Sukses

Klasemen Grup B Piala Dunia 2022 setelah Kemenangan Inggris dan Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Inggris dan Amerika Serikat memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah mengandaskan lawan-lawannya di pertandingan terakhir babak grup B pada Rabu (30/11/2022) dini hari waktu Indonesia.

The Three Lions tampil jadi juara Grup B usai menghajar Wales dengan skor 3-0 dalam laga yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali. Marcus Rashford jadi bintang kemenangan Inggris dengan memborong 2 gol, satu gol diciptakan Phil Foden.

Kemenangan atas Wales memastikan Inggris lolos ke 16 besar sebagai juara Grup B dengan mengumpulkan 7 poin, hasil dari dua kali menang dan sekali imbang.

Inggris akan menghadapi runner up Grup A, Senegal di 16 besar yang akan digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu (4/12/2022).

Sementara Amerika Serikat memastikan tempat di 16 besar berkat kemenangan 1-0 atas Iran melalui gol Christian Pulisic di Stadion Al Thumama.

Di babak 16 besar, Amerika Serikat menantang juara Grup A, Belanda dalam duel yang dipentaskan di Stadion Khalifa International, Sabtu (3/12/2022).

Dengan lolosnya Inggris dan Amerika Serikat, maka sudah tujuh negara yang lolos ke babak 16 besar. Juara bertahan, Prancis jadi tim pertama yang berada di sana. Disusul Brasil dan Portugal.

Prancis, Brasil, dan Portugal, sekarang hanya tinggal menentukan posisi di klasemen akhir di masing-masing grup.

Kini tersisa 9 tiket lolos ke babak 16 besar yang akan diperebutkan oleh 20 tim di Grup C, D, E, F, G, dan H.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Review Iran vs Amerika Serikat

Amerikat Serikat lolos ke 16 besar setelah menaklukkan Iran 1-0 pada laga pamungkas Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Rabu (30/11/2022) dini hari waktu Indonesia barat.

Di awal laga, Amerika Serikat langsung mengontrol permainan dengan mengandalkan Christian Pulisic, yang bermain di belakang duet penyerang Timothy Weah, dan Josh Sargent.

Menit 11 sundulan Pulisic mengarah ke gawang, tetapi masih lemah dan dengan mudah bisa diamankan kiper Iran, Alireza Beiranvand, yang kembali diturunkan pelatih Carlos Queiroz.

Alireza Beiranvand kembali melakukan penyelamatan untuk membuat gawangnya tetap aman, ketika menghalau bola crossing Sergino Dest yang diarahkan kepada Timothy Weah.

 

Amerika Serikat akhirnya memecah kebuntuan pada menit 38 melalui Pulisic yang mencetak skor setelah memaksimalkan umpan sundulan Sergino Dest. Tetapi Pulisic tidak merayakannya karena dia terkapar dan kesakitan akibat berbenturan dengan Alireza.

Jelang babak pertama berakhir, Timothy Weah, memperdaya Alireza dengan sontekannya dan menempatkan bola dengan baik hingga masuk gawang. Tetapi gol Weah dianulir karena sudah berdiri dalam posisi offside.

 

Setelah jeda, Christian Pulisic terpaksa ditarik keluar dan digantikan Brenden Aaronson. Pulisic tidak mampu meneruskan permainan akibat mengalami cedera yang dialaminya akibat berbenturan dengan kiper Iran.

Sedangkan Iran memasukkan penyerang Brentford, Saman Ghoddos, menggantikan Sardar Azmoun, yang sepanjang babak pertama kesulitan menembus pertahanan Amerika Serikat.

Perlahan Iran mulai keluar dari tekanan Amerika Serikat dan lebih bisa mendekati pertahanan The Yanks, meski masih tetap mentok untuk setidaknya menciptakan peluang berbahaya.

Bahkan, Ghoddos hampir membuat Iran menyamakan kedudukan ketika mendapat ruang tembak yang cukup bagus di kotak penalti Amerika Serikat pada menit 64. Sayangnya tendangan Ghoddos masih menyamping di sisi gawang Amerika Serikat yang dijaga Matt Turner.

 

Di menit pertama injury time, bek Iran, Morteza Pouraliganji, nyaris membuat skor berubah ketika sundulannya menyambut umpan tendangan bebas, menyamping tipis di sisi kanan gawang Matt Turner.

Di penghujung laga, drama sempat terjadi ketika Mehdi Taremi terjatuh di kotak penalti. Dalam tayangan ulang nampak bek Amerika Serikat Cameron Carter-Vickers menyentuh striker FC Porto tersebut.

Tetapi protes pemain Iran diabaikan wasit asal Spanyol, Antonio Lahoz, yang akhirnya meniup peluit panjang dalam kedudukan 1-0 untuk Amerika Serikat.

 

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup B

No-Negara-Main-Menang-Seri-Kalah-Selisih Gol

1. Inggris 3 2 1 0 9-2 7

2. Amerika Serikat 3 1 2 0 2-1 5

3. Iran 3 1 0 2 4-7 3

4. Wales 3 0 1 2 1-6 1

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS