Sukses

Klasemen Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang Mengejutkan, Spanyol Beruntung, Jerman Apes

Liputan6.com, Jakarta Jepang dan Spanyol akhirnya memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 meski harus saling sikut di laga terakhir Grup E yang digelar Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Di Stadion Khalifa International, Spanyol dikandaskan Jepang 1-2, tetapi pasukan Luis Enrique tetap lolos sebagai runner up Grup E di belakang Jepang yang memimpin klasemen.

Samurai Biru menang dengan cara comeback di babak kedua, proses yang sama seperti saat mereka menghancurkan harapan Jerman di laga pertama.

Sedangkan Jerman, yang tampil dominan mengalahkan Kosta Rika dengan skor 4-2 di Stadion Al Bayt. Jerman tersingkir karena tak cukup banyak mencetak gol ke gawang Kosta Rika. Mereka kalah selisih gol dari Spanyol yang di laga pertama menabung 7 gol tanpa balas ke gawang Kosta Rika.

Jerman bersama Spanyol, sebelum turnamen berlangsung diunggulkan akan menguasai Grup E. Tetapi Jerman faktanya menghadapi situasi sulit di awal turnamen setelah takluk 1-2 dari Jepang dan selamat dari kekalahan saat bermain imbang 1-1 dengan Spanyol berkat gol telat pemain pengganti Niclas Fullkrug.

Meski bisa meraih kemenangan di pertandingan terakhir lawan Kosta Rika, tetapi itu tak cukup, karena mereka kalah produktif dari Spanyol.

Padahal sepanjang laga statistik mencatat, tim Panser sangat dominan dengan menguasai 61 persen bola, sisanya 13 persen bola netral, dan 26 persen milik Kosta Rika.

Jerman juga menciptakan 32 kali kesempatan mencetak gol. Melepaskan 26 kali tembakan, 11 on target, dan 15 melenceng. Beberapa kali tembakan pemain Jerman membentur mistar dan beberapa lainnya dengan ajaib digagalkan Keylor Navas.

Singkat kata, Jerman apes karena hanya memproduksi 4 gol dari sekian banyak kesempatan. Sialnya Jerman, jadi keberuntungan untuk Spanyol yang tetap lolos karena unggul produktivitas gol.

Kegagalan ini membuat Jerman untuk pertama kalinya tersingkir dari babak awal Piala Dunia secara beruntun. Sebelumnya di Rusia 2018, Jerman kalah bersaing dari Swedia dan Meksiko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Klasemen Grup E

Di klasemen akhir, Jepang bertengger di puncak klasemen Grup E mengungguli Spanyol dan Jerman yang lebih diunggulkan.

Sementara Kosta Rika yang bisa saja lolos ke 16 besar jika bisa mempertahankan keunggulan 2-1 atas Jerman, menduduki posisi buncit.

Berikut klasemen lengkap Grup E Piala Dunia 2022

 

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Jepang dan Spanyol di 16 Besar

Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Jepang akan menghadapi runner up Grup F, Kroasia di Stadion Al Janoub pada Senin (5/12/2012).

Sedangkan Spanyol jumpa juara Grup F, Maroko, selang sehari kemudian di Stadion Education City.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS