Sukses

Demi Pertahankan Emas SEA Games 2023, Timnas Basket Indonesia TC ke Australia

Timnas basket Indonesia terus berlatih di GBK Arena. Bulan depan mereka akan TC di Australia.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Indonesia akan menjalani traning camp (TC) di Australia pada April 2023 mendatang. TC di negeri Kanguru dilakukan demi mempertahankan medali emas di SEA Games 2023 di Kamboja.

Di Australia, timnas basket putra Indonesia akan melakoni sembilan pertandingan uji coba. Mereka akan 20 hari berada di Australia dengan total 18 kali latihan.

"Timnas basket Indonesia akan ke Australia pada 4 April sampai 24 April 2023. Disana kami akan berlatih dan bertanding. Total timnas akan membawa 15 pemain ke Australia," ujar wakil ketua umum Perbasi George Fernando Dendeng, Kamis (30/3/2023).

Ke-15 pemain yang akan dibawa mengikuti TC timnas basket Indonesia putra masih dalam proses seleksi. Pelatih Milos Pejic masih memantau para pemain dalam sesi latihan di GBK Arena, Jakarta.

"Pemain yang akan dibawa masih dalam pemilihan. Masih ada waku 1 sampai dua hari untuk menentukan siapa yang ikut TC ke Australia," lanjut George.

Para pemain yang ikut pelatnas di Jakarta ini terdiri dari gabungan pemain senior dan pemain muda. Dua pemain naturalisasi juga ikut serta yakni Anthony Beane Jr dan Dame Diagne.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Derrick dan Bolden

Untuk mempertahankan medali emas di SEA Games 2023, Indonesia harus berjuang ektra keras. Pasalnya Derrick Michael dan Marques Bolden masih diragukan bisa ikut bertanding di Kamboja karena sedang cedera.

"Untuk Derrick dan Bolden, kami masih berharap ada keajaiban. Masih adalam pemulihan cedera. Semoga ada mukjizat. Kita masih menunggu update dari sana," lanjut George Fernando Dendeng.

Jika Derrick dan Bolden sampai tidak bisa ikut maka akan menjadi kerugian besar bagi Indonesia. Keduanya merupakan pemain kunci saat Indonesia untuk pertama kali meraih medali emas SEA Games di cabang olahraga basket putra di Vietnam tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Pemain Naturalisasi

Di SEA Games 2023 ada perubahan aturan main. Tim-tim peserta kini bebas memainkan para pemain naturalisasinya sehingga bisa merepotkan timnas Indonesia.

Satu pemain naturalisasi yang kemungkinan akan dibawa Indonesia ke SEA Games 2023 adalah Lester Prosper. "Kami masih melakukan diskusi dengan Lester mengenai kemungkinan membela timnas Indonesia di SEA Games 2023," imbuh George.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.