Sukses

Profil Goncalo Ramos, Striker Portugal yang Segera Tutup Era Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Al Wakrah- Goncalo Ramos boleh jadi kurang beken sebelum pertandingan Portugal melawan Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Dia baru main 30 menit di dua pertandingan Portugal melawan Ghana dan Uruguay.

Itulah mengapa Goncalo Ramos tak pernah disangka bisa langsung mencetak 3 gol lawan Swiss di 16 besar Piala Dunia 2022. Sebagai pemain muda, Ramos dianggap masih kalah pamor dengan striker lain seperti Andre Silva, Ricardo Horta dan Joao Felix.

Namun semua itu berubah saat pelatih Portugal, Fernando Santos memberinya kesempatan jadi starter. Ini memang bagian dari strategi Santos untuk memainkan Ramos ketimbang Cristiano Ronaldo.

Kepercayaan Santos dibayar melebih ekspektasi. Tak hanya mencetak gol, Gonzalo Ramos mampu mencetak 3 gol sekaligus sekaligus menjadi hattrick pertama di Piala Dunia 2022.

 

Gol pertama dicetaknya di menit ke-17. Mendapatkan umpan Joao Felix, Goncalo Ramos melakukan gerakan memutar sembari melepas tembakan. Ditambah gol Pepe, Portugal mengakhiri babak pertama dengan keunggulan 2-0 atas Swiss.

Di babak kedua, Goncalo Ramos kembali menggila. Pada menit ke-51, dia menyambar umpan Diogo Dalot. Gol ketiga terjadi di menit ke-67 usai mencungkil bola lewati Yan Sommer, kiper Swiss.

"Mereka [Ramos dan Ronaldo] adalah pemain yang berbeda. Itu murni strategi permainan, semua pemain berbeda, saya juga memainkan [Diogo] Dalot, Raphael [Guerreiro], namun [Joao] Cancelo juga pemain yang luar biasa. Itu yang saya pikir akan kami butuhkan untuk pertandingan melawan Swiss ini," kata Fernando Santos, pelatih Portugal usai pertandingan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dipicu Sikap Ronaldo

 

Pemilihan Goncalo Ramos boleh saja bagian dari strategi Santos. Namun banyak yang menduga ini juga dipicu sikap Ronaldo yang tak menghormatinya saat ditarik keluar di pertandingan melawan Korea Selatan.

Saat pertandingan lawan Swiss, fotografer tertuju ke bangku cadangan dimana Ronaldo sedang duduk. Ini pertama kali baginya sejak 2008.

Santos tentu tak berharap sebesar itu kalau Ramos bisa cetak hattrick. Namun faktanya, Ramos menjadi pemain termuda bisa cetak hattrick di usia 21 tahun 169 hari sejak Florian Albert, striker Hungaria di 1962.

Ramos memang fenomenal. Ronaldo yang sudah main di 6 laga fase gugur Piala Dunia, belum sekalipun cetak gol. Gol Ronaldo, 8, lebih banyak terjadi di fase grup tapi Ramos bisa mencetak hattrick.

Goncalo Ramos besar di akademi Benfica. Seblum di tim senior, dia sudah main dengan Portugal U-21. Tanda-tanda Ramos sebagai striker berbakat bisa terlihat dari penampilan terakhirnya dengan Benfica.

 

Dia bisa mencetak 7 gol dari 6 laga terakhir.Ramos tak pernah menyangka bisa cetak hattrick di debut, bahkan tampil sebagai starter pun impian baginya.

"Saya tidak pernah bermimpi bisa tampil menjadi starter di fase gugur," ujarnya ketika ditanya mengenai hattrick di laga debut Piala Dunia.

"Jujur, di tim kami, tidak ada yang membicarakannya [Ronaldo menjadi pemain cadangan]. Cristiano adalah kapten kami, seperti yang biasa dia lakukan, dia membantu kam, dia memberi semangat pada kami, tidak hanya kepada diri saya, tetapi kepada seluruh tim."

 

3 dari 4 halaman

Karier Ramos

Lahir di Algarve, Goncalo Ramos memulai karier memulai karier di klub lokal Olhanense pada 2009. Empat tahun kemudian, dia baru gabung dengan Benfica.

Dia baru memulai debut di Benfica pada 12 Juli 2020 sebagai pemain pengganti. Saat melawan Braga, dia bisa mencetak 2 gol dalam 8 menit.

Musim itu, dia juga membela Benfica di Youth Champions League. Dia membantu Benfica U-21 lolos ke final tapi kalah dari Real Madrid. Dia saat itu menjadi top skor di turnamen dengan 8 gol.

Penampilan gemilang di Benfica B membuat dia promosi ke tim senior pada musim 2021/2022. Sempat ingin hengkang karena jarang main dan kalah bersaing dengan Darwin Nunez, nasibnya diselamatkan Nelson Verissimo yang pernah melatihnya di Benfica B.

Dia pun berhasil mencetak debut gol di Liga Champions saat Benfica imbang 3-3 lawan Liverpool di Liga Champions. Itu membuatnya menjadi pemain termuda kedua di klub yang mencetak gol di Liga Champions di usia 20 tahun 297 hari.

Musim ini, kariernya makin gemilang. Dia memulai musim 2022/2023 dengan hattrick ke gawang Midtjylland di kualifikasi Liga Champions.

Bersama timnas Portugal, Ramos memulai karier sejak U-17. Dia menjalani debut dengan Portugal pada 1 November lalu saat uji coba melawan Nigeria. Dia mencetak 1 gol dan 1 assist di pertandingan yang dimenangkan Portugal 4-0.

 

4 dari 4 halaman

Profil Goncalo Ramos

 

Nama: Goncalo Matias Ramos

Lahir: 29 Juni 2001

Tinggi: 185 cm

Karier

Junior

2009-2011: Olhanense

2011-2014: Louie

2013-2019: Benfica

Senior

2019-2021: Benfica B

2020- Sekarang: Benfica

Timnas

2017-2018: Portugal U-17

2018: Portugal U-18

2019: Portugal U-19

2020: Portugal U-20

2020-2022: Portugal U-21

2022- Sekarang: Portugal

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS