Sukses

Ryo Matsumura Hidupkan Kembali Nomor 7 di Persija Jakarta yang Sempat Hilang

Persija Jakarta sempat kesulitan mencari pemain yang pas untuk gunakan nomor 7 yang selalu dianggap sakral. Ryo Matsumura menjadi pemilik nomor ikonik itu.

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta sudah semusim lebih tak memberi nomor 7 kepada pemain manapun. Setelah 1,5 musim, Persija menemukan siapa pemain yang cocok untuk gunakan jersey dengan nomor sakral itu musim depan.

Legiun asing asal Jepang, Ryo Matsumura, adalah sosok yang akan mengenakan nomor punggung tujuh di Liga 1 2023/2024.Menurutnya, nomor tujuh memiliki arti yang positif.

Jadi, ia berhrap kariernya di Persija akan dipenuhi hal-hal yang baik pula. Nomor 7 identik dengan seorang playmaker yang handal di lini tengah untuk memasok umpan-umpan apik ke pertahanan lawan.

"Saya akan menggunakan nomor punggung tujuh karena itu nomor keberuntungan. Nomor tujuh di Jepang diyakini punya makna yang baik," kata Ryo seperti dikutip situs Persija.

Selain itu, pemilihan nomor tujuh ternyata terinspirasi dari legenda sepak bola Inggris yang identik dengan nomor punggung tersebut.

"Saya pun terinspirasi oleh David Beckham. Momen pertama yang membuat saya suka pada saat melihat Piala Dunia 2002. Saat itu Beckham dengan rambut mohawk,” ujar gelandang baru Persija berusia 28 tahun itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Thomas Doll Puji Ryo Matsumura

Gelandang anyar Persija asal Jepang, Ryo Matsumura, telah bergabung dalam sesi latihan perdana Macan Kemayoran di Nirwana Park, Bojongsari (29/5/2023). Di momen itu, pelatih Thomas Doll sempat berdiskusi dengannya di sela-sela latihan.

Thomas mengungkapkan rasa senangnya karena Persija bisa mendapatkan jasa pemain berusia 28 tahun itu. Ia optimistis Ryo bisa memberikan warna tersendiri dalam permainan Tim Ibu Kota.

Torehan 11 gol dan enam assist bersama Persis di Liga 1 2023/2024 menjadi indikator bahwa kinerja Ryo memang luar biasa. Thomas berharap performa Ryo bisa semakin baik di musim ini.

“Saya pikir dia gelandang yang fantastis. Dia mencetak banyak gol dan memberikan banyak assist. Dia memiliki mobilitas yang bagus,” ucap Thomas Doll.

“Di lapangan, dia tidak hanya mencari bola. Tapi ia pun selalu mencari pemain berikutnya. Caranya bermain itu menggambarkan sepak bola yang modern,” katanya melanjutkan.

 

3 dari 4 halaman

Ryo Matsumura Memang Diinginkan Pelatih Persija

 

Menurut Thomas Doll, Ryo memang sudah mencuri perhatian sejak musim lalu. Jadi, kedatangan Ryo memang menjadi keinginan tim pelatih yang sudah memantaunya saat masih bermain dengan Persis Solo.

“Saya berharap dia memiliki kesuksesan yang sama seperti musim lalu. Mendatangkan Ryo adalah transfer yang sangat bagus. Kami menginginkannya secara langsung dan dia pun senang berada di sini,” tutur Thomas lagi.

 

4 dari 4 halaman

Pemilik Nomor 7 Sebelumnya di Persija

 

Sebelumnya nomor punggung tujuh terparkir sejak putaran kedua Liga 1 2021/2022 hingga akhir musim 2022/2023. Pemain yang terakhir kali menggunakan nomor tersebut di Tim Ibu Kota adalah Ramdani Lestaluhu sebelum ia hengkang ke PSS.

Ramdani Lestaluhu cukup lama menggunakan nomor ini. Dia menggunakan nomor ini sejak 2008 lalu setelah nomor ini pindah dari Ade Suhendra, Atep, Marwal Iskandar.

Sejak 2000, ada enam pemain yang pernah menggunakan nmor 7 di Persija. Pada 2000, nomor 7 digunakan oleh legenda timnas Indonesia, Widodo Cahyono Putro

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.