Sukses

Sikat Manchester United, Manchester City Juara Piala FA 2022/2023

Liputan6.com, Jakarta- Manchester City meraih gelar ganda di musim 2022/2023. The Citizens menjuarai Piala FA setelah menang 2-1 atas rival sekota Manchester United pada laga final yang berlangsung di Stadion Wembley pada Sabtu (3/6/2023) malam WIB.

Sebelum juara Piala FA, Manchester City sudah sukses merebut trofi Liga Premier Inggris. Kini pasukan Josep Guardiola mengejar treble pertama dalam sejarah klub. City akan main di final Liga Champions minggu depan melawan Inter Milan.

Manchester City memulai pertandingan dengan sangat baik. Laga baru berjalan 13 detik mereka sudah bisa membuka keunggulan melalui tendangan voli gelandang Ilkay Gundogan meneruskan umpan matang Kevin de Bruyne. Ingin menjadi gol tercepat dalam sejarah final Piala FA.

Di menit keempat City nyaris menggandakan skor bila saja sundulan gelandnag bertahan Rodri tidak melebar dari gawang MU yang dikawal oleh David De Gea.

City kembali memiliki peluang di menit 28 ketika tembakan rendah yang dilepaskan De Bruyne dari jarak 22 yard masih melebar.

Petaka menimpa City ketika laga berjalan setengah jam. VAR memberikan penalti kepada MU setelah Aaron Wan-Bissaka dilanggar Jack Grealish di kotak terlarang. Bruno Fernandes yang menjadi algojo penalti sukses memperdaya kiper City Stefan Ortega.

Memasuki menit 40 giliran City meminta penalti. Tapi VAR tak mengabulkannya pada insiden De Bruyne dengan gelandang MU Fred. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Manchester City vs Manchester United

Gundogan lagi-lagi menghukum MU di awal babak kedua. Pada menit 51 Gundogan membawa City kembali memimpin. Lagi-lagi lewat tendangan voli rendah dari jarak 25 yard yang memantul sehingga mengecoh De Gea.

Tertinggal lagi, manajer MU Erik ten Hag langsung merespons dengan memasukkan Alejandro Garnacho menggantikan Christian Eriksen. MU hampir menyamakan skor di menit 69 andai tendangan Marcus Rashford tidak melambung.

Gundogan mencetak hat-trick di menit 72 ketika menyambar tepisan De Gea. Namun wasit menganulir gol ini karena sudah terlebih dulu terjebak off-side.

Setelah itu MU kesulitan menciptakan peluang. Justru City nyaris menambah gol melalui pemain belakang Manuel Akanji yang punya dua kesempatan matang. Tak ada gol lagi yang tercipta sampai peluit panjang ditiup. City juara Piala FA usai menang 2-1.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Final Piala FA

City: Ortega, Walker, Dias, Akanji, Stones, Rodri, Silva, De Bruyne (Foden 76'), Gundogan, Grealish (Ake 89'), Haaland

Manchester United: De Gea, Wan-Bissaka, Varane, Lindelof (McTominay 83)', Shaw, Casemiro, Eriksen (Garnacho 62'),  Fred, Fernandes, Rashford, Sancho (Weghorst 78')

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.