Sukses

Pemain Persib Marc Klok Bantu Anak-Anak Indonesia Dengan Membangun SLB Di Kabupaten Bandung

Melalui yayasan Marc Klok Foundation, gelandang Persib Bandung tersebut berencana untuk membangun SLB dan lapangan sepak bola di Cililin, Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok membantu anak-anak Indonesia untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Melalui yayasannya, Marc Klok Foundation, pemain naturalisasi asal Belanda tersebut bekerja sama untuk menggalang dana dengan Plaza Indonesia dan Happy Hearts Indonesia untuk mendirikan sekolah di Cililin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Saya bersama Happy Hearts Indonesia berkesempatan untuk membangun sekolah dan lapangan di sana (Cililin), sekarang sudah ada bangunannya tetapi masih rusak sekali. Harapannya anak-anak di sana bisa punya akses pendidikan yang lebih baik, bisa main bola dan bisa berolahraga,”  jelas Marc Klok.

Rencana itu disampaikannya pada acara buka puasa bersama di toko Eichholtz, Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (10/4/2023) yang juga dihadiri oleh perwakilan dari tim Plaza Indonesia dan Happy Hearts Indonesia.

Sekolah yang dibangun Klok diberi nama SLB Budi Mulia dan merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Rencananya, semua anak-anak yang akan bersekolah di sana tidak akan dikenakan iuran pendidikan.

“Ini adalah project pertama dari Marc Klok Foundation dan semoga ke depannya saya bisa punya kesempatan lebih banyak untuk membantu anak-anak di negara ini,” ujar pemain berusia 29 tahun tersebut.

Melalui yayasannya, Klok berharap dapat membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam hidupnya agar dapat mempunyai kesempatan yang sama dengan anak-anak yang lebih beruntung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Latar Belakang

Ketika ditanya mengenai alasannya menginisiasi penggalangan dana tersebut, Klok mengungkap jika ia berangkat dari pengalaman pribadinya selama hidup. Eks pemain Persija Jakarta itu menjelaskan jika selama hidupnya, ia selalu mendapat dukungan penuh dari orang tuanya dan ingin anak-anak yang kurang beruntung dapat merasakan hal serupa.

“Waktu saya kecil, saya diberikan banyak support dari orang tua, sampai sekarang saya adalah orang yang punya banyak mimpi dan kesempatan dalam hidup berkat dukungan dari mereka hingga saat ini. Saya sekarang sudah menjadi ayah bagi seorang putri yang cantik dan bersama istri saya bisa memberikan kehidupan yang diinginkannya, tetapi tidak semua anak bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, saya rasa setiap anak berhak untuk memiliki kesempatan yang sama, untuk bisa bermimpi besar,” jelas Klok.

3 dari 4 halaman

Memberi Kembali

Tidak hanya untuk membantu anak-anak Indonesia agar bisa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang, Klok juga merasa harus memberi sesuatu bagi Indonesia yang telah membantunya berkarir sebagai seorang pesepak bola profesional melalui yayasannya.

“Saya pikir saya terima banyak sekali dari negara ini sebagai pemain sepak bola, saya juga sekarang sudah jadi Warga Negara Indonesia dan saya merasa ingin memberi kembali bagi negara ini melalui charity dengan membantu anak-anak yang kesulitan dalam hidupnya agar mereka bisa punya mimpi,” ujar pemain bernomor punggung 10 tersebut.

4 dari 4 halaman

Bermimpi Melalui Sepak Bola

Selain untuk memberi akses pendidikan yang lebih baik, Marc Klok juga berharap dengan membangun lapangan sepak bola dan fasilitas olahraga, ia dapat memberi kesempatan bagi anak-anak untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik melalui sepak bola dan olahraga.

“Menurut saya, sepak bola adalah olahraga yang menghadirkan kedisiplinan dalam hidup, kerja sama tim, kehidupan yang lebih sehat dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Tujuan utama Yayasan bukanlah untuk menghasilkan bakat sepak bola profesional, tujuannya adalah agar anak-anak dapat memiliki tujuan dan keinginan untuk berkembang sebagai seorang individu dan saya rasa melalui sepak bola mereka akan lebih mudah untuk mencapai itu,” jelas pemain yang biasa mengisi posisi gelandang tengah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.