Sukses

Cedera saat Bela Brasil di Piala Dunia 2022, Gabriel Jesus bakal Absen Tiga Bulan

Liputan6.com, Jakarta Brasil dan Arsenal menerima kabar buruk di tengah kampanye Piala Dunia 2022. Pemain bintangnya Gabriel Jesus harus menjalani operasi lutut yang bakal membuatnya menepi dari lapangan hijau selama kurang lebih tiga bulan.

Kekhawatiran mengenai kondisi Jesus memang sudah menyeruak sejak beberapa waktu terakhir. Pesepak bola berusia 25 tahun mengeluhkan rasa sakit di lutut kanannya usai Tim Samba takluk 0–1 dari Kamerun di laga pemungkas grup G Piala Dunia 2022.

Menurut jaringan televisi Brasil, Spor TV, Jesus langsung menjalani pemindaian MRI pada Sabtu (3/12/2022) waktu setempat. Hasilnya menunjukkan bahwa cedera sang pemain lebih buruk dibanding perkiraan awal.

Eks penggawa Manchester City itu mau tak mau harus menjalani pembedahan demi memperbaiki masalah yang dialaminya.

Laporan Metro mengeklaim Jesus dijadwalkan kembali ke London pada Minggu (4/12/2022) sore waktu setempat. Pemain kelahiran 1997 selanjutnya bakal memulai proses pemulihan dan diperkirakan baru bisa kembali setidaknya Maret 2023.

Kabar ini jelas menjadi pukulan besar buat Brasil dan Arsenal. Seperti diketahui, Tim Samba tengah mengincar gelar Piala Dunia keenamnya. Skuad asuhan Tite bakal melakoni laga 16 besar kontra Korea Selatan pada Selasa (6/12/2022).

Adapun Arsenal sementara ini masih menghuni puncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023. Tenaga Jesus jelas dibutuhkan oleh Mikel Arteta demi mempertahankan posisinya hingga pengujung kompetisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bukan Satu-satunya

Ironisnya, Gabriel Jesus bukanlah satu-satunya pemain Brasil yang absen di sisa pertandingan Piala Dunia 2022. Alex Telles dilaporkan mengalami masalah serupa. Hasil pemindaian menunjukkan penggawa pinjaman Sevilla turut dilanda cedera.

Dokter tim Brasil Rodrigo Lasmar sebenarnya sudah mewanti-wanti kondisi Alex Telles bersamaan dengan munculnya kekhawatiran mengenai situasi Jesus. Ia membeberkan bahwa keluhan Telles juga muncul selepas laga kontra Kamerun.

“Telles mengeluhkan nyeri di lutut kanannya. Dia sudah diperiksa di ruang ganti dan besok akan dilakukan MRI untuk mengetahui kondisinya,” tutur Lasmar kala itu, seperti dilansir dari laporan SportBible.

3 dari 4 halaman

Kabar Baik

Beruntung Tim Samba masih punya kabar baik dari pemain lain. Lasmar menyatakan ada peluang bagi Neymar dan Alex Sandro untuk tampil di fase knock-out. Kendati demikian, pihaknya masih harus menunggu dan mengamati kondisi kedua pemain.

“Mengenai Neymar dan Alex Sandro, kami pikir kami punya waktu, dan ada kemungkinan (mereka bisa tampil melawan Korea Selatan di babak 16 besar),” ujarnya.

“Mari kita tunggu seperti apa transisinya, mereka masih belum mulai berlatih dengan bola. Hal itu baru akan dilakukan besok. Penting bagi kita untuk melihat bagaimana mereka merespons gaya baru ini,” pungkas Lasmar, dilansir dari SportBible, Sabtu (3/12/2022).

4 dari 4 halaman

Komentar Ayah Neymar

Sebelumnya, ayah Neymar sempat angkat bicara terkait cedera putranya. Meski tak secara spesifik membahas progres pemulihan sang pemain, ia menegaskan Neymar bakal bisa membela Brasil di pertandingan pemungkas Piala Dunia 2022.

“Saya percaya Neymar akan kembali ke lapangan pada pertandingan terakhir, dan dia akan melakukan yang terbaik untuk memenangkan Piala Dunia bersama rekan-rekannya di Timnas Brasil,” tutur Neymar da Silva Sr.

“Dia akan melakukan yang terbaik untuk membantu mereka (Timnas Brasil) dan bersama-sama memenangkan kompetisi,” pungkas dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS