Sukses

Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022 Belanda vs Amerika Serikat: Tim Oranye Mulus ke Perempat Final

Liputan6.com, Jakarta - Belanda menaklukkan Amerika Serikat 3-1 pada laga 16 besar Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12/2022) malam WIB.

Pertandingan Piala Dunia 2022 ini disiarkan langsung SCTV, Moji, streaming Vidio, serta jaringan televisi satelit NEX Parabola.

Nama besar Belanda tidak membuat Amerika Serikat gentar. Anak asuh Gregg Berhalter langsung menyerang dan mendapat peluang melalui bintang utama Christian Pulisic. TInggal satu lawan satu, usaha pemain Chelsea itu masih bisa dimentahkan kiper Andries Noppert.

Belanda membalas dan menunjukkan kualitas di menit ke-10. Kombinasi apik menghasilkan serangan cepat. Bola menemukan Denzel Dumfries di sisi kiri pertahanan Amerika Serikat. Dia mengirim umpan silang dan dimaksimalkan Memphis Depay, yang mencetak gol pertamanya pada Piala Dunia Qatar.

Kedudukan tertinggal tidak membuat Negeri Paman Sam patah hati. Mereka mendominasi dan terus mencoba menemukan celah di pertahanan Belanda, terlihat lewat 63 persen penguasaan bola.

Tim Weah sempat menguji Noppert lewat tendangan jarak jauh. Namun, di luar itu Amerika Serikat kesulitan memberi ancaman berarti.

Belanda memanfaatkan kesulitan lawan dan menunjukkan efektivitas luar biasa. Pada injury time, Dumfries kembali melepas cut back ke jantung pertahanan lawan. Kali ini Daley Blind yang meneruskan bola dan menaklukkan Matt Turner.

Skor 2-0 pada babak pertama Belanda vs Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Amerika Serikat berusaha bangkit di babak kedua. Dari sepak pojok Pulisic, Weston McKennie memaksa Noppert bekerja. Tim Ream mendapat rebound dan mendorong bola melewati Noppert. Tapi ada Cody Gakpo yang berdiri di garis gawang dan membuang si kulit bundar.

Belanda lagi-lagi merespon. Bola silang Dumfries nyaris membuat Walker Zimmerman melakukan gol bunuh diri. Namun, Amerika Serikat pantang menyerah. Pulisic dan Weston McKennie melepas tendangan dengan Belanda membalas melalui Depay.

Pemain pengganti Haji Wright hampir memperkecil kedudukan usai kesalahan back pass Depay. Namun, usahanya bisa dibuang Dumfries.

Dari sepak pojok tidak lama berselang, skor akhirnya benar-benar berubah. Kali ini Wright menyelesaikan bola Pulisic di menit ke-76.

Amerika Serikat makin bersemangat. Namun, perjuangan mereka padam lima menit berselang. Blind membalas layanan Dumfries dengan mengirim umpan matang bagi bek Inter Milan tersebut. Lewat voli kaki kiri, Dumfries yang bebas dari penjagaan tidak kesulitan menaklukkan Turner.

Negeri Paman Sam nyatanya tidak menyerah. Mereka tetap berusaha di sisa laga, dengan Belanda sesekali melancarkan serangan balik berbahaya. Tidak ada gol tercipta ketika wasit menyelesaikan pertandingan.

Usai kemenangan ini, Belanda bakal bertemu pemenang Argentina vs Australia pada perempat final Piala Dunia 2022.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Belanda: Andries Noppert, Daley Blind, Nathan Ake (Matthijs De Ligt 90+3), Virgil van Dijk, Jurrien Timber, Denzel Dumfries, Marten de Roon (Steven Bergwijn 46), Davy Klaassen (Teun Koopmeiners 46), Frenkie de Jong, Cody Gakpo (Wout Weghorst 90+4), Memphis Depay (Xavi Simons 82)

Amerika Serikat: Matt Turner, Sergino Dest (DeAndre Yedlin 76), Walker Zimmerman, Tyler Adams, Antonee Robinson (Jordan Morris 90+2), Yunus Musah, Weston McKennie (Haji Wright 67), Christian Pulisic, Tim Ream, Tim Weah (Brenden Aaronson 46), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna 46)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS