Sukses

Jebol Gawang Kroasia, Lionel Messi Jadi Top Skor Sepanjang Masa Argentina di Piala Dunia

Lionel Messi kini sudah melampaui torehan gol Gabriel Batistuta di putaran final Piala Dunia, setelah mencetak 1 gol di laga semifinal Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Argentina memastikan tempat di laga final Piala Dunia 2022 setelah mengandaskan Kroasia 3-0 pada babak semifinal di Stadion Lusail Iconic, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Lionel Messi dan Julian Alvarez jadi bintang kemenangan Argentina atas Kroasia. Messi mencetak skor pembuka lewat eksekusi penalti, yang kemudian digandakan Julian Alvarez.

Di babak kedua, Messi menunjukkan kelasnya dalam membongkar pertahanan Kroasia, lewat aksi individual, lalu mengirim umpan kepada Julian Alvarez yang dengan mudah menjebol gawang Kroasia untuk membuat skor jadi 3-0.

Satu gol Messi ke gawang Kroasia membuat La Pulga kini bertengger di puncak daftar top skor sementara Piala Dunia 2022 dengan lima gol bersama penyerang Prancis dan rekannya di PSG, Kylian Mbappe.

Gol Messi di semifinal Piala Dunia 2022, juga membuat penyerang berusia 35 tahun itu, tercatat sebagai top skor sepanjang masa Argentina di putaran final Piala Dunia, dengan 11 gol, melampaui Gabriel Batistuta (10 gol).

11 gol Messi masing-masing diciptakan 1 di Piala Dunia 2006. Kemudian 4 gol di Piala Dunia 2014, 1 gol di Piala Dunia 2018 dan 5 gol di Piala Dunia 2022, yang masih berpeluang bertambah karena Argentina akan tampil di final.

Daftar gol Messi di putaran final Piala Dunia

Piala Dunia 2006

Argentina vs Serbia Montenegro 6-0 (1 gol)

Piala Dunia 2014

Argentina vs Bosnia 2-1 (1 gol)

Argentina vs Iran 1-0 (1 gol)

Argentina vs Nigeria 3-2 (2 gol)

Piala Dunia 2018

Argentina vs Nigeria 2-1 (1 gol)

Piala Dunia 2022

Argentina vs Saudi Arabia 1-2 (1 gol)

Argentina vs Meksiko 2-0 (1 gol)

Argentina vs Australia 2-1 (1 gol)

Argentina vs Belanda 2-2 (4-3 adu penalti) (1 gol)

Argentina vs Kroasia 3-0 (1 gol)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Impian Terbesar

Lionel Messi sebenarnya tak terlalu peduli dengan gelar individual, karena yang dia inginkan adalah trofi Piala Dunia. Tanpa itu, Messi tidak akan pernah sepenuhnya merasa puas dengan perjalanan karier dia yang gemilang.

Messi menyadari Piala Dunia 2022 mungkin akan menjadi kesempatan terakhir untuk memenangkan trofi satu-satunya yang belum pernah dia raih.

Sang kapten mengalami musim pertama yang sulit di Paris Saint-Germain, tetapi musim ini, dia benar-benar kembali ke dirinya yang dulu. Messi terlihat fit, termotivasi lagi dan dia telah mencetak 12 gol dan 14 assist untuk juara Prancis sepanjang musim ini.

Messi terlihat sedikit lebih tenang di Paris daripada di Barcelona beberapa tahun lalu. Dia bukan lagi satu-satunya bintang di tim. Selain itu, sedikit kreatif di saat mendekati akhir kariernya.

Di masa lalu, Messi selalu memainkan lawan dengan cara luar biasa, mengombinasikan kecepatannya dalam bergerak dengan atau tanpa bola. Sepanjang kariernya di lapangan hijau, Messi sudah memenangkan banyak gelar bergengsi bersama Barcelona, PSG dan timnas Argentina.

Dia juga sudah memenangkan tujuh kali Ballon d'Or, terbanyak dari pesepak bola top mana pun sepanjang sejarah. Tetapi kenyataannya, Messi tak akan benar-benar puas dengan kariernya yang gemilang tanpa trofi Piala Dunia yang agung.

Memenangkan Piala Dunia akan melengkapi perjalanan Messi sebagai pesepak bola terbaik yang pernah ada. Tetapi untuk mewujudkan impian besarnya itu, tentu tak akan mudah.

3 dari 3 halaman

Selangkah Lagi

Setelah menaklukkan Kroasia di semifinal, impian besar Messi meraih trofi Piala Dunia dan mengangkatnya sebagai kapten di podium selangkah lagi terwujud, menunggu pemenang duel semifinal antara juara bertahan Prancis melawan Maroko.

Final Piala Dunia 2022 adalah kesempatan kedua bagi Messi tampil di laga puncak setelah Brasil 2014 yang berakhir mengecewakan setelah takluk dari Jerman 0-1.

Pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko akan digelar di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, pada Rabu (14/12/2022) malam pukul 22.00 waktu Qatar atau Kamis dini hari pukul 02.00 WIB.

Duel semifinal Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko dapat disaksikan melalui siaran langsung di SCTV, Indosiar, jaringan tv satelit Nex Parabola dan streaming di aplikasi OTT Vidio pada Kamis (15/12/2022) dini hari, mulai pukul 02.00 WIB. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.