Sukses

Demi Kenyamanan, Kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Pakai Pesawat Carter

Kemenpora menyiapkan pesawat carter untuk pergi dan pulang kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para atlet yang bertanding membela Indonesia di ASEAN Para Games 2023, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) secara khusus menyiapkan dua pesawat atau mencarter pesawat untuk kepulangan kontingen.

Carter pesawat ini tidak hanya saat menjemput kontingen, namun juga saat bertolak dari Solo menuju Bandara Phnom Penh, guna mengikuti perhelatan ASEAN Para Games 2023 Kamboja, pun Kemenpora memfasilitasinya dengan mencarter pesawat. Langkah ini diambil Menpora Dito Ario Tedjo guna memastikan kenyaman para atlet dalam mengemban misi mempertahankan gelar juara umum ASEAN Para Games.

"Kemenpora memang sengaja mencarter pesawat Garuda untuk kontingen Indonesia berlaga di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, untuk kenyamanan mereka di dalam perjalanan, karena misi mereka sangat berat, yakni mempertahankan gelar Juara Umum. Alhamdulillah, fasilitas dari kami berdampak positif, mereka mampu meraih gelar hattrick Juara Umum," ucap Menpora Dito, Minggu (11/6/2023).

Fasilitas pesawat carter ini terbukti membantu perjuangan atlet Indonesia. Indonesia untuk ketiga kalinya sukses menjadi juara umum pada multi event dua tahunan atlet disabilitas negara-negara Asia Tenggara itu. Kontingen Indonesia sudah tiba di Tanah Air melalui Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/6/2023) lalu menggunakan carter dua pesawat Garuda yang difasilitasi Kemenpora.

Kedatangan para pahlawan olahraga ini disambut Ketua DPR RI Puan Maharani dan Seskemenpora Gunawan Suswantoro yang mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo.

"Saya mewakili Menpora RI Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di ASEAN Para Games 2023 Kamboja. Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick. Ditambah lagi banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menujua Asian Para Games 2023 Hangzhou nanti," kata Seskemenpora Gunawan Suswantoro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Rebut 159 Emas di ASEAN Para Games 2023

Tampilnya Indonesia sebagai Juara Umum ASEAN Para Games setelah kokoh berada dipuncak perolehan medali dengan rincian 159 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu. Thailand berada di urutan kedua mengoleksi 126 emas, 110 perak dan 92 perunggu. Sedangkan Vietnam menempati peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Sementara itu terkait bonus Seskemenpora Gunawan menyebut bahwa bonus yang akan diberikan pemerintah sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo. "Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja, Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet ASEAN Para Games kita," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Perjuangan Luar Biasa di Kamboja

Di sisi lain, CdM ASEAN Para Games 2023 Kamboja Andi Herman menyampaikan, hasil yang dicapai oleh para atlet Indonesia di multi event dua tahunan atlet disabilitas negara-negara Asia Tenggara edisi ke-12 ini sangat luar biasa.

"Perjuangan para atlet sangat luar biasa di ASEAN Para Games 2023 kali ini. Selain bisa menjadi juara umum dengan peralehan medali yang melampaui target, Indonesia juga hartrick menjadi juara umum. Ditambah lagi banyak para atlet yang membuat rekor baru. Hasil ini bukti kalau pembinaan atlet disabilitas kita berjalan dengan baik," ujar Andi Rahman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini