Sukses

Indonesia Open 2023: Lawan Viktor Axelsen di Final, Anthony Ginting Mohon Doa dan Dukungan

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting menghadapi unggulan pertama asal Denmark Vixtor Axelsen pada laga final Indonesia Open 2023, Minggu 18 Juni.

Liputan6.com, Jakarta - Anthony Sinisuka Ginting tinggal selangkah lagi memenangkan gelar juara Indonesia Open 2023. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia itu melaju ke final usai menyingkirkan Li Shi Feng dari China 21-17 dan 21-15 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/6) malam WIB.

Di final Indonesia Open, Minggu (18/6), Anthony Ginting menghadapi Viktor Axelsen. Unggulan pertama asal Denmark itu lolos ke partai puncak setelah mengatasi perlawan Prannoy H.S dari India dengan skor 21-15 dan 21-15.

Menghadapi tunggal putra peringkat satu dunia itu, Anthony Ginting mengaku tak mau terbebani. Anak asuhan Irwansyah tersebut ingin fokus pemulihan terlebih dahulu dan akan mempersiapkan diri dengan pelatih terkait strategi menghadapi Viktor Axelsen.

"Pertandingan tinggal satu lagi, saya mau memberikan yang terbaik. Sekarang saya mau fokus recovery, evaluasi pertandingan hari ini dan kemudian berdiskusi dengan pelatih untuk pertandingan esok hari," kata Ginting.

"Mohon doa dan dukungannya untuk pertandingan final semoga bisa memberikan yang terbaik," tandas Ginting tentang final Indonesia Open 2023.

Menilik rekor pertemuan, Anthony Ginting tercatat baru empat kali menang dari 15 pertemuan melawan Viktor Axelsen. Kemenangan terakhir terjadi di semifinal Indonesia Masters 2020. Saat itu dia menang dengan skor 22-20 dan 21-11.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anthony Ginting Tambah Rekor Kemenangan Atas Li Shi Feng

Anthony Ginting menambah rekor kemenangannya atas Li Shi Feng setelah mengalahkan tunggal putra China itu di semifinal Indonesia Open 2023. Pebulu tangkis peringkat dua dunia itu menang 21-17 dan 21-15.

Ini menjadi kemenangan keempat Anthony Ginting atas Li Shi Feng dari empat empat pertemuan. Juara Singapore Open 2023 itu mengaku sudah mengetahui gaya bermain dari juara All England tersebut.

Tercatat sepanjang tahun ini, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu sudah berjumpa dengan Li Shi Feng sebanyak tiga kali sejak India Open 2023 pada Januari lalu. Pertemuan terakhir di perempat final Singapore Open 2023 dan Anthony Ginting menang 21-13, 16-21, dan 21-12.

Tak heran di laga ini terlihat setelah mengetahui gaya bermain lawan, pemain kelahiran 11 Mei 1996 itu hanya fokus untuk mengurangi kesalahan sendiri. "Bersyukur bisa menyelesaikan laga ini dengan baik dan tanpa cedera," kata Anthony Ginting.

"Pertandingan menghadapi Li Shi Feng cukup ketat. Tahun ini kami sudah sering bertemu jadi sudah mengenal karakter satu sama lain. Pada laga ini saya fokus untuk mengurangi kesalahan sendiri," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Anthony Ginting Terima Kasih kepada Presiden Jokowi

Pada pertandingan ini, Anthony Ginting mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana yang sudah meluangkan waktu untuk menonton.

Presiden Jokowi datang ke Istora Senayan dengan didampingi Menpora Dito Ariotedjo serta Sekjen PP PBSI Fadil Imran untuk mendukung Ginting berlaga.

Kehadiran orang nomor satu di Republik Indonesia itu menambah semangat Ginting dalam bermain sehingga mampu mengatasi Li Shi Feng dalam tempo 51 menit.

"Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang datang dan meluangkan waktu untuk menonton saya. Jujur saya tidak menyangka ditonton Presiden di laga ini," ujar juara Indonesia Masters 2020 itu.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Final Indonesia Open 2023, Minggu 18 Juni 2023

Ganda Campuran: Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

Tunggal Putri: Carolina Marin (Spanyol) vs Chen Yu Fei (China)

Ganda Putri: Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Ganda Putra: Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Tunggal Putra: Viktor Axelsen (Denmark) vs Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

*Pertandingan dimulai pukul 12:00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.