Sukses

Piala Asia U-20 2023: Shin Tae-yong Mohon Klub Liga 1 Izinkan Pemainnya Gabung ke TC

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memohon kepada klub Liga 1: Persija dan Persib untuk mengizinkan pemainnya bergabung dengan pemusatan latihan (TC) dalam rangka persiapan Piala Asia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memohon dengan sungguh kepada duo klub papan atas Liga 1: Persija dan Persib untuk melepas pemainnya agar bisa menghadiri pemusatan latihan (TC) dalam rangka persiapan Piala Asia U-20 2023.

Seperti diketahui, Garuda Nusantara saat ini tengah digeber jadwal latihan superpadat oleh Shin Tae-yong. Skuad Timnas Indonesia U-20 dipanggil mengikuti TC di Jakarta yang berlangsung sejak awal bulan ini hingga pengujung Februari mendatang.

Sayangnya, masih terdapat sejumlah nama yang belum bergabung dengan tim racikan Shin Tae-yong. Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, dan Alfriyanto Nico belum dilepas oleh Persija Jakarta.

Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah Cecep Surya juga tak kunjung diizinkan bertolak oleh Persib Bandung. Sementara itu, dua penggawa lain yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sedang berada di luar negeri.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sejatinya sudah sempat mengajukan permohonan kepada pihak klub untuk segera mengirim pemainnya mengikuti TC di Jakarta.

Sosok yang bakal segera mengakhiri masa jabatan sebagai orang tertinggi federasi sepak bola Tanah Air itu mengeklaim kehadiran para pemain sangat diperlukan untuk melengkapi Timnas Indonesia U-20 jelang menghadapi persaingan di Piala Asia.

“Saya memohon dengan hormat agar pemain-pemain yang masuk dalam list timnas untuk segera dikirim ke tempat latihan mereka karena memang dibutuhkan untuk melengkapi tim tersebut,” ujarnya kepada Liputan6.com saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permohonan Shin Tae-yong

Juru taktik Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun tak ketinggalan mengutarakan permintaan serupa. Eks pelatih Taeguk Warriors mengeklaim ketidakhadiran sejumlah penggawa menyebabkan munculnya masalah dalam skuad asuhannya.

Ia juga merasa gelisah dan bingung lantaran tak bisa mempersiapkan tim secara maksimal. Oleh sebab itu, ia meminta Persija dan Persib untuk membantu menyukseskan upaya Garuda Nusantara dengan mengizinkan para pemain bergabung ke TC.

“(Situasi ini) sangat menjadi masalah, karena pemain-pemain yang belum datang dan belum bergabung itu memang pemain inti timnas. Jadi, saya pun tidak bisa berbuat apa-apa saat latihan,” ujarnya usai memimpin latihan timnas di Lapangan C SUGBK, Rabu (8/2/2023).

“Hati saya merasa gelisah dan bingung sekali karena Pak Presiden dan Pak Menpora pun selalu bicara (bahwa) masyarakat berharap Indonesia bisa berprestasi, tetapi saya juga sangat bingung karena situasi saat ini,” katanya lagi.

3 dari 3 halaman

Proyek Negara

Sekadar informasi, kompetisi Piala Asia U-20 2023 bukanlah agenda biasa buat Timnas Indonesia. Turnamen tersebut boleh dikata merupakan ajang persiapan sekaligus tolok ukur bagi Garuda Nusantara sebelum mentas di Piala Dunia U-20 2023.

Adapun dalam FIFA World Cup U-20, Indonesia bakal bertindak sebagai tuan rumah. Pasukan Merah Putih nantinya juga harus meladeni perlwananan tim-tim yang lebih kuat. Maka, tak heran jika Shin Tae-yong dan Iwan Bule amat serius menanggapi situasi saat ini.

“Waktu Liga 1 mau bergulir kembali, memang syaratnya seperti itu ya, ketika ada pemanggilan pemain untuk timnas, harus bisa dilepas oleh klubnya. Dengan syarat itu, maka Liga 1 bisa bergulir,” ungkap Shin Tae-yong.

“Saya juga bisa mengerti pihak klub seperti apa. Pastinya mereka ingin juara dan menang di liga. Akan tetapi, ini proyek negara, untuk Piala Dunia U-20. Jadi harus sama-sama kita bantu dan harus bisa mengorbankan diri untuk proyek negara ini.”

“Apalagi turnamen yang kita siapkan ini bukan turnamen AFF atau Asia Tenggara, tetapi FIFA World Cup. Jadi tim-tim yang kita lawan nanti pasti kemampuannya lebih tinggi dan lebih baik dari tim kita. Kalau situasinya seperti sekarang, ya tidak akan bisa berprestasi. Jadi, saya mohon sebesar-besarnya agar bisa dibantu dari klub, saya benar-benar minta tolong,” tandas STY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.