Sukses

Perguruan Karate ASKI Bertekad Terus Lahirkan Atlet Berprestasi

Yang terbaru pada Kejurnas FORKI 2023, ASKI menduduki peringkat 4 dari 25 perguruan.

Liputan6.com, Jakarta- Perguruan karate Akademi Seni-Beladiri Karate Indonesia (ASKI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-5 tahun 2023 pada Sabtu 27 Mei 2023. Munas dibuka langsung oleh Wasekjen PB FORKI Bidang Luar Negeri Darly Siregar, di Hotel Oasis Amir Jakarta. Pada munas kali ini, ASKO bertekad terus mencetak atlet karate berprestasi lewat kolaborasi yang baik.

Munas PP ASKI digelar dalam rangkat pelaksanaan dari Amanat AD/ART ASKI yang dilakukan setiap 5 tahun sekali sekaligus menjadi forum tertinggi di organisasi. Munas kali ini dihadiri total perwakilan dari 17 Pengurus Provinsi. Munas kali ini cuma berlangsung satu hari yang mengusung beberapa agenda.

Beberapa agenda utama munas antara lain pertanggung jawaban pengurus, merumuskan garis besar organisasi ke depan, dan pemilihan Ketua Umum PP ASKI 2023-2028.

"Kami juga akan membahas hal-hal lain yang dipandang strategis untuk perkembangan organisasi ke depan," jelas Ketua panitia Munas PP ASKI, Handoko Nindyo Wardono.

Tema Munas kali ini adalah "Kolaborasi Organisasi Merupakan Kunci Menjadikan ASKI Lokomotif Perkaratean Nasional". PP ASKI memilih tema ini karena berkomitmen untuk membangun sinergi dan kolaborasi organisasi, tak hanya untuk menjadikan organisasi yang sehat dan profesional, tetapi juga meningkatkan prestasi para atlet dan yang terpenting adalah melahirkan karateka yang berkarakter akhlak mulia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi

Ketua Umum PP ASKI Syaifullah Nasution mengatakan, ASKI yang awalnya merupakan perguruan AMURA dan berganti nama menjadi ASKI pada tahun 2018, memiliki semangat untuk menciptakan suatu metode pengembangan karate berbasis akademi.

"ASKI adalah lembaga akademi seni karate. Dari nama tersebut kita berharap ASKI mempunyai suatu metode pengembangan ilmu karate yg berbasiskan program silabus yang jelas sebagaimana akademi," ungkapnya.

Nama perguruan yang sedemikian besar bisa diwujudkan. Hal ini terbukti dari setiap event nasional yang digelar FORKI, atlet ASKI senantiasa berhasil meraih peringkat nasional. Terbaru, pada Kejurnas FORKI 2023, ASKI menduduki peringkat 4 dari 25 perguruan.

“Hari ini ambil tema kolaborasi karena ini sangat penting. Tidak ada perguruan di Indonesia yang mampu membawa atlet-atlet ke internasional kecuali kita berkolaborasi dengan organisasi atau perguruan lainnya,” lanjut Syaifullah.

3 dari 3 halaman

Perguruan yang Sehat

“Tentu hari ini kami akan kolaborasi dengan internal dulu, yang hadir hari ini ada 17 Pengprov. Kita akan lakukan kolaborasi membuat rumusan-rumusan program dan tujuan kedepan. Selanjutnya kita akan sampaikan ke PB Forki dan kita akan berkolaborasi dengan perguruan yang ada untuk mencapai itu semua,"

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Guru ASKI, Ucok Marisi Sihotang mengungkapkan. "Melalui penyelenggaraan Munas ke-5 menunjukkan bahwa ASKI adalah perguruan karate yang sehat yang secara teratur selalu melaksanakan Munas sebagai ajang untuk melakukan evaluasi dan rencana kerja ke depan agar bergerak semakin baik dan maju," tutur Ucok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini