Sukses

Hasil India Open 2023: Menangkan Perang Saudara, Fajar/Rian Tembus ke Perempat Final

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengamankan tiket ke babak perempat final India Open 2023 usai menaklukkan kompatriotnya Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dengan dua gim langsung, 21-17 dan 21-18.

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengamankan tiket ke babak perempat final India Open 2023.

Kepastian ini diperoleh usai Fajar/Rian menaklukkan rekan senegaranya Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dengan dua gim langsung, 21-17 dan 21-18, dalam pertandingan fase 16 besar yang dihelat pada Kamis (19/1/2023).

Fajar/Rian dan Bagas/Fikri sejatinya bersaing sengit di awal gim pertama. Keduanya tampil agresif dan saling jual beli serangan. Ganda putra peringkat satu dunia berhasil mencatatkan skor dominan lebih dulu di kedudukan 5-3.

Akan tetapi, Bagas/Fikri dengan cepat mampu menyamakan kedudukan dan berbalik memimpin 5-6. Kedua pasangan terlibat drama kejar-kejaran poin setelahnya. Fajar/Rian akhirnya mengambil alih kendali dan unggul tipis 11-10 saat interval.

Fajar/Rian mencoba mempertahankan dominasi selepas jeda. Akan tetapi, pasangan peraih gelar juara All England 2022 juga cukup aktif melancarkan serangan, yang membuat torehan skor kedua pasangan kembali imbang 12-12.

Duo senior kembali bangkit dengan mengumpulkan tambahan dua angka berturut-turut. Di sisi lain, Bagas/Fikri berupaya menghentikan tren positif yang dibangun kompatriotnya. Service error Fajar/Rian sempat memberi angin segar buat ganda putra muda Indonesia.

Malang, Bagas/Fikri justru kehilangan momentum mendekati poin-poin kritis. Fajar/Rian tampil lebih perkasa di pengujung gim pertama. Mereka sukses menuntaskan perlawanan rekan senegaranya dengan skor akhir 21-17.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gim Kedua

Bagas/Fikri mencoba membalas kekalahan di gim kedua. Mereka tampil lebih alot hingga berhasil memaksa Fajar/Rian berada di posisi minor 3-5. Sayangnya, tren positif itu tak bertahan lama.

Dalam sekejap, ganda putra peringkat satu dunia sukses menyamakan skor menjadi 5-5. Drama kejar-kejaran poin pun kembali tersaji. Fajar/Rian lagi-lagi unggul tipis 11-10 saat interval. Keduanya langsung melesat selepas jeda dengan mengumpulkan tiga poin beruntun.

Ganda putra senior Indonesia masih memimpin hingga mendekati poin-poin kritis. Akan tetapi, Bagas/Fikri secara mengejutkan mampu mengikis ketertinggalan menjadi 19-18.

Malang, momentum ini lagi-lagi tak bertahan lama. Fajar/Rian balas mendapat tambahan dua angka berturut-turut, sehingga laga berakhir dengan skor 21-18 untuk keunggulan ganda putra peringkat satu dunia.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Lapangan 1:

Pertandingan ke-1: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China); 16-21, 9-21

Pertandingan ke-3: Jonatan Christie vs Zhao Jun Peng (China)

Pertandingan ke-4: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China)

Pertandingan ke-12: Gregoria Mariska Tunjung vs An Se Young (Korea Selatan)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

Lapangan 2:

Pertandingan ke-2: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto; 17-21, 18-21

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

Lapangan 3:

Pertandingan ke-9: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Kyohei Yamashita/Naru Shinoya (Jepang)

Pertandingan ke-12: Anthony Sinisuka Ginting vs Kantaphon Wangcharoen (Thailand)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan kelima dimulai pukul 13.30 WIB, sementara pertandingan ke-9 dimulai pukul 16.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.