Sukses

Jonathan Rea Waspada Ancaman Debutan di WSBK 2023

Kehilangan takhta dua musim terakhir, juara dunia World Superbike (WSBK) enam kali Jonathan Rea cemas menghadapi musim 2023. Sebab, selain Toprak Razgatlioglu atau Alvaro Bautista, dia juga perlu memikirkan para rookie.

Liputan6.com, Jakarta - Kehilangan takhta dua musim terakhir, juara dunia World Superbike (WSBK) enam kali Jonathan Rea cemas menghadapi musim 2023. Sebab, selain Toprak Razgatlioglu atau Alvaro Bautista, dia juga perlu memikirkan para rookie.

Rea menyebut para pendatang baru sebagai ancaman yang patut diperhitungkan. Penilaiannya tidak salah karena mayoritas pernah memenangkan balapan pada kejuaraan yang mereka ikuti sebelumnya. Beberapa bahkan jadi juara dunia.

Ada Danilo Petrucci yang kenyang pengalaman di MotoGP. Juga siap bersaing juara dunia Moto2 Remy Gardner dan juara dunia WorldSSP Dominique Aegerter. Tidak ketinggalan Lorenzo Baldassarri dan Bradley Ray.

"WSBK musim ini memiliki banyak pembalap bertalenta. Para rider yang keluar digantikan pengganti yang lebih berkualitas. Kedatangan mereka membuat persaingan di depan balapan bakal makin sengit," ungkap Rea, dilansir Crash.

Dengan situasi tersebut, Rea memilih fokus ke diri sendiri. Dia tidak akan memikirkan para rival dan konsentrasi mengatur komposisi Ninja ZX-10RR agar bisa bersaing.

Sosok asal Irlandia Utara itu bakal menggunakan tes pramusim sebaik mungkin demi memaksimalkan tunggangan. Usai Jerez, dia berkesempatan mencoba pengaturan lain di Portimao dan Phillip Island.

"Saya memikirkan motor sendiri. Kami mengambil langkah positif, tapi banyak yang perlu dibenahi. Portugal jadi kesempatan untuk mencari susunan terbaik dan mematangkannya di Australia," ungkapnya.

Rea menempati posisi dua pada tes pramusim di Jerez. Dia cuma tertinggal 0,083 detik di belakang Razgatlioglu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ancaman Petrucci

Kekhawatiran Rea bukan tanpa alasan. Petrucci siap meramaikan WSBK 2023 dan sudah membuktikan kemampuan bersaing pada tes pramusim yang berlangsung di Jerez.

"Saya senang berada di paddock WSBK. Saya harus jujur sangat gugup. Dalam dua tahun terakhir, saya terbiasa dengan pengalaman baru. Tapi, untuk kali ini, saya merasakan tekanan lebih besar," ungkap Petrucci, dilansir Crash.

"Motor yang saya tunggangi mirip dengan MotoAmerica, tapi menggunakan ban berbeda. Saya puas melihat hasil tes. Catatan waktu saya tidak buruk. Saya sedikit lelah di akhir sesi dan tidak punya kesempatan memperbaikinya memakai ban baru," sambung sosok asal Italia tersebut.

Petrucci melanjutkan petualangan setelah sebelumnya sempat mengikuti Reli Dakar dan MotoAmerica usai meninggalkan MotoGP pada 2021.

Jadi pembalap pengganti bagi Suzuki Ecstar di MotoGP 2022, Petrucci akan berkompetisi rutin di WSBK 2023 bersama Barni Ducati Team. Dia berada di 10 besar pada tes Jerez, akhir pekan lalu, tertinggal 1,042 detik dari rider tercepat Toprak Razgatlioglu dari Yamaha.

Petrucci mengantongi dua kemenangan di MotoGP (2012-2021). Dia lalu berjaya pada 16 kesempatan untuk jadi runner-up di MotoAmerica (2002).

 

3 dari 3 halaman

WSBK 2023

WSBK 2023 dibuka di Phillip Island, Australia, pada 25-26 Februari. Seri selanjutnya menuju Mandalika, Indonesia, 3-4 Maret.

Kompetisi dijadwalkan menghadirkan 12 putaran. Namun, Dorna selaku operator baru mengumumkan 11 lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    WSBK atau akrab dikenal World Superbike merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

    WSBK

  • Jonathan Rea adalah pembalap di ajang World Superbike (WSBK) yang telah mengantongi enam gelar juara dunia
    Jonathan Rea adalah pembalap di ajang World Superbike (WSBK) yang telah mengantongi enam gelar juara dunia

    Jonathan Rea

  • World Superbike atau akrab dikenal WSBK merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia
    World Superbike atau akrab dikenal WSBK merupakan ajang balap motor terbesar selain MotoGP yang ada di dunia

    World Superbike

  • WSBK 2023