Sukses

Chelsea Akhirnya Pecat Graham Potter

Graham Potter cuma tujuh bulan saja bekerja di Chelsea. Dia dipecat usai kekalahan memalukan dari Aston Villa.

Liputan6.com, Jakarta- Chelsea akhirnya memutuskan memecat manajer Graham Potter pada Minggu (2/4/2023) malam waktu setempat. Pemecatan diambil setelah The Blues secara memalukan kalah di kandang sendiri 0-2 dari Aston Villa di lanjutan Liga Inggris seharis sebelumnya.

Potter praktis cuma tujuh bulan saja bekerja di Stamford Bridge. Dia dipercaya melatih Chelsea pada September 2022 menggantikan Thomas Tuchel yang juga dipecat ketika itu.

Di awal kepelatihannya bersama Chelsea, eks manajer Brighton and Hove Albion itu memberikan kesen memuaskan. Chelsea tak terkalahkan di sembilan laga pertama bersama Potter.

Namun perlahan performa Chelsea bersama Potter mulai loyo. Klub asal London itu cuma meraih enam kemenangan dari 22 pertandingan di berbagai ajang yang diikuti.

Chelsea terpuruk di posisi 11 klasemen Liga Inggris. Namun Potter cukup sukses di Liga Champions. The Blues melaju ke babak perempat final dan akan berhadapan dengan juara bertahan Real Madrid.

Kekalahan dari Aston Villa membuat pemilik Chelsea Todd Boehly dan Behdad Eghbali kehabisan kesabaran. Potter pun langsung dipecat. Untuk sementara Chelsea akan ditangani Bruno Saltor hingga ditemukan sosok tepat pengganti Potter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Chelsea

"Atas nama semua orang di klub, kami ingin berterima kasih dengan tulus kepada Graham atas kontribusinya untuk Chelsea. Kami sangat menghormati Graham sebagai pelatih dan sebagai pribadi. Dia selalu bersikap profesional dan berintegritas dan kami semua kecewa dengan hasil ini," demikian pernyataan resmi Chelsea.

Potter sebenarnya masih terikat kontrak jangka panjang bersama Chelsea hingga akhir musim 2026/2027. Dengan demikian Chelsea harus memberikan kompensasi besar terhadap pria 47 tahun tersebut.

Selama melatih Chelsea, Potter cuma meriah 12 kemenangan, delapan imbang dan 11 kekalahan dari 31 pertandingan. Chelsea rata-rata cuma mendapat 1,27 poin di Liga Inggris. Ini menjadi catatan terendah dalam sejarah klub bersama Glenn Hoddle.

3 dari 4 halaman

Calon Pengganti Graham Potter

Kekalahan dari Villa membuat Chelsea semakin berat mencapai target meraih tiket ke Liga Champions musim depan. Mereka kini tertinggal 13 poin dari Manchester United yang saat ini berada di urutan empat Liga Inggris.

Sudah ada beberapa kandidat pengganti Potter di Chelsea. Mulai dari Julian Nagelsmann, Mauricio Pochettino hingga Brendan Rodgers. Nama terakhir baru saja berpisah dengan Leicester City akibat hasil negatif.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Graham Potter adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola profesional asal Inggris, yang kini menjadi kepala pelatih Chelsea.

    Graham Potter

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Berita Bola