Sukses

Tragis, Petugas Keamanan Piala Dunia 2022 Tewas Terjatuh dari Lantai 8 Stadion Lusail

Petugas Piala Dunia 2022, John Njue Kibue meninggal dunia setelah sempat mendapat perawatan selama tiga hari di rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pekerja migran yang bertugas di Piala Dunia 2022 meninggal dunia. Pria asal Kenya yang bekerja sebagai petugas keamanan tersebut tewas setelah terjatuh dari lantai 8 di Stadion Lusail. 

Seperti dilansir dari CNN, korban diketahui bernama John Njue Kibue. Pria berusia 24 tahun itu meninggal dunia pada 13 Desember 2022 setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit. 

Pihak keluarga dan pejabat berwenang telah mengkonfirmasi kejadian ini. Dari sertifikat kematian yang diterima CNN terungkap kalau korban sempat dirawat di Unit Gawat Darurat (ICU) Rumah Sakit Umum Hamad di Doha. Dokumen itu juga menyebutkan, Kibue dirawat setelah mengalami cedera di bagian kepala yang parah, patah tulang wajah, serta patah bagian tulang panggul.  

Pihak penyelenggara telah membenarkan kematian Kibue. Hanya saja, dalam pernyataannya mereka tidak merinci penyebab korban bisa sampai terjatuh dari lantai 8 stadion Lusail. 

"Dengan menyesal kami mengumumkan kalau meski telah berusaha diselamatkan oleh tim medis, dia akhirnya meninggal dunia di rumah sakit pada 13 Desember 2022 setelah mendapat perawatan selama tiga hari di unit gawat darurat," bunyi pernyataan pihak penyelenggara.

"Kabar ini telah disampaikan ke pihak keluarga dan mengirimkan rasa duka kami kepada pihak keluarga, teman, dan kerabat di masa yang sulit ini," panitia Piala Dunia 2022 menambahkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gelar Penyelidikan

Insiden yang menimpa Kibue sebenarnya telah disampaikan Supreme Committee, penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar, pada awal pekan ini. Penyelidikan bahkan telah dilakukan untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tragis tersebut, tapi belum ada perkembangan berarti hingga saat ini.   

"Kami juga memastikan keluarga akan menerima segala uang dan tunjangan korban."

Sejak kejadian, Kibue tidak sadarkan diri. Dia ditopang oleh alat bantu untuk bertahan hidup. 

Saudari korban, Ann Wanjiru berusaha mencari tahu penyebab kematian Kibue. Dia curiga ada yang ditutup-tutupi dari kejadian tersebut. "Kami ingin keadilan," katanya kepada CNN. 

"Mereka tidak pernah mengirimi saya foto yang menunjukkan di mana dia jatuh atau setidaknya memberi kami informasi lain terkait hal ini," ujar Wanjiru. "Kami tidak punya uang untuk mendapatkan keadilan baginya, tapi kami ingin tahu apa yang terjadi," dia menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Korban Kedua

Menurut keterangan pihak keluarga, korban pindah ke Qatar pada akhir November lalu. Dia kemudian bergabung dengan perusahaan keamanan bernama  Al Sraiya Security Services. 

Salah seorang rekan kerja yang berhasil dihubungi menjelaskan, kedatangan Kibue ke Qatar bertujuan untuk membantu keluarganya di kampung. Sayang mimpinya harus berakhir tragis. 

"Ayo lakukan sesuatu untuk rekan kami tercinta," ujarnya 

Kibue merupakan pekerja migran kedua yang dilaporkan tewas sejak Piala Dunia 2022 dimulai. Sebelumnya, pekerja lainnya juga dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan di sebuah resor yang digunakan oleh timnas Arab Saudi selama babak penyisihan grup. Selain pekerja migran, dua wartawan yang meliput jalannya Piala Dunia 2022 juga tewas saat menjalankan tugasnya.

 

 

4 dari 4 halaman

Babak Final

Sementara itu, Piala Dunia 2022 tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. Di partai final, Prancis akan berhadapan dengan Argentina di Stadion Lusail, pada Minggu malam (18/12/2022) pukul 22.00. Sementara perebutan tempat ketiga akan mempertemukan Kroasia dan Maroko. Pertandingan ini berlangsung di Khalifa International Stadium, sehari sebelum laga final. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.