Sukses

Akhiri Penantian 23 Tahun, Ini Daftar Lengkap Skuad yang Antar PSM Makassar Jadi Juara BRI Liga 1

Liputan6.com, Jakarta PSM Makassar sukses mengakhiri penantian 23 tahun di liga domestik. Skuad berjuluk Juku Eja itu berhak menyabet gelar Juara BRI Liga 1 2022/2023, setelah terakhir kali keluar sebagai kampiun dalam kompetisi serupa pada musim 1999/2000.

Sebagai informasi, BRI Liga 1 sejatinya baru memasuki pekan ke-32. Akan tetapi, torehan poin Juku Eja sudah dipastikan tak bisa dikejar oleh rival-rivalnya. Skuad asuhan Bernardo Tavares bertengger di puncak klasemen setelah mengoleksi 72 poin dari 32 laga.

Kemenangan 3-1 atas Madura United dalam laga pekan ke-32 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan pada Jumat (31/3/2023), membuat PSM bisa berselebrasi meski BRI Liga 1 2022/2023 belum menggulirkan matchday terakhirnya musim ini.

Adalah Wiljan Pluim dan Kenzo Nambu yang berjasa mencetak gol kemenangan bagi PSM Makassar di laga kontra Laskar Sape Kerrab. Brace pemain kelahiran Belanda mengantar Juku Eja unggul cepat dengan 2-0 di paruh pertama pertandingan.

Kenzo lantas memperlebar jarak pada menit 48. Tendangan chip yang ia lesakkan gagal dijangkau oleh kiper Madura United Rendy Oscario. Tim tamu sejatinya sempat mencoba memangkas ketertinggalan lewat aksi Jaja tiga menit berselang.

Namun, upaya itu rupanya belum cukup untuk mencegah kemenangan PSM. Skor 3-1 bagi keunggulan tim tamu tak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Gemilang PSM Makassar

Tak dapat dimungkiri, PSM Makassar memang menunjukkan performa gemilang di BRI Liga 1 musim ini. Mereka menjadi kesebelasan dengan catatan kekalahan paling sedikit dalam kompetisi tersebut.

Anak-anak asuh Bernardo Tavares tercatat hanya 2 kali menelan hasil minor dari total 32 pertandingan yang sudah dijalani sejak awal musim. Adapun 21 laga lain berbuah kemenangan, sementara 9 sisanya berakhir seri.

Juku Eja juga menyandang predikat sebagai tim paling produktif sejauh ini. PSM Makassar tercatat sanggup melesakkan 60 gol ke gawang lawan dan hanya kebobolan 24 kali sepanjang penampilannya di BRI Liga 1 2022/2023.

Solidnya performa PSM tentu tak lepas dari keberadaan sejumlah pemain bintang dalam skuad mereka. Nama-nama penggawa haus gol, seperti Ramadhan Sananta, Everton, hingga Wiljan Pluim menjadi faktor penting yang mengantar Juku Eja meraih kejayaan musim ini.

Melansir situs Transfermarkt, Ramadhan sukses membukukan 11 gol dan 2 assists di bawah namanya, dari total 22 penampilan bersama PSM Makassar. Catatan mentereng juga dimiliki Everton setelah bermain 27 kali dan menyumbangkan 8 gol serta 3 assists bagi PSM.

Sementara itu, sumbangsih tak kalah gemilang diberikan oleh Wiljan Pluim yang menyandang status sebagai kapten Juku Eja. Meski berposisi sebagai penggawa lini tengah, pemain berusia 34 tahun itu cukup sering menuliskan namanya di papan skor.

Dari total 25 pertandingan yang sudah dijalani bersama PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023, sebanyak 10 gol dan 9 assists mampu diberikan oleh Wiljan Pluim.

Adapun di lini belakang, nama-nama populer juga berperan penting meminimalisasi jumlah kebobolan Juku Eja musim ini. Reza Arya Pratama (kiper) ditemani bek Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, dan Yance Sayuri kerap menjadi andalan Bernardo Tavares untuk mengawal pertahanan PSM Makassar.

3 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Skuad PSM Makassar

Berikut daftar lengkap skuad PSM Makassar, termasuk nama-nama baru di paruh kedua, yang sukses mengantar Juku Eja keluar sebagai kampiun BRI Liga 1 2022/2023.

Kiper

  1. Reza Arya Pratama
  2. Harlan Suardi
  3. Rivky Mokodompit
  4. Ardiansyah
  5. Raka Okta

Bek

  1. Yuran Fernandes
  2. Erwin Gutawa
  3. Yance Sayuri
  4. Sulthan Zaky
  5. Ahmad Rusadi
  6. Safrudin Tahar
  7. Abdul Rahman Sulaeman
  8. Samuel Simanjuntak
  9. Dallen Doke
  10. Agung Mannan
  11. Edgar Amping
  12. Dhanu Syahputra
  13. Ibnul Mubarak

Gelandang

  1. Victor Dethan
  2. Bryan Cesar
  3. Rasyid Bakri
  4. Yakob Sayuri
  5. Rizky Eka Pratama
  6. Dzaky Asraf
  7. Kenzo Nambu
  8. Adil Nur Bangsawan
  9. Akbar Tanjung
  10. M. Arfan
  11. Muh. Rafli Asrul
  12. Mufli Hidayat
  13. Wiljan Pluim
  14. Ananda Raehan
  15. Gunansar Mandowen

Penyerang

  1. Ramadhan Sananta
  2. Everton Nascimento
  3. Ricky Pratama
  4. Donald Bissa
4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.