Sukses

Pele Meninggal, Neymar Jr Beberkan Warisan Penting Sang Legenda

Neymar Jr dan Pele sama-sama pernah memperkuat klub asal Brasil, Santos.

Liputan6.com, Jakarta Dunia sepak bola tengah berduka.Pele, sang legenda asal Brasil tutup usia, Jumat (30/12/2022).

Neymar Jr ikut terpukul atas kepergian Pele. Baginya, Pele telah banyak berjasa bagi sepak bola. Kehadiran Pele menurutnya membuat level permainan sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi.

“Sebelum Pele, nomor 10 hanyalah angka, saya telah membaca kata-kata ini entah di mana di satu waktu dalam hidupku,” tulis Neymar Jr lewat akun Instagram-nya dilansir Sportbible. 

“Saya bisa katakan, sebelum Pele sepak bola hanyalah olahraga. Pele mengubah semuanya. Dia mengubah sepak bola menjadi karya seni, menjadi sebuah hiburan,” beber pemain PSG itu.

“Dia memberi suara kepada yang miskin, kepada orang kulit hitam: Dan yang utama dia membuat Brasil terkenal,” sambung pemain yang gagal membawa Brasil juara di Piala Duna 2022 lalu. 

“Status sepak bola dan Brasil telah meningkat, terima kasih untuk Raja. Dia telah pergi, tapi sihirnya masih bertahan. Pele Selamanya.”

Seperti  halnya Pele, Neymar Jr juga mengawali kariernya dari klub Santos. Keduanya sama-sama pernah merasakan manisnya gelar juara Copa Libertadores. Hanya saja, Pele tidak pernah merambah ke Eropa. Kariernya sebagian besar dihabiskan di tanah kelahirannya, Brasil bersama Cosmos dan sempat dua tahun merambah ke Amerika Serikat bersama New York Cosmos. Sementara Neymar Jr saat ini bermain untuk klub Prancis, PSG. Sebelumnya juga dia sempat memperkuat Barcelona

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pele Abadi

Selain Neymar Jr, mantan pemain timnas Brasil, Cafu juga ikut memberi penghormatan kepada Pele. “Pele tida pernah mati. Dia abadi, Pele adalah Raja, Pele unik,” ujar Cafu. "Dia akan abadi dalam setiap golnya yang luar biasa di setiap momen jenius, tetapi terutama di kita masing-masing yang terinspirasi oleh dia dan generasinya. Beristirahatlah dengan tengang saudaraku,” beber Cafu menambahkan.

Pele meniggal dunia di usia 82 tahun. Pria bernama Edson Arantes do Nascimento itu sempat dirawat di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Brasil, sejak 29 November 2022. Pele menjalani pengobatan terhadap penyakit kanker usus besar yang dideritanya, tapi tidak berjalan sesuai dengan harapan.

Pele meninggal dunia setelah mengalami komplikasi penyakit jantung dan ginjal. Kepergian Pele dikabarkan langsung oleh salah seorang putrinya, Kely Nascimento. ""Inspirasi dan cinta menandai perjalanan Raja Pele, yang meninggal dengan damai hari ini". Demikian pernyataan di Instagram. 

 

3 dari 3 halaman

Siapa Pele?

Pele merupakan mantan pesepak bola asal Brasil. Namanya sangat dikenal di dunia. 

Karier Pele melejit bersama timnas Brasil. Bersama Tim Samba, Pele merebut 3 trofi Piala Dunia. Sampai saat ini, Pele juga masih tercatat sebagai pemain termuda yang mampu merebut trofi itu. 

Selama karier legendarisnya, Pele mencetak rekor dunia 1.279 gol untuk klub dan negara antara tahun 1956 dan 1977, termasuk 77 gol dalam 92 penampilan untuk Brasil.

Namun, angka itu sempat dipertanyakan karena dimasukkannya pertandingan persahabatan yang dimainkan Santos. Meskipun penghitungan resminya yang diakui secara luas dengan 757 gol dalam 831 pertandingan masih menjadi salah satu yang tertinggi dalam sejarah sepak bola.

Bintang Brasil itu juga satu-satunya pemain dalam sejarah yang memenangi tiga Piala Dunia, mengangkat trofi pada tahun 1958, 1962, dan 1970. (Ikuti profil Pele pada tautan ini)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.