Sukses

Ayah Neymar Jr Ungkap Kabar Buruk Timnas Brasil di 16 Besar Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Bintang Timnas Brasil Neymar Jr tengah dilanda cedera. Ia ditarik keluar dalam laga pembuka Grup G Piala Dunia 2022 kontra Serbia, Jumat (25/11/2022), akibat mengalami masalah di pergelangan kaki.

Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu juga absen dari sisa pertandingan Tim Samba di fase penyisihan grup. Neymar melewatkan pertandingan melawan Swiss pada Senin (28/11/2022) dan tak akan berpartisipasi meladeni Kamerun di duel pemungkas.

Adapun Brasil sebenarnya sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Kemenangan dalam dua laga perdana sudah cukup untuk mengantar anak-anak asuh Tite melenggang ke fase knock-out.

Pertandingan melawan Kamerun hanya akan menentukan status mereka di Grup G. Jika Brasil mampu mengamankan setidaknya satu poin di laga tersebut, Tim Samba dipastikan bakal merebut predikat juara grup serta meladeni runner-up Grup H pada perdelapan final.

Neymar sendiri sebelumnya dikabarkan siap kembali ke lapangan hijau jika skuadnya lolos dari fase grup. Pemindaian yang dilakukan oleh departemen medis Brasil menunjukkan sang pemain bisa balik merumput kala Tim Samba memasuki babak gugur.

Namun, laporan terkini di Amerika Selatan mengungkap hal sebaliknya. Neymar dikhawatirkan mengalami cedera yang lebih buruk dibanding perkiraan awal.

Daily Mail menyebut pesepak bola berusia 30 tahun itu dicurigai mengidap kerusakan ligamen. Akibatnya, eks pemain Barcelona kemungkinan tak bisa tampil di babak 16 besar Piala Dunia.

Ayah Neymar juga sempat memberi update terkait kondisi putranya. Ia tak secara eksplisit membeberkan kemungkinan penggawa PSG tampil di fase knock out. Kendati begitu, pernyataannya seolah mengonfirmasi Neymar belum 100 persen pulih dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Komentar Ayah Neymar

“Hal yang terpenting adalah dia (Neymar) bisa kembali ke lapangan dan menjadi yang terbaik. Setelah dia cedera, dia akan kembali lagi dalam kondisi terbaiknya. Dia bakal melakukan yang terbaik,” ujar ayah Neymar, seperti dilansir dari talkSPORT.

“Sebagai seorang ayah, bukan hal yang biasa untuk membicarakan dan mencurigai (anak) karena dia menyayangi putranya. Sangat rumit kalau berbicara soal Neymar.”

“Akan tetapi, semua orang tahu bahwa Neymar sangat penting. (Dia punya) pengaruh besar di lapangan dan (bagi) rekan-rekannya. Ketika Neymar ada di lapangan, situasinya pasti berbeda karena dia adalah (pemain) nomor satu,” sambungnya.

3 dari 5 halaman

Tampil di Final

Lebih lanjut, ayah Neymar mengungkap sang putra kemungkinan baru bisa merumput di laga pemungkas Piala Dunia 2022. Artinya, Tim Samba harus mampu tembus ke babak final jika ingin melihat Neymar kembali tampil di lapangan.

“Saya percaya Neymar akan kembali ke lapangan pada pertandingan terakhir, dan dia akan melakukan yang terbaik untuk memenangkan Piala Dunia bersama rekan-rekannya di Timnas Brasil,” tutur Neymar da Silva Sr.

“Dia akan melakukan yang terbaik untuk membantu mereka (Timnas Brasil) dan bersama-sama memenangkan kompetisi,” pungkas dia.

4 dari 5 halaman

Pemain Kunci

Tanpa Neymar, Tim Samba masih memiliki sejumlah pemain kunci di Piala Dunia 2022. Legenda sepak bola Brasil Gilberto Silva menilai skuad racikan Tite bisa menjadi juara FIFA World Cup edisi ini berkat kolaborasi apik dua pemain Manchester United (MU).

Silva menyoroti kerja sama yang terjalin antara Casemiro dan Fred di lini tengah. Menurut dia, duo penggawa tampil sangat bagus dan sanggup memainkan peran vital demi mempersembahkan gelar Piala Dunia keenam bagi negaranya.

“Saya sudah menyaksikan mereka (Casemiro dan Fred) memainkan banyak pertandingan bersama sekarang, dan bagi Brasil, mereka hanya kalah sekali (yaitu di) final Copa America 2021 melawan Argentina,” tulis Gilberto untuk BBC.

Tak hanya memamerkan relasi gemilang di lapangan, Casemiro juga menjadi pemasok angka bagi Tim Samba. Gol semata wayangnya di laga kedua grup G pada Senin (28/11/2022) sukses mengantar Brasil menang 1–0 atas Swiss.

5 dari 5 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS