Sukses

Tenis Meja: Pengertian, Sejarah dan Jenis-Jenis Pukulan

Tenis meja atau yang juga dikenal dengan sebutan ping pong adalah cabang olahraga yang dimainkan di dalam gedung (indoor game) oleh dua atau empat pemain di atas meja yang terbagi menjadi dua bagian oleh sebuah jaring.

Liputan6.com, Jakarta - Tenis meja atau yang juga dikenal dengan sebutan ping pong adalah cabang olahraga yang dimainkan di dalam gedung (indoor game) oleh dua atau empat pemain di atas meja yang terbagi menjadi dua bagian oleh sebuah jaring.

Pemain menggunakan raket kecil yang terbuat dari kayu yang dilapisi dengan karet pada salah satu sisi untuk memukul bola plastik kecil di atas meja.

Tujuan utama dalam tenis meja adalah mencoba membuat bola melewati jaring dan mengenai meja di sisi lawan, sambil mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Setiap pemain secara bergantian harus mengembalikan bola dengan memukulnya melintasi meja dengan satu kali pukulan atau lebih sebelum bola dipukul oleh lawan atau keluar dari meja.

Tenis meja atau ping pong adalah olahraga yang cepat dan membutuhkan keterampilan teknis yang baik, kelincahan, refleks serta strategi. Dalam pertandingan yang lebih kompetitif, terdapat aturan yang mengatur pukulan dan servis yang harus diikuti oleh pemain.

Tenis meja adalah olahraga yang populer di seluruh dunia dan juga termasuk dalam program Olimpiade sejak tahun 1988. Meski begitu, tenis meja adalah suatu cabang olahraga yang unik dan bersifat rekreatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Tenis Meja

Sejarah tenis meja bisa ditelusuri kembali hingga akhir abad ke-19 di Inggris. Pada saat itu, permainan tersebut dikenal dengan nama “Ping Pong” dan dimainkan dengan menggunakan buku alamat sebagai raket dan bola berkeping karet dari bola golf. Permainan ini populer di kalangan kelas menengah Inggris pada akhir abad ke-19.

Pada tahun 1901, permainan ping pong mulai diperkenalkan secara komersial oleh perusahaan J. Jaques & Son. Mereka mendaftarkan merek dagang “Ping Pong” dan menjual perlengkapan resmi untuk permainan tersebut.

Namun, istilah “Ping Pong” ternyata telah digunakan oleh perusahaan lain untuk produk serupa, sehingga J. Jaques & Son tidak dapat melindungi eksklusivitas merek dagang tersebut.

Pada tahun 1926, Asosiasi Tenis Meja Internasional (International Table Tennis Federation/ITTF) didirikan dengan tujuan mengatur dan mengembangkan olahraga tenis meja di seluruh dunia. ITTF merumuskan aturan-aturan resmi untuk permainan, termasuk aturan terkait raket, bola, dan ukuran meja.

Selama beberapa dekade berikutnya, tenis meja menjadi semakin populer di seluruh dunia. Pada tahun 1988, tenis meja resmi menjadi cabang olahraga Olimpiade di Seoul, Korea Selatan. Ini memberikan platform global yang lebih besar bagi pemain tenis meja untuk bersaing dan meningkatkan popularitas olahraga ini.

Tenis meja sendiri masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1930-an dan hanya dilakukan di pertemuan umum orang Belanda, yang dikenal dengan nama societeit. Sekitar tahun 1940-an, tenis meja sudah mulai masuk ke masyarakat Indonesia melalui golongan pamong dan pegawai negeri Indonesia.

Pada tahun yang sama Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) menjadi anggota dari Table Tennis Federation of Asia (TTFA). Beberapa kejuaraan Asia yang diselenggarakan oleh TTFA telah diikuti oleh PTMSI, terutama yang diselenggarakan di Singapura dan Manila.

Kemudian pada tahun 1961 PTMSI resmi menjadi anggota ITTF, sebagai negara anggota ke-73.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Pukulan (Stroke) Dalam Tenis Meja

Terdapat beberapa gerak spesifik pukulan dasar dalam permainan tenis meja, yaitu push, drive, block, chop dan service.

1.     Pukulan push

Push adalah gerak spesifik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan-pukulan push itu sendiri dan pukulan-pukulan chop.

2.     Pukulan drive

Drive adalah gerak spesifik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah serong ke atas dan sikap bet tertutup. Besarnya sudut yang diakibatkan oleh gerakan kemiringan bet bervariasi sesuai dengan arah jatuhnya bola, putaran bola yang datang dari lawan dan tujuan pemukul itu sendiri. Drive dapat digunakan sebagai pukulan serangan atau dapat juga kita kontrol sesuai dengan keinginan.

3.     Pukulan block

Block adalah gerak spesifik memukul bola dengan gerakan menghentikan atau membendung bola dengan sikap bet tertutup. Block biasanya digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau bola-bola dengan putaran atas (top spin).

4.     Pukulan chop

Chop adalah gerak spesifik memukul bola dengan gerakan seperti menebang pohon dengan kapak atau disebut juga gerakan membacok. Pukulan chop dapat digunakan untuk mengembalikan pukulan bola yang bermacam-macam.

5.     Pukulan service

Service adalah gerak spesifik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan bola terlebih dahulu ke meja, kemudian dipukul, dan bola harus melewati atas net sebelum akhirnya memantul di meja lawan. Gerakan atau putaran yang diberikan pada bola pun bisa bermacam-macam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.