. 

Hanya berselang dua menit setelah turun minum, petaka kembali menimpa MU. Kali ini, Setan Merah harus kehilangan gelandangnya, Daniel Gore usai menerima kartu merah dari wasit. 

Bermain dengan 10 pemain, MU semakin tertekan dan akhirnya kembali kebobolan pada menit ke-69. Memanfaatkan umpan J Mendy, striker Sam Dalby membawa Wrexham menjauh dengan skor 3-1. 

Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

7 dari 8 halaman

Manchester United Tumbang dari Real Madrid

Manchester United tak berkutik saat melawan Real Madrid pada laga uji coba di Amerika Serikat. MU keok 0-2 di Stadion NRG pada Kamis (27/7/2023) pagi WIB. Debut kiper anyar Setan Merah Andre Onana dirusak gelandang Jude Bellingham.

Baik MU maupun Real Madrid turun dengan mayoritas pemain terbaiknya. Real Madrid menampilkan dua pemain barunya sejak menit awal. Selain Bellingham, ada Fran Garcia yang beroperasi di bek kiri.

Sementara MU juga menurunkan dua pemain baru yakni Onana dan gelandang serang Mason Mount. Bagi Onana ini merupakan penampilan perdananya bersama MU usai dibeli dari Inter Milan. Sedangkan Mount sudah tampil di tiga laga uji coba sebelumnya.

Hasil negatif melawan Madrid ini menjadi kekalahan kedua MU di pramusim 2023. Sebelumnya mereka menang atas Leeds United, Olympique Lyon dan Arsenal. Kemarin MU juga keok 1-3 dari Wrexham, namun pertandingan itu diikuti tim belia mereka.

Real Madrid memulai laga dengan sangat baik. Pada menit keenam mereka sudah bisa menjebol gawang Andre Onana. Jude Bellingham mencetak gol perdananya sejak diboyong dari Borussia Dortmund. Pemuda Inggris itu melepaskan tendangan lob untuk memperdaya Onana setelah lolos dari perangkap offside.

MU kesulitan membalas gol cepat dari Bellingham ini. Meski di babak keda manajer MU Erik ten Hag sudah memasukkan pemain seperti Jadon Sancho, Antony dan Christian Eriksen, Setan Merah tetap tak bisa membalas gol.

Justru gawang MU malah kebobolan lagi pada menit 89. Pemain pengganti sekaligus striker baru Joselu ikut memperdaya Onana. Pemuda Spanyol itu dengan baik menyelesaikan umpan dari winger Lucas Vazquez dengan tendangan salto.

8 dari 8 halaman

Manchester United Digulung Borussia Dortmund

Manchester United kembali kalah dalam pertandingan persahabatan pramusim. Kali ini, Setan Merah harus mengakui keunggulan Borussia Dortmund 2-3 di Stadion Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, Senin (31/7/2023).

Kamis (27/3) lalu, MU juga kalah dari Real Madrid. Sebelumnya, tim racikan Erik ten Hag menang 2-0 atas Arsenal.

Setan Merah unggul terlebih dahulu pada menit ke-24. Sodoran Van de Beek di luar kotak penalti disambut Diogo Dalot dengan tembakan kaki kiri yang tidak bisa diantisipai kiper Dortmund Gregor Kobel.

Dortmund baru bisa menyamakan skor pada menit ke-43. Umpan Karim Adeyemi dituntaskan Donyell Malen dengan tendangan voli.

Satu menit kemudian, Malen mencetak gol keduanya setelah mengonversi umpan mantan pemain MU Marcel Sabitzer. Skor 2-1 untuk keunggulan Borussia Dortmund menutup babak pertama.

Babak kedua baru berlangsung tujuh menit, Manchester United dapat menyamakan skor menjadi 2-2. Antony mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan Donny van de Beek.

Namun, Dortmund kembali unggul pada menit ke-71. Gol ketiga klub Bundesliga itu dicetak Youssoufa Moukoko.

Skor 3-2 untuk keunggulan Dortmund atas MU bertahan hingga pertandingan usai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.