Sukses

KP Umumkan Bakal Calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI: Ada Menpora dan Raffi Ahmad

Komite Pemilihan (KP) KLB telah mengumumkan bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif (exco) PSSI yang akan menakhodai federasi sepanjang periode 2023-2027.

Liputan6.com, Jakarta - Komite Pemilihan (KP) KLB PSSI telah mengumumkan bakal calon ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif (exco) yang akan menakhodai federasi sepanjang periode 2023-2027.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KP Amir Burhanudin melalui konferensi pers yang dihelat di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta, Senin (16/1/2023) malam.

Terdapat total lima orang yang mendaftarkan diri menjadi bakal caketum PSSI. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir, dan Fary Djemy Francis.

Adapun bursa pencalonan wakil ketua umum diramaikan oleh 17 nama, yang terdiri atas 15 laki-laki dan dua perempuan, sudah termasuk mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha. Ada pula satu nama yang menuai perhatian, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Sementara itu, terkait bakal calon komite eksekutif, sebanyak 78 orang dilaporkan telah maju mencalonkan diri untuk duduk di kursi kepengurusan periode 2023-2027. Satu di antaranya adalah publik figur sekaligus pemilik RANS Nusantara FC Raffi Ahmad.

Sekadar informasi, pendaftaran bakal calon ketum, waketum, dan exco PSSI sudah ditutup sejak Senin (16/1/2023) pukul 18.00 WIB.

Terdapat satu nama yang tidak diikutsertakan lantaran didaftarkan melebihi batas waktu 18.00 WIB. Adapun pengajuan bakal calon tersebut baru diterima pukul 19.17 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tahapan Verifikasi

Amir menegaskan bahwa daftar nama bakal calon yang diumumkan malam ini merupakan data mentah. Nama-nama tersebut masih harus diverifikasi sebelum kemudian diumumkan menjadi daftar calon sementara.

"Ini adalah data mentah dan akan dilakukan verifikasi oleh komite pemilihan. Dari data-data tersebut, memungkinkan nama-nama yang sudah tidak boleh dicalonkan, atau mungkin yang merasa tidak mencalonkan, tetapi dicalonkan oleh anggota."

"Atau bisa jadi, nama-nama kami yang ada di KP yang semestinya tidak boleh mencalonkan, tetapi diusulkan. Jadi itu nanti akan dilakukan proses verifikasi yang (kemudian) akan diumumkan menjadi daftar calon sementara," ujarnya pada Senin (16/1/2022) malam.

Adapun tahapan terdekat setelah ini ialah penyampian berkas-berkas yang harus dilengkapi apabila terdapat kekurangan dari masing-masing bakal calon, mulai tanggal 19-21 Januari 2023.

3 dari 3 halaman

Daftar Nama Calon

Berikut adalah daftar lengkap nama-nama sosok yang maju dalam bursa pencalonan bakal caketum dan waketum PSSI periode 2023-2027, seperti disampaikan oleh KP.

Bakal Caketum

  1. La Nyalla Mattalitti
  2. Arif Putra Wicaksono
  3. Doni Setiabudi
  4. Erick Thohir
  5. Fary Djemy Francis

Bakal Cawaketum

  1. Ahmad Riyadh
  2. Ahmad Syauqi Soeratno
  3. Andre Rosadie
  4. Azrul Ananda
  5. Doni Setiabudi
  6. Duddy S. Sutandi
  7. Fary Djemy Francis
  8. Hasani Abdul Gani
  9. Hasnuryadi Sulaiman
  10. Iwan Budianto
  11. Juni Ardianto Rachman
  12. Maya Damayanti
  13. Ratu Tisha
  14. Sadikin Aksa
  15. Yesayas Oktavianus
  16. Yunus Nusi
  17. Zainudin Amali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.