Sukses

Brighton Amankan Tempat di Liga Europa Usai Tahan Imbang City, Guardiola Sampaikan Pujian

Brighton ada di peringkat keenam klasemen Liga Inggris, dan hasil itu sudah cukup bagi mereka untuk berkompetisi di Liga Europa musim depan.

Liputan6.com, Jakarta Brighton & Hove Albion sukses mengamankan satu posisi di babak grup Liga Europa 2023/24. Keberhasilan ini didapat setelah mereka mamu menahan imbang Manchester City 1-1 di pekan ke-32 Liga Inggris, Kamis dini hari WIB (25/5/2023) di Amex Stadium.

The Seagulls memang tampil sangat ambisius pada pertandingan tersebut. Pasalnya, mereka sudah mengetahui bahwa satu poin akan menjamin posisi keenam di klasemen Liga Inggris dan satu tempat di Liga Europa musim depan.

Meski begitu, hasil ini tidak mengubah posisi Manchester City di klasemen sementara. The Citizens sudah juara dan berada di urutan pertama dengan 89 poin.

Sementara Brighton tak beranjak dari peringkat keenam dengan 62 poin. Hasil itu sudah cukup bagi mereka untuk berkompetisi di Liga Europa musim depan.

Usai pertandingan Manajer Manchester City Pep Guardiola memuji penampilan lawannya. Dia menilai Brighton pantas bermain di kompetisi Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luar Biasa

“Terima kasih banyak, saya pikir itu adalah pujian terbesar untuk Brighton dan diri kami sendiri. Kedua tim ingin bermain dengan dan tanpa bola Keduanya menunjukkan agresif, gol luar biasa, terutama Enciso,” kata Pep kepada BBC Sport

Bermain di kandang lawan, Manchester City mampu unggul terlebih dahulu. Pasukan Josep Guardiola mencetak gol melalui Phil Foden di menit ke-25.

3 dari 4 halaman

Dianulir

Mendapat umpan dari Erling Haaland, Phil Foden mencetak gol dengan tendangan kaki kanan. Gol itu membuat The Citizens memimpin 1-0.

Brighton sempat menjebol gawang Manchester City di menit ke-32 lewat Kaoru Mitoma. Namun, gol tersebut tidak disahkan wasit karena handball.

4 dari 4 halaman

Imbang

Brighton akhirnya bisa menyamakan kedudukan saat pertandingan memasuki menit ke-38. Julio Enciso menjebol gawang Stefan Ortega lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Danny Welbeck juga sempat mencetak gol sebelum turun minum, tapi golnya tidak dianggap karena offside. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.