Sukses

Kualifikasi Euro 2024: Italia Bangkit, Portugal Pesta Gol Lagi

Italia bangkit setelah sebelumnya dihajar Inggris di kandang sendiri pada Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Italia berhasil bangkit di Kualifikasi Euro 2024. Tim asuhan Roberto Mancini tersebut mampu menang 2-0 ketika dijamu Malta di National Stadium Attard, Senin (27/3/2023) dini hari WIB.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Italia di Grup C Kualifikasi Euro 2024. Pada partai pertamanya, Gli Azzurri kalah di kandang sendiri dengan skor 1-2 dari timnas Inggris.

Butuh menang Italia langsung tampil menyerang sejak menit pertama. Hasilnya mereka mampu unggul pada menit 14 melalui penyerang muda Mateo Retegui yang meneruskan sebuah sepak pojok dari Sandro Tonali.

Tujuh menit kemudian Italia menambah gol melalui gelandang Matteo Pessina yang memanfaatkan bola liar hasil umpan tarik dari bek kiri Emerson Palmeiri.

Skor 2-0 ini bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit. Italia pun kini nangkring di posisi dua klasemen Grup C Kualifikasi Euro 2024 dengan poin tiga. Malta sendiri menjadi juru kunci karena belum mendapat poin sama sekali

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesta Gol Portugal

Sementara itu di laga lainnya, Portugal meneruskan tren positif di awal Kualifikasi Euro 2024. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan kembali menang besar. Korban terbaru adalah Luksemburg yang dihajar enam gol tanpa balas.

Ronaldo kembali menjadi bintang lapangan. Pemain Al-Nassr ini mencetak dua gol kemenangan tim asuhan Roberto Martinez.

Portugal membuka pesta gol di Stade de Luksemburg pada menit sembilan. Kerjasama Bruno Fernandes dengan Nuno Mendes memudahkan Ronaldo mencetak gol.

Joao Felix menggandakan keunggulan Portugal di menit 15. Pemain Chelsea ini menuntaskan umpan matang dari Bernardo Silva.

Tiga menit kemudian Portugal menambah gol lagi. Kali ini Bernardo Silva yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menanduk umpan silang Joao Palhinha.

Di menit 31, Ronaldo mencetak brace. Eks pemain Juventus itu dengan mudah menyelesaikan umpan Bruno Fernandes setelah Luksemburg melakukan kesalahan sendiri.

3 dari 3 halaman

Dua Gol Tambahan Portugal di Babak Kedua

Meski sudah unggul empat gol Portugal tak mengendurkan serangan di babak kedua. Mereka mendapat gol kelima di menit 77 lewat sundulan Otavio yang menyelesaikan umpan Rafael Leao.

Pesta gol Portugal ditutup Leao pada menit 88 menuntaskan umpan Ruben Neves. Gol ini sekaligus membayar kegagalan Leao mengeksekusi hadiah penalti empat menit sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.