Sukses

2 Pemain Indonesia Ikut Basketball Without Borders 2023 Garapan NBA dan FIBA

Dua pemain muda Indonesia akan merasakan kesempatan dilatih peain NBA dan legenda NBA di Abu Dhabi.

Liputan6.com, Jakarta NBA bersama Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi (DCT Abu Dhabi) 80 pemain basket berbakat tingkat SMA dari 20 lebih negara untuk mengikuti Basketball Without Borders (BWB) Asia ke-13 di Abu Dhabi. Dari daftar tersebut terdapat dua pemain asal Indonesia.

Basketball Without Borders kali ini akan berlangsung di kampus New York University di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2 sampai 5 Juni 2023. BWB Asia 2023 diikuti oleh 40 pemain laki-laki dan perempuan dari Asia dan Timur Tengah untuk saling bertanding serta secara langsung menerima pelatihan dari beberapa pemain, mantan pemain, hingga pelatih NBA.

Mereka akan mendapat pelatihan bola basket dari dua pemain aktif NBA yaitu Saddiq Bey (Atlanta Hawks) dan Monte Morris (Washington Wizards), serta dua mantan pemain NBA yaitu Taj Gibson (mantan pemain Washington Wizards), dan Rodney McGruder (mantan pemain Detroit Pistons).

Beberapa asisten pelatih NBA seperti John Bryant (Chicago Bulls), Ryan Forehan-Kelly (Brooklyn Nets), Ryan Richman (Wizards), Sean Sweeney (Dallas Mavericks) dan Mike Weinar (Indiana Pacers) juga akan turut melatih di BWB Asia, sementara Nina Hsieh (Charlotte Hornets) akan hadir sebagai pelatih atletik dalam kamp ini.

Dua pemain Indonesia yang akan ikut serta di BWB Asia 2023 adalah Marcell Syahlevi Putera yang akan mewakili divisi putra dan Jessylne Jaya Wiyanto yang akan mewakili divisi putri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Kegiatan di BWB Asia 2023

Para pemain dan pelatih NBA akan memimpin berbagai kegiatan, seperti latihan efisiensi gerakan, latihan menyerang dan bertahan, kontes 3 points shoot, pertandingan 5-on-5, hingga sesi pengembangan keterampilan hidup dan kepemimpinan. Para pelatih BWB Asia 2023 dan anggota departemen NBA Referee Operations akan memberikan sesi pengembangan untuk para pelatih dan wasit lokal selama sepekan.

Pada hari terakhir, akan digelar seremoni penyerahan piala MVP Kim Bohuny Camp, piala Patrick Baumann Sportsmanship Award, piala Three-Point Champion yang dipersembahkan oleh Experience Abu Dhabi, serta piala Defensive MVP bagi pemain laki-laki dan perempuan yang memperlihatkan sosok kepemimpinannya di lapangan.

3 dari 3 halaman

BWB Asia Sudah Dilakukan Sejak 2001

BWB yang merupakan program penjangkauan komunitas dan pengembangan bola basket global milik FIBA dan NBA yang sudah dilaksanakan sebanyak 66 kali di 43 kota yang tersebar di enam benua, dan telah menjangkau lebih dari 3.900 peserta dari 134 negara dan wilayah sejak tahun 2001. Sebanyak 106 mantan peserta program telah bermain di NBA atau WNBA.

Bersamaan dengan BWB Asia 2023, Kamp Elit Jr. NBA Abu Dhabi juga akan diadakan di kampus New York University di Abu Dhabi pada 2 - 4 Juni 2023. Kamp ini akan menghadirkan 40 pemain laki-laki dan perempuan berbakat berusia 15 tahun ke bawah dari liga Jr. NBA Abu Dhabi untuk turut berpartisipasi pada program pengembangan teknik dasar dan kompetisi 5-on-5.

BWB Asia akan disponsori oleh Nike, mitra global BWB sejak tahun 2002 yang menyediakan seluruh pakaian serta alas kaki bagi peserta. Gatorade juga hadir untuk memastikan bahwa para peserta dan pelatih terhidrasi dengan baik selama program berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.