Sukses

Kongres Biasa PSSI 2023 Dibuka, Menpora Dito Ariotedjo Absen

Kongres Biasa PSSI 2023 resmi dibuka di Hotel InterContinental, Pondok Indah, Jakarta pada Minggu (28/5/2023) sekitar pukul 14.05 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Kongres Biasa PSSI 2023 resmi dibuka di Hotel InterContinental, Pondok Indah, Jakarta pada Minggu (28/5/2023) sekitar pukul 14.05 WIB. 

Acara ini dibuka lewat pemukulan gong oleh Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dengan didampingi oleh jajaran pengurus PSSI dan sejumlah tamu undangan lain. 

Adapun Kongres Biasa PSSI tahun 2023 menandai kongres biasa perdana yang diselenggarakan pengurus federasi sepak bola Tanah Air di bawah kepemimpinan Ketua Umum Erick Thohir. 

Sayangnya, tak semua tokoh penting hadir dalam agenda ini. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo absen dan hanya diwakili oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Surono. 

Hal serupa juga berlaku untuk Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari yang diwakili Exco Arlan Perkasa Lukman, serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Marciano Norman, yang diwakili Waketum Suwarno.

Sekadar informasi, Kongres Biasa PSSI diikuti oleh total 87 delegasi, yang terdiri atas 34 asprov, 18 perwakilan klub Liga 1, 16 perwakilan klub Liga 2, 16 perwakilan klub Liga 2, serta 3 asosiasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Ketum PSSI Erick Thohir

Terlepas dari adanya ketidakhadiran, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dalam sambutan pembukanya, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama semua pihak di awal masa kepemimpinan dia.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu berharap kongres biasa ini dapat menjadi titik untuk meneruskan prestasi sepak bola Indonesia di masa mendatang. 

"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin baik dan tentunya untuk semua pihak yang merasa menjadi keluarga besar sepak bola indonesia," tutur Erick melalui video sambutan. 

"Namun, ini bukan waktunya kita berpuas diri ketika kita bisa mendapatkan emas pertama setelah 32 tahun, tetapi bagaimana euforia kemenangan itu menjadi sebuah tradisi untuk kita menjaga prestasi Indonesia," tambah Ketum PSSI pada Minggu (28/5/2023).

3 dari 3 halaman

Agenda Kongres Biasa PSSI

Terdapat sejumlah pokok bahasan penting yang akan diusung dalam kongres kali ini. Beberapa di antaranya adalah penetapan program dan rencana anggaran PSSI 2023 serta pengesahan auditor independen.

Ada pula agenda penerimaan, pemberhentian, serta perubahan nama dan domisili anggota PSSI, penetapan badan yudisial, hingga penyempurnaan kode disiplin PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.