Sukses

MU Singkirkan Barcelona dari Liga Europa 2022/2023, Bruno Fernandes Ungkap Peran Besar 'Penunggu' Old Trafford

Gelandang MU Bruno Fernandes menilai kehadiran suporter menjadi faktor penting yang membantu timnya menang atas Barcelona di leg kedua plat-off Liga Europa pada Jumat (24/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) sukses memetik kemenangan atas Barcelona dalam pertandingan leg kedua play-off knock out Liga Europa 2022/2023 yang dihelat di Stadion Old Trafford pada Jumat (24/2/2023) dini hari WIB.

Skuad racikan Erik ten Hag comeback gemilang meski sempat tertinggal 0-1 lewat penalti Robert Lewandowski di babak pertama. Fred dan Antony jadi bintang kemenangan yang menyumbangkan dua gol bagi Setan Merah.

Capaian tersebut sudah cukup untuk mengantar MU melesat ke babak 16 besar Liga Europa, setelah sebelumnya hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Barcelona di Camp Nou.

Gelandang Setan Merah Bruno Fernandes memebebrkan faktor penting yang membuat timnya sukses menaklukkan Barcelona di leg kedua play-off Liga Europa dini hari tadi.

Pemain internasional Portugal itu menilai kehadiran suporter memainkan peran krusial kala ia dan rekan-rekannya tampil di kandang sendiri. Para 'penunggu' Old Trafford itu menjaga keangkeran markas MU.

“Seperti yang sudah saya katakan, mereka (para penggemar) ada bersama kami di saat-saat paling berat. Musim ini kami tampil bagus, sangat bagus, itu juga karena mereka selalu ada di belakang kami,” tuturnya kepada BT Sport selepas laga.

“Kami punya hal yang istimewa (di laga kali ini) karena mereka (para penggemar) menyaksikan kami melakukan segala hal yang kami bisa demi memenangkan pertandingan. Old Trafford sangat hidup, itulah alasan kami mendapat hasil baik,” sambung Fernandes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nyaris Jadi Antagonis

Sekadar informasi, Bruno Fernandes sejatinya nyaris menjadi antagonis dalam laga MU vs Barcelona, kalau saja rekan-rekannya tak sanggup membalikkan keadaan dan mencuri kemenangan atas tim tamu.

Angka pertama yang didapat Blaugrana lewat titik putih bersumber dari kesalahanya. Eks penggawa Sporting CP itu melakukan pelanggaran terhadap Alejandro Balde di kotak terlarang. Alhasil, wasit menghadiahkan tendangan penalti buat Barca.

Fernandes tak ingin banyak berkomentar mengenai kejadian tersebut. Walau demikian, ia merasa aksi itu harusnya tak berbuah hukuman lantaran penggawa Barcelona juga menggunakan lengan seperti dirinya.

“Hal yang saya katakan tak bakal mengubah (keputusan) itu, tetapi saya rasa (kejadian tersebut) terlalu lunak karena kami berdua sama-sama mencoba mempertahankan posisi. Kami sama-sama menggunakan lengan, tetapi begitulah keputusannya,” tutur sang pemain.

“Saya tidak ingin berkomentar karena saya bisa dihukum akibat hal itu. Mereka selalu benar dan saya tidak bisa berbuat apa-apa tentangnya,” pungkas pesepak bola berusia 28 tahun tersebut, dilansir dari Mirror.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

MU tampil cukup percaya diri di kandang sendiri. Setan Merah bahkan hampir unggul cepat di menit kedua. Bruno Fernandes lolos dari jebakan off-side, tetapi sepakannya masih bisa dimentahkan oleh kiper Barcelona Marc Andre ter-Stegen.

Barca balas mengancam satu menit kemudian melalui aksi winger Raphinha. Malang, tembakan pemain asal Brasil tersebut meleset dari sasaran.

Di menit 18, Barcelona mendapat hadiah penalti setelah beknya Alejandro Balde dilanggar Bruno Fernandes di kotak terlarang. Robert Lewandowski yang turun sebagai eksekutor mampu mengonversi kesempatan ini menjadi gol, sehingga membawa Barca memimpin 1-0.

Setan Merah menemui jalan buntu sampai pengujung babak pertama. Namun, anak-anak asuh Ten Hag langsung tancap gas pasca turun minum. Hanya butuh waktu dua menit bagi Fred untuk menyamakan skor setelah menyelesaikan umpan dari Bruno Fernandes.

Setan Merah tampil makin dominan. Sejumlah peluang berhasil diciptakan walau belum ada yang berbuah gol tambahan. Keadaan baru berbalik di menit 73. Kali iini giliran Antony yang mencatatkan nama di papan skor setelah menyambar bola liar di kotak penalti Barcelona.

Xavi Hernandez mencoba membuat sejumlah perubahan demi menyamakan skor. Akan tetapi, Barcelona kehabisan waktu. Skor 2-1 untuk keunggulan tim tuan rumah bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

4 dari 4 halaman

Jaga Asa Trofi

Hasil dominan atas Blaugrana menghidupkan asa Setan Merah untuk merebut empat trofi musim ini. Sekadar informasi, MU masih akan melakoni pertandingan final Carabo Cup melawan Newcastle United pada Minggu (26/2/2023).

Posisi anak-anak asuh Ten Hag di klasemen sementara Liga Inggris juga tak buruk-buruk amat. MU menghuni urutan tiga dengan koleksi 49 poin dari 24 pertandingan

Bruno Fernandes dan kolega harus mengumpulkan lima angka tambahan jika ingin mengkudeta Arsenal yang bertengger di puncak usai menorehkan 54 poin dari 23 laga.

Sementara itu di Piala FA, Setan Merah dijadwalkan melakoni duel putaran kelima kontra West Ham di Stadion Old Trafford pada Kamis (2/3/2023) pukul 02.45 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.