Sukses

Segera Bergulir, Simak Daftar Lengkap Peserta Piala AFF 2022

Liputan6.com, Jakarta Ajang Piala AFF 2022 bakal bergulir dalam waktu dekat. Kompetisi sepak bola bergengsi se-Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Terdapat total sepuluh negara–termasuk Timnas Indonesia–yang berpartisipasi dalam Piala AFF edisi ini. Deretan peserta tersebut dibagi ke dalam dua grup. Mereka selanjutnya akan mengawali pejuangan dengan melakoni fase penyisihan.

Brunei Darussalam menjadi negara terakhir yang melengkapi daftar partisipan di Piala AFF 2022. Tim berjuluk Tebuan itu berhak menempati satu slot di Grup A usai menaklukkan Timor Leste dalam pertandingan kualifikasi.

Dari dua laga yang dilakoni, tim racikan Mario Rivera memetik kemenangan agregat 6–3. Timnas Brunei lebih dulu berjaya dengan 6–2 dalam laga yang dihelat pada Sabtu (5/11/2022). Setelahnya, mereka hanya kalah 0–1 dari Timor Leste pada Selasa (8/11/2022).

Capaian tersebut mengantar Brunei menyegel tempat di babak penyisihan grup Piala AFF 2022. Penampilannya kali ini juga menandai keikutsertaan kedua Tebuan dalam perhelatan sepak bola Asia Tenggara.

Sekadar informasi, Brunei terakhir kali menjajal persaingan di Piala AFF edisi 1996. Mereka butuh waktu 26 tahun hingga akhirnya bisa kembali tampil di kompetisi serupa.

Adapun Timnas Indonesia bakal menjadi salah satu lawan yang harus dihadapi Brunei di fase grup. Skuad asuhan Shin Tae-yong telah lebih dulu tergabung dalam Grup A bersama tiga negara lain, yakni Thailand, Filipina, dan Kamboja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Format Pertandingan

Sekadar informasi, Piala AFF yang bergulir mulai akhir Desember 2022 hingga awal Januari 2023 akan kembali menggunakan format kandang-tandang.

Artinya, seluruh tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away). Dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke babak semifinal.

Timnas Indonesia bakal menjalani laga kandang melawan Kamboja pada 23 Desember, disusul pertandingan kontra Thailand pada 29 Desember mendatang.

Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, sebelumnya disebut-sebut bakal menjadi kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Namun, belakangan beredar wacana yang mengeklaim PSSI ingin Skuad Garuda berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

3 dari 4 halaman

Daftar Peserta

Berikut adalah daftar lengkap peserta Piala AFF 2022.

1. Thailand

2. Filipina

3. Indonesia

4. Kamboja

5. Brunei Darussalam

6. Vietnam

7. Malaysia

8. Singapura

9. Myanmar

10. Laos

4 dari 4 halaman

Pembagian Grup

Di bawah ini ialah peta pembagian grup Piala AFF 2022.

Grup A Grup B 
Thailand Vietnam
Filipina  Malaysia 
Indonesia  Singapura 
Kamboja  Myanmar 
Brunei Darussalam  Laos 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS