Sukses

Madam Pang Antusias Sambut Duel Thailand vs Indonesia di Piala AFF 2022: Ingatkan Memori Indah Tahun Lalu

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada laga ketiga grup A, Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia bersiap menjamu sang juara bertahan Piala AFF, Thailand. Gajah Perang bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dalam kondisi siap tempur pada Kamis (29/12/2022). 

Sama-sama belum terkalahkan di babak penysihan grup A, pertemuan Indonesia dan Thialand diprediksi bakal berlangsung sengit. Apalagi kedua negara juga sempat bertemu di final Piala AFF 2021.   

Thailand sejauh ini masih memimpin dengan torehan 9 poin. Gajah Perang unggul selisih gol dari Indonesia yang juga mengemas dua kemenangan. Merah Putih tertinggal setelah kebobolan melawan Kamboja. Dalam duel ini, Egy Maulana Vikri Cs menang tipis 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. 

Pada laga kedua, Indonesia panen gol usai mencukur Brunei Darussalam 7-0 di Kuala Lumpur, Malaysia. Namun torehan ini belum cukup untuk menggeser Gajah Perang dari posisi pemuncak. Teerasil Dangda dan kawan-kawan memimpin setelah menyapu bersih dua laga pertama tanpa kebobolan satu gol pun. 

Setelah menang 5-0 atas Brunei Darussalam, Thailand kembali tampil memukau saat bertemu Filipina di laga kedua. Bertanding di kandang sendiri, Thammasat Stadium, Rangsit, Thailand mampu menang 4-0.

Hasil ini disambut gembira oleh manajer Timnas Thailand, Madam Pang. Wanita yang berada di balik kesuksesan Thailand merebut Piala AFF 2020 itu senang melihat semangat dan gairah para pemainnya. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Madam Pang

"Ini kali pertama kita bermain di kandang. Saya kagum melihat tim dan para pelatih dan atlet muda yang berusaha menunjukkan permainan terbaiknya di depan fans sepak bola," katanya dilansir Thairath. '

"Secara pribadi, saya puas dengan keberhasilan kita mengalahkan Filipina 4-0 sebab ini bukan laga mudah. Yang tak kalah penting, keyakinan kami meningkat atas dukungan para pemain ke-12. Sebab seluruh fans di negeri ini bisa menyaksikan pertandingan ini lewat tayangan siaran langsung," beber Madam Pang.

Bertanding di depan publik sendiri, Thailand memang tampil penuh determinasi sejak awal laga. Keran gol Gajah Perang mulai terbuka saat striker veteran, Teerasil Dangda menjebol Filipina saat laga baru berjalan 3 menit. Teerasil kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah lewat titik putih penalti  menit 41. 

Di babak kedua, Thailand memperlebar jarak melalui Adisak Kraison menit ke-57. Sementara gol penutup Gajah Perang dicetak oleh Suphanan Bureerat pada menit 63. Thailand tampil tanpa Chanathip Songkrasin dan Thanawat Suenghitthawon yang jadi pemain kunci saat mengalahkan Indonesia di final Piala AFF 2020.

 

3 dari 3 halaman

Ujian Berat

"Mengunjungi Indonesia kemungkinan bakal jadi laga terberat di ronde pertama. Hati-hati karena tiket sudah sold out. Atmosfer pertandingan bakal berbeda dari dua laga sebelumnya, ini akan jadi laga yang menarik. Dan ini juga jadi ujian yang bagus," kata Madam Pang terkait kunjungan ke Indonesia.  

"Tahun lalu, kita bergembira bersama di tahun baru dengan gelar Piala AFF keenam. Tahun ini, mungkin terasa lebih berat sebagai juara bertahan. Penuh tekanan dan harapan. Tapi kita akan melakukan yang terbaik," ujar wanita dengan nama lengkap Nuanphan Lamsam tersebut menambahkan. 

Madam Pang merupakan sosok penting di balik keberhasilan Thailand merebut gelar keenam Piala AFF pada tahun 2021 lalu. Wanita tajir itu selalu hadir untuk memberikan dukungan kepada pemainnya. Madam Pang juga rela bergerilya untuk mengumpulkan bonus fantastis bagi pemainnya. 

Di babak final, Thailand akhirnya berhasil mengalahkan Indonesia dengan egregat 2-6. Pada leg pertama di National Stadium, Kallang, Singapura, Thailand menang 4-0. Sementara leg kedua berakhir imbang 2-2. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.