Sukses

BRI Liga 1 Kembali Bergulir 5 Desember 2022: Terapkan Sistem Bubble dan Tanpa Penonton

Liputan6.com, Jakarta - BRI Liga 1 2022/2023 akhirnya menemui titik terang. Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air kembali mendapat izin untuk menggulirkan pertandingan lanjutan setelah lebih dari dua bulan absen menyusul pecahnya tragedi Kanjuruhan pada awal Oktober.

Melasir situs resmi PSSI, Mabes Polri sudah mengeluarkan izin keramaian Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Putaran pertama Liga 1 dijadwalkan mulai pada Senin (5/12/2022) dan akan berakhir pada pengujung Desember. Khusus periode ini, pihak penyelenggara bakal menerapkan sistem bubble serta tidak mengizinkan kehadiran penonton.

Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pun dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan putaran pertama pertandingan lanjutan Liga 1 2022/2023.

Terdapat total lima stadion yang akan digunakan dalam kompetisi, meliputi Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), hingga Stadion Sultan Agung (Bantul).

Sementara itu, untuk putaran kedua dan seterusnya, PSSI dan PT LIB berencana menggunakan sistem home and away dengan jumlah penonton yang dibatasi.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberi perhatian terhadap urusan sepak bola dalam negeri. Ia juga memberi apresiasi bagi semua pihak yang membantu digulirkannya kembali kompetisi Liga 1.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang terus memberi perhatian luar biasa kepada sepak bola Tanah Air. Terima kasih juga kepada Menpora Bapak Zainudin Amali yang tanpa kenal lelah membantu PSSI atas bergulirnya kembali kompetisi.”

“Terima kasih juga kepada Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas izin keramaian yang telah diberikan dan tak lupa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas kembali digulirkannya kompetisi,” tutur Iwan Bule, mengutip situs resmi PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Perubahan Rencana

Sebelumnya, sempat terjadi perubahan rencana waktu pelaksanaan pertandingan lanjutan Liga 1 2022/2023. Kompetisi yang sedianya dijadwalkan mulai pada 2 Desember harus diundur setelah PT LIB menghadiri rapat koordinasi di Mabes Polri, Selasa (29/11/2022).

Batalnya pelaksanaan kembali Liga 1 pada 2 Desember 2022 dikarenakan stadion yang akan digunakan untuk format gelembung atau bubble masih belum tuntas diverifikasi. Di samping itu Perpol Nomor 10 Tahun 2022 juga perlu dimatangkan.

“Jadi, kami belum bisa bicara kepastian kelanjutan Liga 1. Seperti pada 2 Desember 2022, 3 Desember 2022, atau seterusnya,” ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menukil Antara.

“Sebab, memang ada tahapan verifikasi yang mesti dilalui. Apalagi ada beberapa stadion yang selama ini disurvei,” imbuhnya kala itu.

3 dari 3 halaman

Persib Antusias

Persib Bandung menyambut baik rencana dilanjutkannya kompetisi Liga 1 2022/2023. Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono menyebut kabar itu merupakan hal yang sudah dinanti-nanti publik sepak bola Tanah Air.

“Ini kabar baik yang ditunggu-tunggu oleh publik sepakbola nasional, termasuk Persib. Kami sangat antusias menyambut lanjutan kompetisi ini,” ujar Teddy melalui keterangan resminya pada Sabtu (3/12/2022).

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan pemerintah yang terkait, kepada direksi baru PT LIB dan semua pihak yang telah berupaya agar Liga 1 musim 2022/2023 ini dapat kembali dilanjutkan,” sambung dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS