Sukses

Pemilik Twitter dan Tesla Elon Musk Tertarik Ambil Alih Kepemilikan MU

Pemilik Twitter dan Tesla Elon Musk dikabarkan akan mengajukan tawaran 4,5 miliar pounds atau sekitar Rp 83 triliun untuk membeli MU.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United saat ini dimiliki keluarga Glazer. Namun, mereka telah mengumumkan siap menjual juara Liga Inggris 20 kali tersebut.

Setelah pengumuman itu, banyak peminat yang tertarik mengambil alih MU. Keluarga Glazer dilaporkan telah menerima tawaran dari Qatar.

Sir Jim Ratcliffe, orang terkaya Inggris, juga tertarik membeli Man Utd. Kabar terbaru menyebutkan Elon Musk juga berminat untuk menjadi pemilik baru Setan Merah.

Menurut Mike Keegan dari Daily Mail, pemilik Twitter dan Tesla itu akan mengajukan tawaran 4,5 miliar pounds atau sekitar Rp 83 triliun. Musk diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar 157 miliar pounds dan menurut Forbes, dia adalah orang terkaya kedua di dunia pada 2022.

"Elon Musk diyakini tertarik untuk melakukan langkah 4,5 miliar pounds untuk membeli Man Utd," kata Mike Keegan di akun Twitternya.

Keluarga Glazer membeli Man United pada 2005 lalu dengan harga 942 juta dolar Amerika Serikat. Tapi, kepemimpinan keluarga Glazer sering mendapat kritik dari fans Setan Merah.

Tak hanya itu, Cristiano Ronaldo bahkan pernah mengkritik mengkritik infrastruktur klub serta fasilitas pelatihan. "Keluarga Glazers, mereka tidak peduli dengan klub. Maksud saya, olahraga profesional," kata Ronaldo dalam wawancara terkenalnya dengan Piers Morgan

"Seperti yang Anda tahu, Manchester adalah klub pemasaran. Mereka akan mendapatkan uang dari pemasaran olahraga, itu, mereka tidak terlalu peduli, di pendapat saya," imbuh bintang Portugal itu.

Ditanya komentar Ronaldo, Avram Glazer mengatakan: "Saya akan bercerita tentang Cristiano Ronaldo. Dia adalah pemain Manchester United yang hebat, saya menghargai semua yang dia lakukan untuk klub dan saya berharap yang terbaik untuknya di masa depan, terima kasih banyak."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terpecah belah

Persaingan mendapatkan saham mayoritas Manchester United mulai mengerucut ke konsorsium asal Qatar dan Sir Jim Ratcliffe. Namun, proses pergantian kepemilikan bisa lebih lama dari perkiraan awal pada Maret 2023.

Daily Mail, Minggu (12/2/2023), melaporkan penjualan MU bisa ngaret. Ini karena situasi di keluarga Glazer yang terpecah soal nominal penjualan Setan Merah.

Keluarga Glazer sebenarnya sudah menugaskan penasihat keuangan Amerika, The Raine Group, untuk menemukan orang yang mau membeli klub tersebut dengan harga sekitar 6-7 miliar pounds.

Tetapi, salah satu dari keluarga Glazer secara pribadi menyadari tawaran bisa jauh lebih rendah. Kondisi keuangan global yang sedang sulit membuat salah satu anggota keluarga Glazer bersedia menerima jika penjualan MU cuma menghasilkan lima miliar pounds.

Namun, sebagian besar keluarga Glazer lainnya tetap yakin bisa meraup sampai 7 miliar pounds. Mereka berharap adanya perang penawaran bisa mendongkrak harga jual MU.

 

3 dari 3 halaman

Merugikan MU

Proses pergantian pemilik yang lama akan sangat merugikan Manchester United. Manajer Erik ten Hag bakal kesulitan membeli pemain baru jika proses belum rampung hingga bursa transfer musim panas 2023 dibuka lagi.

MU terpaksa tak membeli pemain di bursa transfer Januari karena proses pergantian pemilik ini. Setan Merah cuma bsisa meminjam tiga pemain, yakni Jack Butland, Wout Weghorst dan Marcel Sabitzer.

Dengan akan menjual kepemilikan MU, keluarga Glazer sudah tidak mau mengucurkan dana segar untuk dipakai Ten Hag belanja pemain di bursa transfer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Elon Musk adalah salah satu miliarder dunia yang berasal dari AS.

    Elon Musk

  • Twitter adalah salah satu aplikasi sosial media.

    Twitter

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Tesla

  • Berita Bola