Sukses

Piala Dunia 2022: Lionel Messi Jadi Pemain Paling Sukses Dribble, Lewati Diego Maradona

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi tampil apik bersama  Argentina di Piala Dunia 2022. Pemain berjuluk La Pulga tersebut membawa Tim Tango mencapai perempat final setelah mengalahkan Australia 2-1 di babak 16 besar.

Argentina sudah ditunggu Belanda yang membantai Amerika Serikat 3-1 pada babak 16 besar Piala Dunia. Pertandingan Argentina melawan Belanda akan digelar di Stadion Lusail Iconic, Sabtu, 10 Desember.

Selain membawa Argentina ke perempat final, Messi juga mendapatkan catatan individual yang fantastis di Piala Dunia. Dia menjadi pemain yang paling banyak menciptakan dribble sukses sejak Piala Dunia 1966, saat data-data sudah mulai dihitung.

Dilansir Visual Game lewat data-data Sofascore, Messi menciptakan dribble sukses sebanyak 120 kali dari total pertandingan yang dimainkan La Pulga di lima edisi event sepak bola empat tahunan ini. Jumlah dribble ini dihitung dari 90 menit bermain dalam satu laga.

Catatan pemain Paris Saint Germain (PSG) ini melewati catatan legenda Argentina dan idola Messi sendiri, Diego Maradona. Maradona menciptakan 106 dribble sukses selama empat kali tampil di Piala Dunia dengan total 21 penampilan dan 1.938 menit bermain.

Catatannya ini diprediksi masih bisa terus bertambah lantaran La Pulga masih bermain aktif. Pemain aktif lainnya yang berada di bawah Messi yaitu Eden Hazard yang mencatatkan lebih dari setengah dribble Messi, yaitu 65 dribble sukses dan berada di peringkat ke-4.

Nama-nama lain yaitu ada rekan satu tim Messi di Tim Tango, Angel di Maria yang mengoleksi 44 dribble sukses. Kylian Mbappe (40), Neymar Jr (39) dan Cristiano Ronaldo (36).

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Messi mencatatkan 14 kali dribble dengan tingkat keberhasilan sekitar 57%.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ciptakan Peluang

Lionel Messi juga menjadi pemain yang paling banyak menciptakan peluang di Piala Dunia sejak Piala Dunia 1966. Messi menyamai catatan Diego Maradona dengan catatan menciptakan peluang sebanyak 67 kali dalam seluruh edisi Piala Dunja yang dilakoni.

Nama-nama lain yang mencatatkan banyak peluang di Piala Dunia yaitu Wofgang Overath (59), Lothar Matthaus (49), Alan Giresse (48), Kevin de Bruyne (48), Mesut Ozil (48), Kazimierz Deyna (47), Thomas Muller (45), Michel Platini (43), Xavi (42), Pierre Littbarski (41), Bastian Schweinsteiger (41), Grzegorz Lato (41), Neymar Jr (39).

Menurut Visual Game, data-data ini dicatat sejak Piala Dunia 1966. Pemain lain seperti Pele dan Garrincha kemungkinan akan masuk dalam daftar teratas jika semua pertandingan Piala Dunia yang pernah dimainkan dicatat data-datanya.

Lionel Messi masih berpeluang melewati catatan Maradona sebagai pemain yang paling banyak menciptakan peluang atau most created chances, lantaran La Pulga masih bermain di Piala Dunia 2022 walaupun ini menjadi Piala Dunia terakhirnya.

 

3 dari 4 halaman

Ramaikan Top Skor

Selain catatan dirbble dan menciptakan peluang, keran gol Lionel Messi pada Piala Dunia 2022 juga subur. Eks pemain Barcelona itu sudah mengemas tiga gol dari empat pertandingan dari fase grup sampai babak 16 besar.

Tiga gol Messi meramaikan peta persaingan peraih top skor Piala Dunia 2022. Di posisi pertama ada Kylian Mbappe dengan 5 gol, dan di posisi kedua ada pemain-pemain yang sama-sama mengoleksi tiga gol, yaitu Messi, Cody Gakpo, Alvaro Morata, Macus Rashford, Buyako Saka dan Olivier Giroud.

Messi mencetak dua gol di fase grup saat berhadapan dengan Arab Saudi dan Meksiko, kemudian di fase knock out, Messi mencetak gol melawan Australia saat Tim Tango mengalahkannya 2-1. La Pulga gagal mencetal gol hanya saat berhadapan dengan Polandia di fase grup.

Total, La Pulga sudah mencetak 9 gol dari lima edisi Piala Dunia. Messi mencetak satu gol pada Piala Dunia 2006, tidak mencetak gol pada Piala Dunia 2010, empat gol pada Piala Dunia 2014, satu gol pada Piala Dunia 2018 dan tiga gol pada Piala Dunia 2022.

 

4 dari 4 halaman

Rekor Messi

Selama tampil bersama tim Tango pada pertandingan Piala Dunia, pesepak bola berusia 35 tahun ini berhasil mencatat sejarah dengan 11 kategori berbeda. Bahkan, dia juga melampaui sang legenda, Diego Maradona.

Dilansir transfermarkt, Messi mencatatkan 93 gol dan 51 assist dalam 168 penampilan bersama timnas Argentina. Selain itu, sebanyak 22 penampilan selama Piala Dunia pun juga turut ia buat.

Bahkan Messi juga menjadi pemain Argentina dengan jumlah penampilan terbanyak dalam satu tahun kalender, di mana pemain berjuluk La Pulga ini mengemas 13 penampilan sepanjang 2022 ini.

Lionel Messi juga sudah mendapatkan 7 penghargaan Player of The Match di Piala Dunia, kategori tersebut membuat Messi menjadi pemain yang paling banyak menerima penghargaan selama Argentina tampil di Piala Dunia.

Lionel Messi juga mencetak rekor lainnya, yakni sebagai pesepak bola yang mencetak gol sekaligus lima assist pada laga Piala Dunia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS