Sukses

Sejarah Baru Bakal Tercipta saat Jerman vs Kosta Rika di Piala Dunia 2022: Wasit Wanita Tak Lagi Pelengkap Semata

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan wasit perempuan di Piala Dunia 2022 akhirnya tak sekadar jadi pelengkap saja. FIFA telah merestui Stephanie Frappart untuk memimpin salah satu partai penutup di babak penyisihan grup. 

 

Seperti dilansir Marca, Frappart bakal bertugas pada laga grup F yang mempertemukan Jerman Vs Kosta Rika. Kedua tim bertarung pada laga hidup mati di Al Bayt Stadium, Jumat (2/12/2022). 

Berbeda dari laga-laga sebelumnya, Frappart kali ini tidak lagi di pinggir lapangan. Sebaliknya, dia akan berada di tengah-tengah arena duel sebagai pengadil bagi kedua tim yang beranding. Frappart bakal tercatat sebagai wasit wanita pertama yang memimpin langsung pertandingan Piala Dunia. 

Frappart bukan satu-satunya wasit wanita yang dilibatkan di Piala Dunia 2022. FIFA selaku peyelenggara juga memanggil Salima Mukansanga (Rwanda) dan Yoshimi Yamashita (Jepang). 

Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh FIFA. Meski demikian, banyak yang belakangan mengkritik otoritas sepak bola dunia itu karena tidak memberi tempat utama kepada mereka. 

Pada laga sebelumnya, Frappart hanya diberi kesempatan jadi ofisial keempat pada pertandingan Meksiko melawan Polandia dan Portugal melawan Ghana. Nasib yang sama juga menimpa  Salima Mukansanga. Dia juga belum mendapat kesempatan untuk memimpin langsung pertandingan. 

Tugas pertamanya, menjadi ofisial keempat pada pertandingan Prancis Vs Australia. Sementara Yoshimi Yamashita juga mendapat peran yang sama pada pertandingan Belgia Vs Kanada, Inggris Vs Amerika Serikat, Belgia Vs Maroko, dan partai  Wales vs Inggris, Rabu dini hari WIB (30/11/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tugas Berat

Frappart sebenarnya bukan sosok baru bagi korps baju hitam internasional. Wanita asal Prancis itu merupakan salah satu wasit terbaik di dunia. Kiprahnya sebagai pengadil lapangan tak perlu diragukan. Sebelumnya Frappart sudah pernah bertugas di sejumlah partai-partai krusial sepak bola pria.

Salah pada pertandingan Juventus melawan Dynamo Kyiv 2020 lal. Selain itu, wanita berusia 38 tahun itu juga pernah dipercaya memimpin laga Belanda Vs Latvia di babak kualidikasi Piala Dunia 2022. 

Meski demikian, bukan berarti tugas pertamanya di Piala Dunia 2022 bakal berjalan mudah. Sebaliknya, Frappart harus lebih berhati-hati karena duel Jerman Vs Kosta Rika sangat krusial. Ini merupakan pertempuran terakhir bagi kedua tim untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar. 

Seperti diketahui, seluruh peserta di Grup E masih berpeluang melaju ke fase knock out. Spanyol kini memimpin dengan 4 poin, disusul Jepang dan Kosta Rika dengan 3 poin. Sementara Jerman berada di dasar klasemen dengan torehan 1 poin. Dalam kondisi seperti ini, kemenangan atas Kosta Rika jadi satu-satunya jalan bagi Jerman untuk menjaga peluang mereka menuju babak 16 besar. 

Saat bertugas, Frappart tidak sendiri. Wanita kelahiran Le Plessis-Bouchard tersebut akan dibantu oleh asisten wasit Neuza Back asal Brasil dan Karen Diaz Medina dari Meksiko. 

 

3 dari 3 halaman

Pertandingan Lainnya

Sementara itu, pertandingan lainnya di Grup E akan mempertemukan Jepang vs Spanyol di Khalifa International Stadium, Jumat (2/12). Laga ini akan dipimpin wasit asal Afrika Selatan, Victor Gomes.  

Gomes akan ditemani oleh dua hakim garis, Zakhele Siwela (Afrika Selatan) dan Souru Phatsoane (Lesotho). Sementara ofisial keempat dipercayakan kepada Salima Mukansanga (Rwanda). Dan sosok yang bertugas di balik layar VAR adalah wakil dari Meksiko, yakni Fernando Guerrero.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS