Sukses

Goncalo Ramos, Bintang Muda Portugal yang Samai Rekor Miroslav Klose

Liputan6.com, Jakarta Portugal memiliki bintang baru, namanya Goncalo Ramos. Penyerang 21 tahun ini mencetak hat-trick spektakuler saat Portugal meraih kemenangan 6-1 atas Swiss, pada laga lanjutan babak 16 besar Pesta Bola Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail Iconic, Rabu 7 Desember 2022. 

Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos, membuat keputusan yang mengejutkan pada laga Portugal vs Swiss. Sang juru taktik ini memutuskan membangku cadangkan mega bintang Cristiano Ronaldo dan memilih Ramos menjadi ujung tombak Portugal. 

Keputusan mengejutkan itu ternyata dijawab Ramos dengan penampilan gemilang. Ia hanya butuh waktu 17 menit untuk mencetak gol pertamanya di ajang Piala Dunia. Sepakan kerasnya ke pojok kiri gawang lawan setelah menerima umpan dari Joao Felix, tak mampu dibendung oleh Sommer,  

Gol kedua Ramos datang enam menit setelah babak kedua dimulai. Tepatnya pada menit ke-51 dengan mengonversi umpan manis Diego Dalot dari sisi kanan lapangan. Ia kemudian membuat hat-trick di menit ke-67 melalui sepakan menakjubkan yang mengelabui kiper Swiss.

Selepas laga tersebut, Goncalo Ramos langsung menjadi headline di berbagai media, sekaligus disebut-sebut sebagai suksesor Cristiano Ronaldo. Lebih lanjut, berikut sejumlah fakta menarik dan catatan sejarah yang berhasil dibuat oleh Ramos.

Penyerang Andalan Benfica

Ramos merupakan penyerang muda Benfica yang lahir pada 20 Juni 2001, dengan nama lengkap Gonçalo Matias Ramos. Dia melakukan debutnya di Benfica pada usia 19 tahun, dan sudah berhasil melayangkan dua gol di musim pertama. 

Dilansir transfermarkt, selama berseragam Benfica musim ini, Ramos berhasil mencetak sembilan gol di liga Portugal dan empat gol di Liga Champions. Itu juga yang menjadi salah satu alasan As Guias-julukan Benfica tidak merasa kehilangan Darwin Nunez yang hijrah ke Liverpool. Terbukti, Benfica sekarang memuncaki klasemen Liga Portugal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Menyamai Rekor Miroslav Klose di Piala Dunia

Performa apik Goncalo Ramos pada laga kontra Swiss, mengantarkan pemilik nomor punggung 26 di Portugal ini menjadi pemain pertama yang mencetak hat-trick pada penampilan pertamanya di Piala Dunia sejak Miroslav Klose melakukan debut bersama Jerman pada 2002.

Kala itu Klose masih berusia 23 tahun saat mengikuti Piala Dunia pertamanya di Korea-Jepang tahun 2002. Bergabung dalam Grup E, Jerman menghadapi Arab Saudi pada laga pembuka dan Klose berhasil mencetak hat-trick yang sekaligus membantu Jerman menang telak 8-0. 

Selang 20 tahun kemudian, rekor penyerang muda yang melakukan hat-trick pada debut Piala Dunia itu akhirnya dipatahkan oleh Goncalo Ramos

Kandidat Pengganti Ronaldo 

Kemampuan Ramos mengolah si kulit bundar, kecerdikan dalam menempatkan diri dan penyelesaian akhir membuat Ramos disebut-sebut cocok menjadi suksesor CR7. Di tambah lagi postur tubuhnya yang memang ideal menjadi penyerang tengah atau target man.

Memiliki tinggi badan 1,85 m membuat Ramos . Apik dalam menggiring bola dan pintar memanfaatkan lengahnya lini pertahanan lawan, membuat Ramos diprediksi bakal cerah bersama skuad utama timnas Portugal. 

Tiga gol yang Ramos layangkan kini membuat dia sejajar dengan Lionel Messi, Marcus Rashford, Bukayo Saka, Olivier Giroud, Cody Gakpo, hingga Richarlison. Ia masih tertinggal dua gol dari Kylian Mbappe yang ada di puncak top scorer.

Menarik untuk menyimak kelanjutan aksi Goncalo Ramos di pesta sepak bola terbesar dunia ini. Saksikan laga Portugal vs Maroko live SCTV dan Indosiar serta live streaming di Vidio pada Sabtu 10 Desember 2022, pukul 22.00 WIB.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS