Sukses

Anak Legenda NBA Resmi Ganti Nama dan Jenis Kelamin

Anak legenda NBA itu kini resmi diakui sebagai wanita dan namanya resmi diganti oleh pengadilan.

Liputan6.com, Jakarta- Anak legenda NBA Dwyane Wade resmi disahkan pengadilan menjadi wanita dan memiliki nama baru pekan lalu. Anak Wade ini lebih memilih menjadi wanita meski terlahir sebagai laki-laki.

Menurut laporan TMW, Pengadilan Los Angeles telah menandatangani identitas hukum baru untuk anak berusia 15 tahun itu. Anak sahabat LeBron James itu kini bernama Zaya Malachi Airamis Wade.

Wade sendiri sangat mendukung keputusan Zaya mengubah jenis kelaminnya. Wade yang mengajukan petisi ke pengadilan pada Agustus 2022 soal perubahan status dan nama anaknya itu.

Proses perubahan identitas ini memakan waktu cukup lama. Zaya pertama kali blak-blakan sebagai ingin dianggap sebagai wanita pada awal tahun 2020 lalu. Awalnya Zaya bernama Zion.

Zaya merupakan anak Dwyane Wade dengan Siohvaughn Funches. Keduanya sudah bercerai pada tahun 2010 lalu setelah menikah selama delapan tahun. Kedua orang tua Zaya memiliki pandangan berbeda soal perubahan nama dan jenis kelamin secara legal ini.

Wade terus menerus mendorong agar status Zaya menjadi legal. Sedangkan Funches menuduh mantannya itu "menekan" anak mereka untuk "maju" dengan sebuah nama dan perubahan gender “untuk memanfaatkan peluang finansial.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menunggu

Funches sendiri ingin Zaya untuk menunggu perubahan identitas secara resmi ketika sudah genap berusia 18 tahun.

Wade total memiliki empat anak dari tiga ibu berbeda. Bersama Funches, Wade juga memiliki putra bernama Zaire yang sudah berusia 21 tahun.

Anak ketiga Wade bernama Xavier dari pacarnya Aja Metoyer. Wade kini sudah menikah lagi dengan Gabrielle Union dan memiliki anak berusia empat tahun bernama Kaavia.

3 dari 3 halaman

Dukungan

Dukungan kepada Zaya juga datang dari anak tertua Wade, Zaire. Dia menegaskan tidak akan menjauhi dan meninggalkan Zaya meski sejak kecil lebih ingin memiliki saudara laki-laki. Zaire berjanji akan terus mengasihi dan menjaga Zaya dari cibiran orang-orang yang tidak suka dengan perubahan yang diambilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.