Sukses

Tumbal Kedatangan Ronaldo di Al Nassr, Diputus Kontrak hingga Jabatan Kapten Hilang

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo melakukan debut yang telah lama ditunggu-tunggu untuk tim barunya, Al Nassr. Sekitar tiga minggu setelah kontraknya yang fantastis, sang megabintang asal Portugal itu akhirnya memperkuat Al Nassr di Liga Arab Saudi.

Ronaldo terpaksa harus menanti laga resminya bersama Al Nassr menyusul larangan dua pertandingan yang diberlakukan oleh FA Inggris.

Waktu yang dinanti akhirnya tiba, Ronaldo tampil untuk Al Nassr saat mengalahkan Ettifaq FC 1-0 pada lanjutan Saudi Pro League di stadion Mrsool, Mingggu (22/1/2023).

Mantan bintang Manchester United itu tidak hanya dimasukkan ke dalam starting line-up, namun ia juga langsung diangkat menjadi kapten tim.

Keputusan untuk menjadikan Ronaldo sebagai kapten terbilang menarik, setelah berbulan-bulan perdebatan seputar periode keduanya Old Trafford.

Selama satu tahun kembali ke MU pada Agustis 2021 hingga November 2022, ada berbagai laporan perpecahan di ruang ganti, dengan banyak yang percaya bahwa Ronaldo harus diberi peran sebagai kapten menggantikan Harry Maguire.

Ronaldo memang pernah diberi kepercayaan oleh Ole Gunnar Solskjaer, Ralf Rangnick dan kemudian Erik ten Hag. Namun, ketiga manajer MU itu tidak memilih secara permanen.

Berbeda dengan pelatih Al Nassr, Rudi Garcia, yang tidak ada keraguan dan membiarkan superstar barunya memimpin tim di Stadion Mrsool Park.

Tapi, keputusan Garcia berpotensi menimbulkan perpecahan dalam mengganti kapten di tengah perebutan gelar.

Al-Nassr sudah mantap bersaing di puncak klasemen sebelum kedatangan Ronaldo, berharap meraih kemenangan liga pertama sejak 2019.

Dipilihnya Ronaldo sebagai kapten membuat Abudullah Madu menjadi orang yang kehilangan jabatannya meski sudah berada di klub selama lebih dari satu dekade.

Pemain internasional Arab Saudi telah bersama Al-Nassr sejak 2012, mengangkat gelar Liga Pro dalam tiga kesempatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Respons Abudullah Madu

Akan tetapi, Abudullah Madu tampaknya telah menerima dengan lapang dada bahwa statusnya kini bukanlah kapten lagi dan jabatan itu kini dipegang Ronaldo.

Seperti dilaporkan Mirror, Abudullah memberikan respons di postingan Instagram Ronaldo setelah kemenangan dalam debutnya di Arab Saudi.

Madu adalah salah satu pemain pertama yang menanggapi tersebut, yang berbunyi: “Pertandingan pertama, kemenangan pertama - kerja bagus teman-teman," tulis Ronaldo dalam unggahannya.

"Terima kasih kepada semua penggemar atas dukungan yang luar biasa,” dengan sang bek Saudi menambahkan emoji hati biru dan kuning - warna Al-Nassr - di balasan.

 

3 dari 5 halaman

Dibuang Gara-gara Ronaldo Datang

Madu mungkin lebih beruntung cuma kehilangan jabatan kapten di Al Nassr. Nasib tragis harus dialami bintang Timnas Kamerun Vincent Aboubakar. Dia terpaksa didepak demi memberi ruang bagi megabintang asal Portugal.

Al-Nassr memutus kontrak Aboubakar pada akhir Desember 2021. Langkah menyakitkan tersebut diambil agar pihak klub bisa mendaftarkan CR7 sebegai pemain di Liga Arab Saudi.

CR7 tercatat tiba di Al-Nassr ketika slot pemain asing dalam klub tersebut sudah penuh. Padahal, peraturan Liga Arab Saudi menegaskan tiap-tiap skuad tak diizinkan memiliki lebih dari delapan pemain luar negeri di timnya.

Alhasil, Ronaldo belum bisa didaftarkan. Al-Nassr mau tak mau harus mendepak setidaknya satu pemain agar bisa mengakomodasi rekrutan anyarnya. Nasib malang pun menimpa Vincent Aboubakar. Ia menjadi sosok yang dikorbankan oleh pihak klub.

4 dari 5 halaman

Kata Pelatih soal Debut Ronaldo

Ronaldo harus berterima kasih kepada rekan satu tim karena membantunya mendapatkan kemenangan dengan Anderson Talisca mencetak satu-satunya gol. Pemain Brasil itu adalah bintang pertandingan dan membuktikan bahwa tidak semuanya cerita di Al Nassr terkait Ronaldo.

Rudi Garcia juga mengakui bahwa Ronaldo dan pemain lainnya perlu beradaptasi dengan cepat. Dia menilai ada perubahan dalam timnya setelah kedatangan Ronaldo. Para pemain lebih fokus memberikan bola kepada eks Manchester United itu.

"Sangat penting bagi para pemain untuk bermain secara normal dan tidak selalu berusaha memberikan bola kepada Cristiano. Saya memberi tahu mereka bahwa mereka harus membuat pilihan yang tepat di lapangan, ”kata Garcia.

Jelas ketika Cristiano atau Talisca sendirian dan meminta bola, kami harus memberi mereka bola. Kedua pemain ini mampu membuat perbedaan

“Malam ini, saya pikir terkadang kami memiliki posisi yang bagus untuk melakukan umpan silang tetapi tidak cukup banyak orang di dalam kotak – dan terkadang tidak ada Ronaldo dan tidak ada Talisca. Kami perlu mengusahakannya, untuk memiliki salah satu dari mereka di dalam kotak dan mungkin yang lain bermain di luar kotak," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Statistik Ronaldo

Ronaldo bermain jauh di bawah ekspektasi. Hal itu terlihat dari penilaian salah satu aplikasi yang khusus memberikan ratting pemain di setiap pertandingan, FotMob.

Megabintang asal Portugal tersebut mendapatkan rating 6.9. Nilai tersebut menjadi yang terburuk kedua dari rekan setimnya yang merupakan pemain lokal Arab Saudi, Abdulrahman Ghareeb.

Pemain 25 tahun itu mendapatkan ratting terendah 6,3..Ronaldo membuat empat tembakan dan hanya satu yang tepat sasaran di pertandingan melawan Al-Ettifaq. Upayanya kurang efektif ketimbang Talisca, yang membuat dua shots on target dan satu berujung gol untuk Al Nassr.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS