Sukses

Mantan Anak Didik Legenda Manchester United Alex Ferguson Jadi Tukang Bangunan Usai Pensiun Muda

Mantan pemain muda Manchester United yang tampil di Liga Champions di bawah Ferguson pensiun pada usia 27 tahun untuk menjadi tukang bangunan.

Liputan6.com, Jakarta Mantan bek sayap Manchester United, Lee Roche, beralih profesi jadi tukang bangunan usai pensiun muda, Roche yang pernah membuat lima penampilan di tim utama di bawah Sir Alex Ferguson, akhir karier dari sepak bola pada usia 27 tahun.

Roche, yang lahir di Bolton pada tahun 1980, bergabung dengan akademi Manchester United pada tahun 1997 dan melakukan debutnya di Liga Inggris dua tahun kemudian dalam pertandingan melawan Newcastle.

Dia juga memulai pertandingan Piala Liga melawan Arsenal sebelum menghabiskan musim 2000/2001 dengan status pinjaman di Wrexham, yang saat itu berada di Divisi Kedua sepak bola Inggris.

Klub Welsh ini menjalani musim yang sukses, mencatat 63 poin dari 46 pertandingan mereka untuk finis di posisi ke-10 - posisi lebih tinggi dari musim sebelumnya. Roche hampir selalu hadir di lineup, dengan membuat 41 penampilan.

Sekembalinya ke Manchester United, bek sayap muda ini harus menunggu lebih dari setahun sebelum penampilan senior berikutnya untuk klub. Dia memulai pertandingan penyisihan grup Liga Champions 2002/03 melawan Deportivo La Coruna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Roche Keluar dari Manchester United dan Kembali ke Divisi Kedua

Pada laga itu Manchester United yang menampilkan beberapa pemain muda, termasuk Mark Lynch, John O'Shea dan Danny Pugh, kalah 0-2.

Dia dibebaskan Manchester United pada akhir tahun 2003, dan pindah kembali ke Divisi Kedua untuk bergabung dengan Burnley. Dia berhasil masuk ke tim Clarets secara teratur pada akhir musim pertamanya, tetapi Roche dipindahkan ke posisi yang tidak biasa setelah penunjukan Steve Cotterill sebagai manajer.

3 dari 5 halaman

Putuskan Menempuh Jalur Karier yang Sama Sekali Baru

Setelah 54 penampilan bersama Burnley, dia bergabung dengan Wrexham dengan status bebas transfer pada 2005, meninggalkan tim League Two dua tahun kemudian.

Roche pensiun dari sepak bola profesional setelah musimnya di Wrexham berakhir. Meski bermain untuk Droylsden selama empat tahun, memutuskan untuk menempuh jalur karier yang sama sekali baru.

4 dari 5 halaman

Roche Pernah Jadi Analis Data Pertandingan

Setelah kariernya berakhir, Roche mendapat dukungan dari Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) untuk membantunya berlatih kembali untuk profesi lain. Dia menjadi tukang bangunan dan tukang ledeng penuh waktu, dan mendirikan bisnis sendiri.

Tapi, dia telah kembali ke Old Trafford dalam beberapa kesempatan. Dia menghabiskan waktu sebagai analis data pertandingan untuk Opta Sports, dan telah mengunjungi Stadion Etihad Manchester City dalam beberapa kesempatan.

5 dari 5 halaman

Roche Sebut Pemain Muda Harus Tahu Tentang Dunia Nyata

"Saya memiliki beberapa rekan kerja di lokasi pembangunan yang bertanya kepada saya tentang United dan bagaimana saya bisa sampai di sini," katanya pada Planet Football pada 2019:

“Ini bisa sangat melelahkan jadi saya tidak berteriak bahwa saya bermain untuk United," ujarnya.

"Saya pikir pemain muda hari ini harus dilatih sebagai sesuatu, jadi mereka tahu tentang dunia nyata. Sebagian besar dari mereka mungkin tidak memiliki rencana untuk mundur jika mereka tidak menjadikannya sebagai seorang profesional."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.