Sukses

Unggulan 1 Mundur dari Indonesia Masters 2023, Salah Satunya Viktor Axelsen

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan peserta kompak mundur dari Indonesia Masters 2023 yang berlangsung 24-29 Januari di Istora Senayan. Beberapa di antaranya adalah unggulan pertama.

Favorit di tunggal putra Viktor Axelsen mengumumkan langkah itu tidak lama usai final India Open 2023, Minggu (22/1/2023). Sosok asal Denmark ini merasa fisiknya kedodoran usai mencapai laga puncak dua turnamen beruntun.

Di India Open, Axelsen harus mengakui keunggulan jagoan Thailand Kunlavut Vitidsarn. Sepekan sebelumnya di Malaysia Open, Axelsen jadi juara dengan mengalahkan Kodai Naraoka asal Jeepang.

"Sayangnya saya tidak akan pergi ke Indonesia. Saya menanti kesempatan bermain di depan suporter luar biasa Indonesia di Istora. Tapi tubuh saya tidak siap untuk kembali bersaing," kata Axelsen di media sosial.

BWF menyusun empat turnamen beruntun pada awal tahun 2023. Setelah Malaysia Open (Super 1000) dan India Open (Super 500), berlangsung Indonesia Masters (Super 500) pekan ini. Sedangkan Thailand Masters (Super 300) yang bergulir 31 Januari-5 Februari

Axelsen bukan satu-satunya nama besar yang memilih rehat di tengah padatnya jadwal tersebut. Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Bambang Roedyanto mengumumkan atlet lain yang absen di Indonesia Masters 2023 melalui akun Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pemain Lain

Di tunggal putra, Vitidsarn, Rasmus Gemke (Denmark), Sameer Verma (India), Parupalli Kashyap (India), Darren Liew (Malaysia), dan Soong Joo Ven (Malaysia) juga mundur.

Di tunggal putri, Chen Yu Fei (China) dan Lalinrat Chaiwan (Thailand) bakal absen.

Dari ganda putra, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia), Lu Ching-yao/Yang Po-han (Chinese Taipei), MR Arjun/Dhruv Kapila (India), dan Lasse Molhede/Jeppe Bay (Denmark) berhalangan.

Sedangkan Wakana Nagahara/Mayu Matsumoto (Jepang) dan Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva (Bulgaria), Zheng Yu/Du Yue (China), dan Shruti Mishra/Nelakurihi Sikki Reddy (India) menghilang di ganda putri.

Di ganda campuran, pasangan yang absen adalah Terry Hee Yong Kai/Jessica Tan Wie Han (Singapura), Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby (Denmark), dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

Tidak ada nama Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti pada daftar ini. Artinya, jagoan Indonesia ini bakal tetap beraksi di depan pendukung sendiri. Sebelumnya partisipasi mereka diragukan karena Fadia cedera engkel pada semifinal Malaysia Open.

 

3 dari 3 halaman

Wakil Indonesia Bisa Bertambah

Mundurnya sejumlah atlet tersebut berdampak pada lowongnya posisi. Atlet muda Indonesia pun mendapat kesempatan tampil.

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay dan Christian Adinata kini hadir di kualifikasi tunggal putra, dengan Putri Kusuma Wardani hadir di kualifikasi tunggal putri.

Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat masuk kualifikasi ganda putra, sementara Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani melaju ke babak utama.

Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa dan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani hadir di kualifikasi ganda putri. Di ganda campuran, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata kini berjuang dari kualifikasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS