Sukses

Thailand Juara, Gianni Infantino Tertarik Jadikan Piala AFF Masuk Kalender FIFA

Gianni Infantino menonton langsung final Piala AFF 2022 antara Thailand melawan Vietnam. Dia ingin Piala AFF masuk kalender FIFA.

Liputan6.com, Jakarta Presiden FIFA, Gianni Infantino turut menghadiri leg 2 final Piala AFF yang mempertandingkan Thailand melawan Vietnam di stadion Thammasat, Bangkok, Senin (16/1/2023). Thailand merebut kemenangan sekaligus menyegel gelar juara usai menang 1-0 atas Vietnam atau agregat 3-2.

Ini menjadi gelar ketujuh Thailand di Piala AFF. Sengitnya persaingan di Piala AFF membuat Gianni Infantino tergugah. Dia percaya kalau Piala AFF yang digelar sejak 1996 sudah sepantasnya masuk kalender FIFA.

"Piala AFF seharusnya dinaikkan statusnya menjadi turnamen yang masuk kalender FIFA. Kami harus pastikan liga ini terus berkembang. Saya percaya kalau kita bekerja sama, Piala AFF bakal terus menjadi besar di bawah persetujuan FIFA," kata Infantino seperti dikutip Zingnews.

"Turnamen ini dianggap sebagai event penting buat wilayah ini, dengan populasi lebih dari 650 juta orang, orang-orang di regional ini semua bergairah dengan sepak bola. Ditambah, selama tiga tahun terakhir, negara Asia Tenggara raih prestasi bagus di sepak bola baik putra maupun putri," dia menambahkan.

Saat ini, Piala AFF memang tak masuk kalender FIFA. Maka itu, banyak klub yang tak melepas pemain mereka termasuk Timnas Indonesia yang tak bisa memanggil Sandy Walsh dan Elkan Baggott.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Main di Piala Dunia

 

Gianni diundang Presiden AFF, Khiev Sameth ke Thailand untuk menonton final Piala AFF. Dia juga memberikan trofi kepada pemenang yaitu Thailand yang diwakili sang kapten Therathon Bunmathan.

Gianni Infantino berharap negara Asia Tenggara terus maju sepak bolanya. Dia berharap ada salah satu negara di Asia Tenggara yang bisa tembus Piala Dunia 2026.

"Saya berharap setidaknya da satu tim di Asia Tenggara yang ikut di Piala Dunia 2026. Soalnya slot Piala Dunia untuk negara Asia naik 8,5 persen. Anda tentu punya peluang. Apalagi negara-negara di Asia Tenggara mencintai sepak bola dan terus berkembang dalam beberapa tahun ini, saya berharap yang terbaik," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Puji Thailand

 

Infantino mengaku senang bisa menyaksikan duel seru antara Thailand melawan Vietnam. Dia bisa merasakan langsung atmosfer menarik di regional ini.

"Selamat untuk Thailand atas kemenangan mereka dan juga Vietnam yang juga mencapai final. Kejuaraan regional seperti ini bagus sekali untuk mengangkat prestasi tim nasional," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.