Sukses

Atlet Nasional Lalu Muhamad Zohri Beri Semangat Peserta di Kejurnas Atletik Pelajar 2023

Kejuaraan nasional atletik pelajar 2023 atau Student Athletic Championship digelar di stadion Madya pada 11-13 Januari 2023

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan nasional atletik pelajar atau Student Athletic Championship (SAC) 2023 sudah memasuki tahap final. National Championship SAC Indonesia berlangsung di stadion Madya pada 11-13 Januari 2023. 336 pelajar berstatus yang terbaik dari sembilan regional qualifiers ambil bagian di National Championship.

Sebelum memulai berlomba di babak penyisihan, Kamis (12/1), mereka diajak melakukan trial track dan mengikuti sesi athletic clinic bersama atlet profesional di Stadion Madya, Jakarta. Atlet nasional yang memberikan pembekalan antara lain Lalu Muhammad Zohri (sprint), Valentin Vanesa Lonteng (sprint), Febri Prasetyo (long jump), Mutiara Oktarani (middle distance), Tyas Murtiningsih (relays), dan Eki Febri Ekawati (shot put).

Keenam atlet andalan Indonesia itu memberikan berbagai tips dan trik kepada peserta SAC Indonesia National Championship. Sesuai dengan nomor andalan masing-masing. Selain itu, para student-athlete dari sembilan regional qualifiers ini juga mendapat kesempatan untuk bertanya langsung kepada para jagoan tim Merah Putih ini.

"Saya berharap SAC Indonesia terus berjalan dengan baik dan muncul atlet-atlet hebat lainnya. Buat peserta National Championship tetap semangat berlatih untuk bertanding besok. Selalu ingat, kegagalan tidak akan didapat kalau kamu tidak menyerah,” kata Zohri seperti dikutip antara.

Zohri mengaku akan memberikan tips and trick memakai start block yang menurutnya susah-susah gampang.

“Kalau ada waktu nanti boleh saya ingin kasih tips pakainya. Karena dulu saat jadi pemula saya juga sedikit agak tidak nyaman. Tetapi sekarang sudah terbiasa,” kata Zohri.

Para atlet nasional itu juga turut dalam gelaran Invitasi Atletik Nasional 2023 yang menjadi seleksi atlet untuk masuk pelatnas SEA Games 2023 dan babak kualifikasi PON 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah

Atlet nasional terpilih yang akan hadir di SAC National Championship 2023 pernah mencatatkan sejarah besar bagi Indonesia. Misalkan Zohri yang merupakan peraih medali emas dalam gelaran World U20 Championships tahun 2018 dengan catatan waktu 10,18 detik.

Valentin Vanessa Lonteng juga baru saja meraih medali emas dalam ajang U18 Asian Youth Athletics Championships 2022.

Mutiara Oktarani juga baru saja menggondol emas di ajang Thailand Open Track and Field tahun 2022 yang diselenggarakan Desember lalu.

Mutiara mentereng di nomor 800 meter putri dengan catatan waktu 2 menit 13.74 detik. Sementara itu, Eki Febri Ekawati berhasil menyabet medali perak di nomor tolak peluru putri dengan perolehan 15,42 meter.

 

3 dari 3 halaman

Menjaring Atlet

Para pelajar putri dari delegasi Central Java Qualifiers (Jawa Tengah) tampil mendominasi pada babak penyisihan Energen Champion SAC Indonesia National Championship pada Kamis (12 Januari 2023).

Dari persaingan nomor lari jarak menengah (1.000 meter), Aziyyati Dina Amalina dari SMAN 1 Pabelan menjadi yang tercepat dari 21 pesaing mewakili sembilan qualifiers pada babak penyisihan fase National Championship ini. Dengan catatan waktu 3 menit 30 detik. Nur Aslamiyah Irja dari SMAN 3 Salatiga menyusul pada urutan kedua dengan catatan waktu 3 menit 32 detik.

Kedua pelajar dari delegasi Jateng itu berhak melaju ke babak final yang akan berlangsung Jumat (13 Januari 2023). Bersama dengan Ellen Marta dari SMAN 7 Banjarmasin (Kalimantan Qualifiers) yang berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 3 menit 31 detik, serta para pelajar lainnya yang sukses menembus catatan waktu delapan terbaik.

Tak hanya dari lintasan lari, delegasi putri dari Central Java Qualifiers (Jateng) juga mendominasi pada nomor lapangan, tepatnya dari tolak peluru. Tiga pelajar putri mereka berhasil melaju ke final. Salsyabila Aprilianti dari SMAN 3 Tegal mencatatkan tolakan terjauh pada babak penyisihan, Kamis (12/1). Ia mencatatkan tolakan sejauh 10,13 meter, yang dilakukan dalam dua kali percobaan. Menyusul di posisi runner-up ada Saniy Rahmah Nabilah dari SMAN 12 Semarang dengan tolakan sejauh 9,42 meter. Di urutan ketiga ada Zahrina Amalia dari MAN 2 Banjarnegara yang mencatatkan tolakan sejauh 9,40 meter.

Total sebanyak 336 pelajar putra dan putri bersaing pada Energen Champion SAC Indonesia National Championship ini. Mereka adalah pelajar berstatus winner dan runner-up dari sembilan regional qualifiers, serta best 3 record untuk lima nomor yang diperlombakan, yakni sprint, relays, middle distance, long jump dan shot put.

Sebelum memasuki babak puncak National Championship ini, Energen Champion SAC Indonesia digelar di sembilan Regional Qualifiers yang bergulir mulai akhir Agustus hingga pertengahan Desember 2022 lalu. Yakni Bali Nusa Tenggara (di Mataram), Papua (di Mimika), DI Yogyakarta (Yogyakarta), Kalimantan (di Banjarmasin), East Java (di Surabaya), North Sumatera (di Medan), DKI Jakarta & Banten (di Jakarta), West Java (di Bandung) dan Central Java (di Semarang).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.