Sukses

Perjalanan Brasil ke Perempat Final Piala Dunia 2022: Tetap Tajam Meski Diguncang Badai Cedera

Liputan6.com, Jakarta - Brasil menjadi salah satu tim jagoan yang sukses melangkah ke perempat final Piala Dunia 2022. Kepastian ini didapat usai Tim Samba menang meyakinkan atas Korea Selatan dalam duel babak 16 besar yang dihelat pada Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Menariknya, sebelum lolos ke fase knock-out kiprah Brasil di FIFA World Cup 2022 sempat diwarnai dengan kabar buruk. Pemain andalannya, Neymar Jr absen dalam dua dari tiga pertandingan fase grup usai mengalami cedera di laga pembuka kontra Serbia.

Tak dapat dimungkiri, Neymar memang kerap dikenal sebagai motor serangan Tim Samba di lini depan. Kehadiran pesepak bola berusia 30 tahun itu selalu menjadi faktor penting dalam perjalanan Brasil di turnamen internasional bergengsi.

Namun, dewi keberuntungan tidak berpihak pada Neymar di duel perdana Grup G Piala Dunia Qatar, Jumat (25/11/2022). Ia mengalami cedera usai berulang kali dilanggar oleh pemain Serbia, hingga mau tak mau harus ditarik keluar lapangan pada menit 80.

Beruntung ketiadaan Neymar tak langsung membuat Tim Samba kehilangan taringnya. Skuad racikan Tite tetap berhasil finis sebagai juara Grup G setelah unggul selisih gol dari Swiss yang menempati peringkat kedua.

Brasil melangkah pasti ke babak 16 besar Piala Dunia untuk meladeni perlawanan Korea Selatan. Akan tetapi, jelang laga tersebut, Tim Samba kembali dihantam kabar buruk lantaran Gabriel Jesus dan Alex Telles gentian mengalami cedera.

Neymar yang sudah cukup lama menepi akhirnya turun gunung. Eks pemain Barcelona sukses memberi hiburan sekaligus mengantar timnya memetik kemenangan 4–1 atas Taeguk Warriors. Ia berperan menyumbangkan satu angka dari titik putih di menit ke-13.

Sementara itu, tiga gol Brasil lainnya bersumber dari aksi Vinicius Junior (‘7), Richarlison (’29), dan Lucas Paqueta (’36). Tim Samba hanya membiarkan Korea Selatan mendapat satu angka hiburan lewat Paik Seung-ho pada menit 76.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan

Berikut adalah rekap hasil pertandingan Brasil, mulai dari fase grup hingga lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Hasil Laga Grup G

25/11/2022: Brasil 2 – 0 Serbia

28/11/2022: Brasil 1 – 0 Swiss

03/12/2022: Kamerun 1 – 0 Brasil

Hasil Laga 16 Besar

06/12/2022: Brasil 4 – 1 Korea Selatan

3 dari 4 halaman

Statistik Brasil

Jumlah gol: 7

Kebobolan: 2

Kartu Kuning: 3 (Fred, Eder Militao, Bruno Guimaraes)

Kartu Merah: -

 

Daftar Pencetak Gol

Richarlison: 3 gol

Casemiro: 1 gol

Vinicius Junior: 1 gol

Neymar: 1 gol

Lucas Paqueta: 1 gol

4 dari 4 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Brasil selanjutnya bakal meladeni perlawanan Kroasia dalam pertandingan babak perempat final Piala Dunia 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Education City Stadium pada Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Meski dijagokan memetik kemenangan di duel tersebut, skuad asuhan Tite patut waspada jelang menghadapi calon lawannya. Pasalnya, Kroasia punya pengalaman melangkah jauh hingga ke final Piala Dunia edisi 2018.

Vatreni juga cukup perkasa di momen-momen kritis. Hal ini terbukti ketika Luka Modric dan kawan-kawan sanggup mencuri kemenangan atas Jepang lewat adu penalti di babak 16 besar, meski sempat tertinggal 0–1 di babak pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.