Sukses

Piala Dunia 2022: Arsene Wenger Heran Inggris Biarkan Harry Kane Ambil 2 Penalti Lawan Prancis

Arsene Wenger menyebutkan peran vital Harry Kane di timnas Inggris membuat dia tak mau menawarkan pemain lain ambil penalti kedua di 8 besar Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Doha- Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger heran kenapa Harry Kane ambil penalti dua kali saat Inggris melawan Prancis di perempat final Piala Dunia 2022 di stadion Al Bayt, Minggu (11/12/2022). Dia meyakini tak ada penendang penalti lainnya mengingat peran penting Harry Kane dalam tim.

Inggris seperti diketahui gagal lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. Inggris tertahan usai kalah 1-2 dari Prancis.

Inggris berpeluang untuk samakan skor tapi penalti yang diambil Harry Kane di menit ke-84. Namun kapten Inggris itu menendangnya terlalu keras dan melambung.

Sebelumnya, Kane memang berhasil untuk mencetak gol lewat titik penalti di menit ke-54. Namun dengan gaya dan arah yang sama, Kane tak mampu mengulangi penalti kedua

Prancis sendiri berhasil mencetak 2 gol lewat Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud. Kemenangan ini sekaligus mendekatkan Prancis dengan kelolosan ke final Piala Dunia 2022 untuk dua kali berturut-turut.

"Harry Kane sangat penting untuk Inggris dan dinamika tim membuat tak ada pemain lain yang pantas untuk ditawarkan ambil penalti," kata Wenger seperti dikutip beIN sport.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komentar Kane

 

Kane mengaku bertanggung jawab atas kegagalan Inggris di Piala Dunia 2022. Terkait penalti, dia mengaku tak pernah ragu untuk mengambilnya untuk kedua kali.

"Saya bukan seseorang yang berpikir terlalu banyak soal ini. Saya bersiap kalau mendapatkan satu atau dua penalti. Saya tak bisa salah di persiapan sebelum pertandingan," kata Kane.

"Ini tak terasa berbeda, saya merasa yakin tapi tak mampu mengeksekusinya seperti yang saya inginkan. Ini pengalaman yang harus saya rasakan sepanjang hidup dan harus siap menghadapi mimpi buruk ini."

Kane mengatakan, Inggris tak boleh meratapi kegagalan. Dia mengaku semua pemain tetap bangga.

"Yang bisa kami lakukan tetap bangga dan tahu tim ini sedang dalam ritme bagus dan kami harus melihat ke masa depan," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Tak Disalahkan

 

Manajer inggris, Gareth Southgate pun ogah menyalahkan Kane. Meski ini jadi pil pahit kegagalan dalam kariernya dengan Inggris.

"Kami menang dan kalah sebagai tim, kami membiarkan gol terjadi dan gagal manfaatkan beberapa peluang," ujarnya.

"Dia tampil luar biasa buat kami dan bisa dipercaya di situasi itu, kami tak akan sampai di sini tanpa dia.

4 dari 5 halaman

Bertanggung Jawab

Setelah pertandingan, Harry Kane mengungkapkan kesalahannya dan memuji rekan satu timnya. "Sulit untuk menerima saya secara pribadi dan untuk tim," kata kapten Inggris itu kepada BBC Sport.

"Saya sangat bangga dengan para pemain. Kami memiliki permainan yang lebih baik, peluang yang lebih baik, tetapi sepak bola hanya memiliki detail kecil."

"Sebagai kapten dan orang yang gagal mengeksekusi penalti, saya bertanggung jawab untuk itu. Saya tidak bisa menyalahkan persiapan saya atau detail sebelum pertandingan," ucap Kane menambahkan.

"Saya merasa percaya diri mengambilnya, saya hanya tidak mengeksekusinya seperti yang saya inginkan. Itu akan menjadi sesuatu yang harus saya jalani dan hadapi."

"Tim berada di tempat yang sangat bagus dan akan ada yang tertinggi di masa depan. Berdiri di sini sekarang, kami sedih ini telah berakhir karena kami memiliki keyakinan penuh bahwa kami bisa melangkah jauh. Kami bangga dengan apa yang kami sudah selesai," pungkas Kane.

5 dari 5 halaman

Samai Rekor Rooney

Harry Kane kini sejajar dengan Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang sejarah, yakni dengan 53 gol. Rooney pun menyatakan dukungannya untuk kapten Three Lions itu setelah kekalahan dari Prancis.

"Benar-benar sedih untuk para pemain tetapi bangga dengan cara mereka bermain di turnamen ini dan mereka seharusnya bangga," kata mantan bintang Manchester United itu di Twitter.

"Selamat kepada Harry Kane karena telah menyamai rekor, dia akan segera berdiri sendiri dan aku tidak bisa memikirkan orang lain yang lebih baik untuk mengambil alih. Tegakkan kepalamu Harry."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.