Sukses

Utak-atik Peluang 16 Besar Piala Dunia 2022 dari Grup E: Spanyol Bisa Tersingkir, Jerman Masih Bernapas

Liputan6.com, Jakarta Spanyol belum tekalahkan di Piala Dunia 2022. Dari dua laga yang sudah dilalui, La Furia Roja bertengger di puncak klasemen Grup E dengan torehan 4 poin dari hasil sekali menang dan satu kali imbang. Lantas sebesar apa peluang pasukan Luis Enrique menuju babak 16 besar? Simak ulasan berikut ini. '

Spanyol sebenarnya berpeluang mengunci tiket ke fase knock out saat bertemu Jerman di laga kedua Grup E, Senin (28/11/2022). Sayaratnya, Spanyol wajib memetik poin penuh alias menang dalam laga ini. 

Sayang, tampil di Al Bayt Stadium, Tim Matador gagal mewujudkannya. Gol Alvaro Morata pada menit ke-62 berhasil dibalas timnas Jerman melalui pemain pengganti, Niclas Fuellkrug pada menit ke-83. 

Pertandingan pun berakhir 1-1. Meski tidak beranjak dari puncak klasemen, hasil imbang ini belum mampu mengamankan langkah timnas Spanyol ke 16 besar dan harus menunggu hingga partai terakhir.

Jepang menyusul di urutan kedua dengan torehan 3 poin dari kemenangan atas Jerman di laga perdana. Samuari Biru unggul selisih gol dari timnas Kosta Rika yang berada di tempat kedua dengan poin yang sama. Sementara timnas Jerman yang baru mengoleksi 1 poin harus terpuruk di dasar klasemen. 

Sesuai aturan, dua tim teratas dari masing-masing grup bakal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Dan melihat peta persaingan di Grup E saat ini, seluruh tim masih berpeluang untuk menjangkaunya. 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

2 Skenario Spanyol

Sejauh ini, peluang timnas Spanyol boleh dikatakan paling besar. Selain unggul dalam perolehan poin, Spanyol juga punya margin gol terbaik di grup E dengan capaian +7. Produktifitas La Furia Roja melambung setelah di laga perdana pekan lalu, berhasil menang dengan skor 7-0 atas Kosta Rika.

Ini menjadi rekor kemenangan terbesar di ajang Piala Dunia 2022. Spanyol kembali menambah koleksi golnya pada pertandingan melawan Jerman sekaligus kemasukan satu gol pada pertandingan tersebut. 

Ada dua skenario yang bisa mengantar La Furia Roja ke babak 16 besar. Pertama adalah dengan mengalahkan timnas Jepang di laga terakhir dan mengunci posisi pemuncak klasemen akhir Grup E. 

Spanyol juga masih bisa lolos bila hanya bermain imbang melawan Jepang. La Furia Roja bahkan tidak akan tergusur dari puncak klasemen, bila di laga lainnya Kosta Rika kalah dari Jerman. Sebaliknya, bila Kosta Rika mampu menggulung Tim Panser, maka Spanyol akan tergusur ke posisi kedua. 

 

Juara grup E sendiri akan bertemu runner up grup F yang dihuni, Belgia, Maroko, Kanada, dan Kroasia. Sebaliknya, runner up Grup E akan berhadapan dengan juara grup F. Saat ini, grup ini dipimpin oleh Kroasia dengan 4 poin disusul Maroko dengan poin yang sama, lalu Belgia dan Kanada. 

3 dari 6 halaman

Belum Sepenuhnya Aman

Meski demikian, langkah Spayol belum sepenuhnya aman. Meski kecil, peluang La Furia Roja masuk kotak bakal terbuka lebar bila sampai kalah di laga terakhir melawan pasukan Samurai Biru. 

Berikut adalah skenario tim-tim grup E menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022: 

Aturan FIFA terkait dua tim atau lebih dengan poin yang sama:

1. Selisih gol grup secara keseluruhan

2. Gol yang dicetak

3. Hasil head to head 

4. Selisih gol pada semua laga tim yang punya poinnya sama.

5. Gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama

6. Poin fair play

7. Undian.

 

4 dari 6 halaman

Skenario Menuju 16 Besar

Kosta Rika

  • Kosta Rika lolos jika menang lawan Jerman dan Kosta Rika jadi juara grup jika menang dan laga Jepang vs Spanyol berakhir seri
  • Jika Kosta Rika dan Jepang menang, kedua tim akan lolos ke babak 16 Besar dan posisi puncak klasemen dihitung berdasar regulasi FIFA
  • Jika Kosta Rika seri lawan Jerman: mereka hanya bisa lolos jika laga Jepang kalah dari Spanyol. Jika Jepang menang, kecil kemungkinan Kosta Rika lolos karena kalah selisih gol dengan Spanyol. Dan bila  Jepang vs Spanyol imbang, Kosta Rika dipastikan gagal ke 16 Besar.
  • Kosta Rika tidak bisa lolos ke 16 Besar jika kalah

 

Jepang

  • Jepang lolos ke babak 16 Besar jika menang lawan Spanyol, menjadi juara grup jika Kosta Rika gagal menang.
  • Jika Jepang imbang lawan Spanyol, mereka akan lolos ke babak 16 Besar andai laga Kosta Rika vs Jerman imbang.
  • Jika Jepang imbang dan Kosta Rika menang, maka Jepang gugur.
  • Jika Jepang imbang lawan Spanyol dan Jerman menang lawan Kosta Rika, maka posisi runner-up akan ditentukan lewat kriteria yang diatur di atas.Jepang gagal ke 16 Besar Piala Dunia 2022 jika kalah.

Spanyol

  • Spanyol hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak 16 Besar.
  • Jika menang lawan Jepang, Spanyol akan menjadi juara Grup E. Spanyol juga menjadi juara Grup E jika imbang lawan Jepang dan Kosta Rika gagal menang lawan Jerman.
  • Jika Spanyol kalah dari Jepang, mereka akan tetap lolos ke babak 16 Besar dengan syarat Kosta Rika dan Jerman bermain imbang.
  • Jika Spanyol kalah dari Jepang dan Kosta Rika menang lawan Jerman, maka Spanyol akan tersingkir.
  • Jika Spanyol kalah dan Jerman menang, kedua tim punya poin sama yakni 4 dan penentuan klasemen ditentukan lewat perhitungan di atas.

Jerman

  • Jerman wajib menang lawan Kosta Rika agar punya peluang. Jerman akan lolos ke babak 16 Besar jika menang dan Spanyol kalahkan Jepang. Jerman akan finis di posisi kedua dengan empat poin.
  • Jika Jerman menang dan Spanyol kalah, kedua tim punya poin sama yakni 4. Jerman kalah selisih gol (+7 dibanding -1) dan harus membalikkan situasi itu.
  • Jika Jerman menang dan Jepang vs Spanyol imbang, maka poin Jerman dan Jepang akan sama yakni 4. Posisi klasemen akan dihitung berdasar kriteria di atas.
  • Jerman gagal lolos ke babak 16 Besar jika kalah atau imbang lawan Kosta Rika.
5 dari 6 halaman

Hasil Grup E

Rabu, 23 November 2022

Jerman 1-2 Jepang (Ilkay Gundogan 33'; Ritsu Doan 75', Takuma Asano 83')

Spanyol 7-0 Kosta Rika (Dani Olmo 11', Marco Asensio 21', Ferran Torres 31' (p), 54', Gavi 74', Carlos Soler 90', Alvaro Morata 90+2')

Minggu, 27 November 2022

Jepang 0-1 Kosta Rika (Keysher Fuller 81')

Senin, 28 November 2022

Spanyol 1-1 Jerman (Alvaro Morata 62'; Niclas Fullkrug 83')

6 dari 6 halaman

Persaingan Grup E

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS